GuidePedia

Ikan gurami asia atau Asian Carp saat ini adalah gangguan dan bahaya bagi siapapun yang akan melayari sungai Mississippi dengan boat. Ikan-ikan ini adalah salah satu dari spesies yang paling invasif di bumi. Di beberapa tempat, 9 dari 10 ikan, adalah ikan gurami Asia. Mereka perlahan-lahan menghancurkan populasi ikan-ikan lokal yang ada di sungai-sungai tempat mereka pindah.


Gurami Asia pertama kali diperkenalkan ke Amerika Serikat oleh para petani ikan pada 1970-an. Mereka menggunakannya untuk membersihkan kolam yang mereka gunakan untuk mengembangbiakkan lele atau catfish. Banjir dan beberapa peristiwa lainnya menyebabkan gurami asia ini melarikan diri ke perairan sekitarnya. Ikan gurami Asia yang banyak ditemukan di Missisipi dan misouri adalah jenis bighead dan ikan gurami perak. Ikan-ikan ini dengan cepat berkembang biak dan berukuran besar sehingga mengancam kelangsungan kehidupan ikan-ikan lokal. Kini jutaan ikan ini hidup di perairan missisipi dan missouri.



Ada banyak bahaya yang ditimbulkan ikan gurami asia saat ekspansi cepat mereka. Salah satu bahaya adalah ketika sebuah perahu motor mencapai frekuensi tertentu, ikan-ikan ini ketakutan dan melompat keluar air dan kadang-kadang bisa menghantam orang-orang yang ada dalam boat. Mungkin anda pikir ini tidak terlalu berbahaya .... tapi ingat, bahwa ikan-ikan gurami ini dapat tumbuh hingga beratnya mencapai 68 kg. Mereka juga dapat menghasilkan sekitar 2 juta telur per tahun setelah mereka dewasa. Ada juga bahaya yang mengancam perekonomian daerah setempat. Jika ikan-ikan gurami Asia ini masuk keGreat Lakes, maka industri perikanan setempat akan hanncur karena ikan-ikan gurami asia akan menghancurkan populasi ikan-ikan lokal yang ada.


Banyak langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah setempat untuk menghentikan ekpansi gurami Asia. Hambatan listrik dibangun untuk membantu menghentikan laju penyebaran mereka. Langkah lain yang paling populer untuk memperlambat gurami Asia adalah sangat sederhana, yaitu memakannya. Lebih dari 500 ton ikan gurami ditangkap dari sungai-sungai Amerika setiap tahunnya. Meskipun sebagian besar dikemas dan diekspor ke China, sebagian dimakan secara lokal. Ada banyak langkah-langkah lain yang kini sedang diuji.

Pemerintah setempat juga sampai merasa perlu untuk mengeluarkan bagaimana cara membedakan ikan gurami asia dengan ikan-ikan lokal yang harus dilindungi. Dibawah ini adalah kampanye selebaran dan videonya:



 
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !

Beli yuk ?

 
Top