GuidePedia

0

Citra Komet C/2012 K1 (PANSTARRS) yang diambil oleh Adam Blok pada 5 Mei 2014

AstroNesia ~ Para pengamat langit memiliki kesempatan untuk melihat dua komet di bulan Mei ini, salah satunya dapat menghasilkan fenomena spektakuler "badai meteor" pada akhir minggu depan.

Komet PanSTARRS dan LINEAR melesat melalui langit malam bulan ini, dan keduanya akan terlihat melalui teropong atau teleskop kecil, kata para ahli.

Video NASA ini menunjukkan bagaimana cara untuk menemukan dua komet ini, serta Saturnus, di langit malam Bulan Mei. Komet PanSTARRS, secara resmi dikenal sebagai PanSTARRS C/2012 K1, "mudah untuk menemukan karena melesat di bawah Big Dipper," kata narator Jane Houston Jones dari NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California.

PanSTARRS C/2012 K1 ditemukan pada 2012 oleh astronom menggunakan teleskop di Hawaii PanSTARRS. Komet ini akan terlihat terang dari 17 Mei sampai awal Juni, kata Houston Jones menambahkan. Tapi beberapa orang sudah mendapat tampilan yang baik dari pengembara es ini, termasuk astrophotographer Chris Schur yang menangkap citra komet PanSTARRS pada 9 Mei dari Payson, Arizona.

"Sekarang komet ini berada di Ursa major dengan magnitudo 8" kata Chris Schur.


Grafis NASA ini menggambarkan jalur visibilitas untuk Komet PanSTARRS C/2012 K1, yang dapat dilihat dalam teleskop amatir pada bulan Mei dan Juni 2014. Komet ini dapat ditemukan diantara konstelasi dari Ursa Major (Big Dipper) dan Leo di langit malam.

Sementara itu, Komet 209P/LINEAR akan melintas dekat Bumi pada tanggal 29 Mei, melintas pada jarak sekitar 5 juta mil (8 juta kilometer) dari planet ini. Tapi peluang terbaik untuk melihatnya akan terjadi sebelum pendekatan dekat itu.


Komet 209P/LINEAR akan melewati konstelasi Ursa Major dan Leo Mei 2014.

"Anda mungkin dapat melihat komet kecil yang samar saat komet ini melewati rasi bintang Ursa Major dan Leo pada 10 Mei sampai tanggal 27," kata Houston Jones.

Komet 209P/LINEAR membuat para pencinta astronomi bersemangat dengan alasan lain juga. Pada tanggal 23 dan 24 Mei, Bumi akan melintasi aliran puing-puing yang di keluarkan komet ini selama 200 tahun terakhir dan akan menghasilkan "badai hujan meteor" yang spektakuler.



Badai meteor itu akan melesatkan meteor paling sedikit 100 meteor/jam dan paling banyak 1.000 meteor/jam. Komet LINEAR ditemukan pada tahun 2004 oleh Lincoln Near-Earth Asteroid Research project yang mengamati dari New Mexico.
 
SumberLihat yg lebih 'seru' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top