GuidePedia



Pada hari Senin,ilmuwan dari University of California melaporkan bahwa mereka telah berhasil mengukur galaksi paling kecil di alam semesta.

Para peneliti menulis dalam Jurnal Astrophysical bahwa galaksi kerdil kecil, yang disebut Segue 2,hanya memiliki 1.000 bintang dalam wilayahnya.Temuan mereka memberikan petunjuk tentang bagaimana besi, karbon dan unsur-unsur lain membantu membentuk kehidupan manusia.

"Menemukan sebuah galaksi kecil seperti Segue 2 adalah sama seperti menemukan gajah yang lebih kecil dari tikus," kata UC Irvine kosmologi James Bullock.Para ilmuwan telah mencari sebuah galaksi kerdil seperti ini selama bertahun-tahun di sekitar Bima Sakti.


Gambar ini menunjukkan prediksi standar untuk distribusi materi gelap dalam jarak sekitar 1 juta tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti, yang diperkirakan akan dipenuhi dengan ribuan gumpalan materi gelap kecil yang disebut halos.Pengamatan galaksi sangat samar Segue 2 (gambar yang diperbesar) telah mengungkapkan bahwa ia berada dalam sebuah halo materi gelap kecil.

Bullock mengatakan menemukan Segue 2 di sekitar galaksi Bima Sakti bisa menjadi seperti mengobservasi puncak gunung es yang mengisyaratkan pemikiran bahwa mungkin ada ribuan sistem ber massa rendah seperti ini mengorbit di luar pendeteksian kami.

"Teleskop Keck adalah satu-satunya observasi di dunia yang cukup kuat untuk membuat pengamatan ini," kata Kirby.

"Ini jelas sebuah galaksi, bukan gugus bintang," kata sarjana postdoctoral dan penulis Evan Kirby, menambahkan bahwa bintang-bintang ini sedang dipersatukan oleh gumpalan yang disebut halo materi gelap.

Segue 2 hanya memiliki kecerahan cahaya 900 kali dari Matahari,dibandingkan dengan galaksi Bima Sakti kita yang bersinar 20 miliar kali lebih terang dari Matahari.

Sumber : Redorbit  

Beli yuk ?

 
Top