GuidePedia


http://astronesia.blogspot.com/

Inilah kumpulan galaksi kompak yang pertama kali diidentifikasi dan disebut Stephan's Quintet.Stephan's Quintet adalah fitur dalam gambar spektakuler ini yang diambil menggunakan Hubble Legacy Archive.Kelompok ini ditemukan oleh Édouard Stephan tahun 1877 di Marseilles Observatory.

Berjarak sekitar 300 juta tahun cahaya,empat dari lima galaksi ini benar-benar terkunci dalam tarian kosmik yang sangat dekat.Galaksi-galaksi yang berinteraksi ini adalah galaksi  NGC 7319, 7318A, 7318B, dan 7317 yang keseluruhannya memiliki gips kekuningan.Mereka juga cenderung memiliki putaran menyimpang dan ekor, tumbuh di bawah pengaruh gangguan gravitasi galaksi lainnya.


http://astronesia.blogspot.com/
Galaksi yang berada dalam kelompok Stephan's Quintet

Galaksi NGC 7320 yang didominasi warna kebiruan berada dekat dari Bumi,berjarak sekitar 40 juta tahun cahaya dan galaksi ini bukan merupakan bagian dari kelompok galaksi yang berinteraksi.

http://astronesia.blogspot.com/

Stephan's Quintet terletak di konstelasi Pegasus .Jarak yang mencakup interaksi galaksi dalam bidang pandang kelompok ini sekitar 500.000 tahun cahaya.Namun dapat dilihat disebelah kiri atas dalam gambar terletak galaksi lain yang bernama NGC 7320C yang juga berjarak 300 juta tahun cahaya.

Sumber : Apod NASA 

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
 Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top