Jadi ceritanya aing dan beberapa temen aing (total 9 orang) jalan2 nih, tapi kita kebagi jadi 2 tim. Tim yg pertama berjumlah 6 orang pake mobil, sedangkan aing dengan 2 temen aing pake motor jalan - jalannya

Tujuan hampir sama, cuman beda di 1 tempat doang kayanya. kalo tim mobil yg ada cewenya itu jalan - jalan ke Baluran- Bromo-Malang-Blitar, sedangkan aing dan 2 temen gila adalah Baluran -Kawah Ijen- Bromo. Jadi kita cuman ketemu di bandara dan baluran aja , kita semua dari Jakarta boi
Keinginan aing untuk mengunjungi baluran akhirnya terealisasi juga, rencana touring ini kita buat dari sebelum puasa tahun 2013. Rencana awal cuman berdua, aing sama mamen. Berhubung ada beberapa temen aing dan mamen yang mau ikut jadilah kita bersembilan. Ditengah-tengah pembuatan iten, direncanakanlah kita menyewa mobil selama 4 hari dari Surabaya. Ane, mamen, dan nettako memutuskan untuk tidak ikut sewa mobil karena budget yang kurang sesuai dan perjalanan yang kurang menantang karena dimobil pasti cuman tidur . Jadilah tim kebagi 2, tim mobil dan tim motor

Rabu 18 september 2013

17.30 Pulang kerja biasanya gak pernah ontime, tapi hari itu karena belum packing sama sekali buat jalan-jalan besok jadi aing maksain pulang macet-macetan, dan ada sedikit insiden teriak -teriakan *keluar bahasa hutan* di motor karena temen aing a.k.a nettako yg nyetir motor hampir berantem sama pengendara motor lain di jalanan, oke skip itu gak penting. Sesampainya ke kosan malah bingung barang apa aja yg sekiranya mau di bawa dan gak dibawa, sambil nunggu temen aing yg lainnya a.k.a mamen datang ke kosan aing mulai memilah dan memilih perlengkapan dan gak lupa cek kamera dulu, kan sayang kalo sesampenya disana ternyata kamera gak bisa dipake. Acara packing udah beres, dan temen ane si mamen pun juga udah datang ke kosan, lalu dia packing juga.

Jam 10 kita bertiga terpaksa merem, karena jam 2 pagi nanti harus berangkat ke bandara. Dipaksa harus berangkat jam segitu sih sama tim yang pake mobil, karena tiket ada di mereka padahal pesawat take off jam 05.30, jarak dari kosan ke bandara juga paling lama 1 jam oh iya ini first time aing pake pesawat

Kamis 19 september 2013

Alarm dari semua hape yg ada dikosan udah mulai bunyi nyaring, kesel sih harus berangkat jam segitu, yaa tapi mau gimana lagi demi jalan-jalan asik dan males kena omelan cewe- cewe yang panikan

02.30 kami pun berangkat dari kosan ke bandara soeta cengkareng menggunakan taksi biru, sampe bandara sekitar jam 03.30 dan ternyata yg nyuruh kita harus berangkat jam segitu, harus sampe bandara jam segitu, blablablablabla ternyata dia lebih telat datang *preetttt

Jam 04.30 tim baru kumpul semua, langsung checkin dll, oia temen aing yg satunya lagi a.k.a nettako keberangkatan pesawatnya beda, dia keberangkatan pesawat jam 10.30 tapi berhubung mau menghemat biaya ongkos taksi, jadi dia berangkat ke bandara bareng aing , kebayang kan dia dari jam 04.00 sampe jam 10.00 gimana rasanya nunggu dibandara *salah sendiri booking pesawat gak teliti*
05.30 pesawat take off, yang lain melanjutkan tidur yg tertunda dipesawat. Ane yg first time pake pesawat gak mau rugi, mau menikmati sepanjang perjalanan pake pesawat , kamera langsung aing hidupin, siapa tau ada pemandangan indah dari atas sana, dan benar dugaan aing dipesawat sunrise indah banget tapi aing duduk di belakang kebagian ekor sunrisenya doang tapi lumayan lah

Quote:Sekitar jam 07.00 kita udah sampe bandara juanda Surabaya, dari sana aing sama temen aing mamen berpisah dengan tim yg pake mobil, karena mereka langsung berangkat ke baluran sedangkan aing harus nunggu dulu si nettako sampe Surabaya tapi tenang berhubung mamen punya keluarga di Surabaya kita jadinya di jemput sodaranya dan dipinjemin motor buat jalan2 nanti, lumayan gak usah sewa motor

Quote:Setengah jam perjalanan dari bandara juanda sub ke rumah keluarga mamen, dan sesampenya keluarga mamen kesan pertama aing adalah, hhmmmm rumah gede dan ada kolam renang yang bikin aing pengen langsung nyebur ke itu kolam karena cuaca Surabaya yang panas banget menurut aing
Setalah kenalan sama sodara -sodaranya mamen, moment yg ditunggu- tunggu pun datang, makaaaaaannnn Pagi itu aing disuguhin nasi pecel yang porsinya itu loh tapi berhubung laper ya abis-abis aja itu makanan setelah makan dan ngobrol- ngobrol sebentar kita langsung cek dan service si kuda besi yang bakal nemenin kita jalan- jalan jauh nanti.

Sambil nunggu nettako sampe Surabaya, aing pake waktu yg lumayan itu buat istirahat dan tidur. Dan apesnya sebelum tidur banget nettako kasih kabar kalo pesawat delay sekitar 30 menit yaudah daripada emosi mending beneran tidur.

Jam 12-an aing dibangunin sodara mamen buat solat dzuhur, sambil siap- siap berangkat dan pastinya jemput si nettako dulu ke bandara . Setelah pamitan sama sodara - sodara mamen perjalanan pun di mulai, begitu sampe bandara ada kabar yang bikin aing was-was nettako masuk angin dan sepertinya kena jetlag, dia muntah- munta-hhmmm pilihanya antara ngaret waktu atau mending tidur dlu di Surabaya baru berangkat pagi. Lama kita diskusi tapi nettako yg minta kita berangkat detik itu juga dengan sarat jangan ngebut-ngebut dlu dan minta dibonceng dulu, oke kita menyanggupi dan berdoa tidak lupa sebelum memulai perjalanan.

Sekitar jam 15.00 kita sampe sekitara pasuruan aing lupa tepatnya daerah apa, lurusin badan dan sekalian istirahat dan solat ashar. Disini kita coba kontek tim yang pake mobil udah sampe mana, kalo udah sampe baluran minta tolong utuk info ke penjaga baluran kalo nanti malam ada tim yang nyusul masuk. Perjalanan Surabaya-pasuruan jalanan mulus tapi kendaraan yg lewat gede -gede, jadi kita harus ekstra hati-hati.

Jam 18.00 kita udah sampe sekitaran probolinggo. Istirahat kedua sekalian isi perut dulu dan solat magrib. Perjalanan hampir sama, lurus-lurus aja dan banyak kendaraan gede-gede, tapi angin kenceng, kepala berasa di tampol-tampol boi. Nah setelah kita solat magrib kita lanjutin perjalan ke baluran, dari sini kita mulai nurunin tempo kecepatan karena jalanan malam dan kendaraan gede makin banyak. Apalagi pas masuk area hutan baluran, dingin dan mulai sepi. Agak serem juga sih ni jalanan begini, takut ada begal :ngeri

Jam 21.00 sampe lah kita di gerbang taman nasional baluran, Alhamdulillah. Tapi disini penderitaan dimulai, ternyata kita bertiga gak bisa masuk ke area taman nasional, kita ngerti itu udah malem dan banyak hewan liar. Tapi ada kejanggalan dari obrolan petugas 1 ini, kita kasih opsi untuk bermalam di sekitaran gerbang, entah itu visitor atau guess house atau pos penjaga karena kita juga bawa sleeping bag dll, tapi itu penjaga malah nganterin kita ke rumah penduduk gitu, darisana kita tawar menawar harga, berhubung budget gak cocok kita balik lagi ke gerbang tenyata si penjaga 1 gak ada, kita ketemu penjaga 2 dan dia malah saranin kita untuk tidur di visitor gitu semacam aula tapi lagi di renovasi, dan ternyata disana udah ada 3 bule yg senasib sama kaya kita gak bisa masuk ke area bekol atau bama karena kemalaman. Gelar matras dan sleeping bag dan tertidur pulas.

Jumat 20 september 2013

Rencana yang harus bangun jam 4 buat masuk dan berburu sunrise di pantai bama pun sirna, karena kedua temen aing masih ngantuk . jam 5 kita baru pada bangun dan berangkat ke pantai bama, ketempat tim mobil sewa rumah, sepanjang perjalanan gondok sih karena lihat matahari yg bagus banget apalagi kalo dari pantai. Untung dari tim mobil mereka gak telat bangun dan sempet abadiin sunrise terindah dari panntai bama.

sunrise pantai bama dari kamera tim mobil:
\
 by Panji

sunrise pantai bama by Panji

Sampai bekol, kita disuguhi pemandangan yang subhanalloh indah banget bener-bener mirip afrika, savanna yg membentang luas, hewan-hewan berlarian bebas, background pegunungan baluran dan dari kejauhan sepertinya gunung raung CMIIW. Langsung aing keularin kamera dari tas, tapi maaf ya kalo kurang bagus foto-fotonya, perut gak bersahabat jadi buru -buru pengen sampe penginapan tim mobil.

baluran:

Oh iya perjalanan dari gerbang ke savanna bekol atau ke pantai bama itu rusak boi, jadi jalanannya itu berbatu. Ane yg pake motor santai sekitar 1 jam perjalanan udah bisa sampe ke pantai bama, kalo pake mobil mungkin bisa lebih lama CMIIW, dan disini pas kemaren itu rumput- rumput liar udah menguning kering, jadi biar aman mending aboi/amboi yg meroko jangan meroko dulu deh, takut kebakaran. Kan sayang kalo alam kita yang indah ini kebakaran. Nah sepanjang perjalanan itu banyak hewan yg ditemuin boi, aing ketemu hewan hutan, burung2 yang banyak banget macamnya dan yang paling hoki kita ketemu bungan merak, tapi gak sempet ngeluarin kamera pas udah keluarin kamera itu burung merak malah terbang, ketemu rusa dan kerbau/sapi hutan juga sepertinya, dan yg paling banyak adalah yg katanya sebapak sama kita yaitu si tenyom brutal juga boini tenyom2, mending aboi yg pada bawa makanan harus berhati2 deh kalo gak mau makanannya di embat sama tu tenyom

Sampe ke penginapan tim mobil, aing langsung mandi dan sarapan lalu jalan-jalan di pantai, yang lain ada yang snorkeling, aing cuman jalan-jalan aja deh takut kulit makin eksotis pantainyaaa gaaannn bagus banget masih sepi pengunjung.

pantai bama:

oleh kudajantan86, di Flickr

Quote:Setelah puas eksplore bama dan baluran, sekitar jam 2 siang kita memutuskan keluar dari area baluran. Disini kita beda tujuan, tim mobil langsung ke bromo, sedangkan kita ke kawah ijen

Sekitar jam 3n kita udah diluar area baluran dan perut pun tidak bisa diajak kompromi, cacing udah minta di isi, depan gerbang ada warung nasi harga bersahabat, aing pesen rawooonnn

Jam 4 kita berangkat ke ijen, tentu setelah solat ashar. Magrib kita istirahat untuk solat magrib di daerah sekitaran gak jauh dari kalipuro. Pas jalanan dikaki pegunungan ijen, jalanan mulai menanjak dan berkelok, kondisi lagi dingin banget gila, udah gitu jalanan sepi gak ada penerangan jalan jadi harus ekstra hati-hati. Ada 2 tanjakan yg ekstra nanjak banget disana motor yg aing pake udah gak kuat nanjak, mulai panik karena jalanan sepi. Sempet kepikiran buat balik lagi tapi tanggung. Barang di pindahin ke motor mamen, buat ringanin beban.

Jalanan malem ke area ijen gak disaranin deh kalo jalan sendiri, seneengganya 2 motor lah, biar berasa ada temen, dan jangan lupa pake jaket tebel kalo jalan malem boi, dinginnya itu loh. Kebetulan pas terang bulan juga lagi kmren.

Sesampenya warung-warung area ijen, disana aing mengucap sukur banget, Alhamdulillah. Bisa lewatin jalanan yang bener2 dingin dan nanjak berkelok begitu bikin aing was-was :serem: kita langsung beli mie dan teh panas buat angetin badan. Warung disana sih banyak, tapi kmren kebetulan gak ada air sama sekali di wc. Jam 10 matiin lampu kamar petugas yang kita sewa, karena disana listrik pake solar cell, jadi harus hemat, dan kmren lagi kering kerontang banget jadi wc gak ada air

Tips nih boi, kemaren karena aing pengen tidur enak kita sewa kamar petugas penjaga ijen, harga 150.000 lumayan gak terlalu mahal kalo bertiga, udah ada kasur dan slimut pula hahhaha tapi kalo aboi mau bisa tidur di semacam basecamp gitu beralas kayu tapi itu dingin parah boi. Kalo mau charge handphone atau kamera bisa di warung-warung gitu, jangan kaya aing kemaren gak charge kamera jadi aja gak banyak foto kawah ijen yang bisa di abadiin