GuidePedia


Lightsaber (atau lightsabre) adalah senjata fiksi dalam dunia Star Wars, terutama digunakan oleh Jedi dan Sith. Bentuknya seperti tabung kecil sepanjang kurang lebih 30 sentimeter dengan sebuah tombol. Bila tombol ini ditekan maka senjata ini akan mengeluarkan energi berbentuk cahaya sepanjang 1 meter. Dalam trilogi asli, warna-warna lightsaber adalah biru, hijau dan merah. Dalam trilogi prequel ditemukan juga warna-warna seperti kuning, ungu, oranye, turquoise, merah muda, bronze, viridian, perak dan emas. 

Tidak diketahui berapa jenis warna yang ada seluruhnya. Lightsaber juga bisa digunakan untuk memantulkan beam, laser dan serangan-serangan partikel. Lightsaber pertama kali digunakan di Star Wars Episode IV A New Hope oleh Obi-Wan Kenobi. Pembuatan lightsabers dibuat dengan mengkombinasikan kristal penyusun dan kekuatan master Jedi. Selain lightsabers, substansi yang bisa memantulkan beam adalah cortosis. Pembawa lightsaber haruslah orang yang sangat percaya diri dan tangguh. Tidak hanya Jedi yang bisa membawanya, beberapa orang seperti Darth Sidious dan lainnya maupun dari kalangan sith bisa membawa senjata ini. Lightsaber bisa digunakan untuk memotong benda solid milik musuh. Jedi yang terakhir, Luke Skywalker membuat lightsaber di tengah-tengah latihan jedinya. Berikut cara membuat Lightsaber Made in Anda sendiri:



Bahan-bahan yang dibutuhkan
Gagang / Pegangan
1 x Tabung PVC panjang 8-10″ / 20-30 cm, diameter minimal 1,25″ / 3 cm, pegangan dari handle raket tenis / lebih baik dari handle scooter anak-anak.

Tombol
1 x Tombol On/Off tombol tekan

Tempat baterai
1 x Tempat Baterai isi 2 baterai ukuran AA

Dinamo
1 x Motor Kecil untuk membuat efek getar dan suara pada Lightsaber.

Cat spray & ban dalam
1 x Cat Spray Silver (Optional) dan 1 x Inner Tube Sepeda (Optional).

Bahan pedang
Tabung translucent
1 x Tabung Translucent Polikarbonat panjang 2,5 kaki / 76 cm (ukuran Lightsaber Jedi), diameter 0,75″ / 2 cm, tabung ini dapat ditemukan di toko bangunan.

LED
25 x – 35 x LED warna terserah Anda.

Kabel
1 x 10″ / 3m Kabel Tebal ukuran 0,6444 mm.

Resistor
1 x Resistor > 10 ohm.

Korek api / paku
2 x Korek Api / Paku Panjang 0,75″ / 2 cm.

Alumunium foil
1 x Gulung Kertas Aluminium.

Isolasi
1x Gulung Isolasi Translucent.
Untuk pedang, lebih baik buram daripada bening karena cahaya pasti terdifusi, bila tabung bening, dapat dibuat buram dengan ampelas.

Konstruksi
Membuat Gagang /Pegangan
Potong Pegangan potong ke ukuran 10″ /25 cm dengan PVC Cutter.

Tentukan Peletakan Tombol buat lubang yang sudah ditentukan dan lubang harus pas dengan tombol.

Buat Sedikit Celah Pada Bagian Bawah berfungsi untuk tempat baterai.

Cat Pegangan Dengan Cat Spray.(Optional.) Lalu potong Inner Tube Sepeda ukuran 1″ / 2,5cm, rentangkan memutar gagang agar gagang tidak licin.(Optional).

Contoh modifikasi


Membuat Pedangnya
Potong Tabung Translucent Polikarbonat menggunakan gergaji besi dengan panjang 2,5 kaki / 76 cm.

Ampelas Tabung Translucent Polikarbonat JIKA Tabung Translucent Polikarbonat bening dan tidak buram.

Pilih Salah Satu Sisi Sebagai Ujung pada ujung, rekatkan sebuah korek atau paku secara menyilang, pastikan korek atau paku tidak melebihi ujung tabung.

Pasang Isolasi Mengitari Pedang Di Sisi Lainnya buat tanda sepanjang 0,25″ / 0,6cm, lalu isolasi dengan memutar sampai batas.


Membuat Efek Cahaya Pedang
Buat 2 Kabel Sepanjang 3,6 kaki / 110cm lebih panjang dari panjang total pedang.

Rentangkan LED Anda Dari Sisi Awal Pedang Hingga Ujung pastikan sisi positif (+) berada di sisi kabel positif (+), sebaliknya.
Tempelkan Sisi + LED Pada Kabel Positif Dan Sebaliknya rekatkan dengan solder dan pastikan kedua sisi kabel ini tidak saling bersentuhan.

Kaitkan Ujung Kabel Pada Korek / Paku Dengan Lem

Pada Ujung Pedang, Tutup Dengan Kertas Aluminium dan Rekatkan Dengan Isolasi Kertas aluminium berada di dalam tabung dan rekatkan dengan isolasi.


Memasang Alat Elektronik Pada Gagang
Solder 2 10″ / 25 cm Kabel Pada Tombol On/Off Dan Tombul Disisipkan Pada Lubang Yang Telah Disediakan.

Pasang Pedang Pada Gagang Pastikan kabel lampu keluar dari ujung gagang.

Solder Pararel; pastikan semua hasil solder dalam bentuk pararel.

Solder Resistor Ke Terminal Motor solder resistor pada bagian negatif (-) terminal motor.

Solder Kabel Dari Bagian Negatif (-) Tombol Ke Bagian Positif (+) Tempat Baterai. Solder Kabel Ke Bagian Positif (+) Terminal Dari Motor Dan Bagian Positif (+) Dari LED, Sambungkan Keduanya Ke Bagian Positif (+) Tombol. Solder Semua Kabel Dari Bagian Negatif (-) Ke Terminal Negatif (-) Tempat Baterai.

Letakkan Semua Perangkat Elektronik Dalam Pegangan rekatkan dengan isolasi semua perangkat agar tidak terguncang.

Selamat!! Lightsaber Anda sudah jadi.
 














 

Beli yuk ?

 
Top