GuidePedia

0
http://4.bp.blogspot.com/-qvorLGZHTfE/UJmy4tgB7AI/AAAAAAAABZI/WIL6SbbGW9Q/s1600/IMG_7410.JPG
Pekanbaru - Tak ada TPS khusus bagi Orang Rimba di Jambi. Demi menyalurkan aspirasi, mereka harus berjalan kaki selama minimal 4 jam.

Orang Rimba merupakan penduduk di kawasan hutan belantara. Mereka ada di kawasan Taman Nasional Bukit 12, Taman Nasional Bukit 30. Dan sebagian besar lagi berada di jalur lintas Jambi- Sumsel, Jambi- Sumatera Barat.

Untuk di kawasan TN Bukit 12 ada 1.700 jiwa, di jalur lintas (1.800 jiwa), dan di TN Bukit 30 yang juga masuk wilayah Riau (500 jiwa).

"Biasanya mereka terdaftar sebagai pemilih. Hanya saja sepanjang kita melakukan pendampingan, baru sekali Pilpres kemarin ada TPS khusus untuk Orang Rimba. Selebihnya mereka diminta nyoblos ke TPS desa terdekat," kata juru bicara LSM Lingkungan Warsi, Reni Sukma, dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (9/4/2014).

Reni menjelaskan, biasanya Orang Rimba akan keluar dari dalam kawasan hutan sehari sebelum hari H. Ini karena perjalanan naik dan turun gunung, memaksa mereka harus berangkat sehari sebelumnya.

"Agar waktunya terkejar," kata Reni.

Ketika keluar hutan, Orang Rimba mengenakan pakaian tradisionalnya. Hanya bermodalkan kain yang melekat di bagian bawah dengan tetap bertelanjang dada - Sumber

Salut dengan Mereka... Pertanyaan TERBESARNYA ... dengan kerelaan mereka melalui kesulitannya.. apakah Pantas Pengorbanan mereka HANYA DIPERMAINKAN oleh para PEJABAT PEJABAT yang nanti akan 'TERPILIH' .. Semoga Pejabat Pejabat nanti akan lebih baik lagi dan menghormati Pengorbanan Orang Rimba dan Pengorbanan banyak lagi Warga Negara Indonesia yang mengikuti RITUAL PEMILIHAN UMUM....




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top