GuidePedia

Selama ini korea utara dikenal sebagai negara terisolasi dan ketinggalan jaman...tetapi korut juga punya beberapa hal hebat.berikut 7 hal hebat yang dimiliki korut yang dikutip dari berbagai sumber:

1.Taepodong
Salah satu senjata yang menjadi andalah Korea Utara adalah Rudal Taepodong. Konon, rudal ini adalah yang paling mematikan di dunia.

Rudal Taepodong-1 terdiri dari bagian Nodong dan Scud yang jaraknya bisa mencapai radius 2.900 km. Korea Utara kini tengah membuat ulang penerusnya yang bernama Taepodong-2 yang kehebatan ledakannya jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya karena memiliki tiga tahapan.

Sebelumnya, korea utara pernah menguji rudal Taepodong-1 di atas Jepang Utara pada Agustus 1998, dan setelah itu diuji kembali pada tahun 2006 namun gagal.

Pembangunan Taepodong-2 memiliki jangkauan ledakan antara 6.000 km dan 10.000 km. Jika rudal itu diluncurkan, kekuatannya akan meningkat dan dapat menjangkau Inggris, Australia, bahkan Amerika Serikat bagian barat hingga pertengahan.

Ahli pertahanan Korea Utara mengatakan saat ini, Taepodong-2 asli kini sedang digantikan lagi dengan model yang lebih baru dan tentunya memiliki kemampuan yang lebih dahsyat yaitu jangkauan ledakan radius hingga 15.000 km.

2.Ryugyong Hotel
Ryugyong Hotel (kadang diingriskan menjadi Ryu-Gyong Hotel atau Yu-Kyung Hotel) adalah pencakar langit berbentuk piramida berlantai 105 yang saat ini sedang dibangun Pyongyang, Korea Utara. Namanya ("ibu kota gandarusa") merupakan salah satu nama Pyongyang sebelumnya.Bangunan ini dikenal dengan nama 105 Building sesuai jumlah lantainya.Pembangunan dimulai tahun 1987, namun berhenti pada tahun 1992 karena Korea Utara mengalami krisis ekonomi setelah Uni Soviet bubar.

Setelah 1992, gedung ini berdiri dengan atap, namun tidak memiliki jendela atau pelengkap interior. Tahun 2008, pembangunannya dilanjutkan Tahun 2012, bagian eksteriornya selesai dipasang. Pembukaan hotel ini sempat dijadwalkan beberapa kali, tetapi terus ditunda.Ryugyong Hotel memiliki tinggi 330 m (1,100 kaki) dan menjadikannya gedung paling mencolok di kaki langit Pyongyang sekaligus struktur tertinggi di Korea Utara. 

Pembangunan Ryugyong awalnya direncanakan selesai tepat waktu bertepatan dengan 13th World Festival of Youth and Students bulan Juni 1989. Jika target tersebut tercapai, hotel ini akan memegang gelar hotel tertinggi di dunia. Gedung ini belum terkalahkan tingginya oleh hotel manapun sampai Rose Tower di Dubai, Uni Emirat Arab selesai dibangun tahun 2009. Ryugyong Hotel saat ini merupakan bangunan tertinggi ke-47 di dunia (bersama China World Trade Center Tower III) menurut tinggi totalnya dan memiliki jumlah lantai terbanyak ke-5 di dunia.

Gedung ini terdiri dari tiga sayap, masing-masing sepanjang 100 m (330 kaki), selebar 18 m (59 kaki), dan miring 75 derajat, sehingga bertemu di atas membentuk piramida. Gedung ini diatapi oleh kerucut selebar 40 m (130 kaki) yang terdiri dari delapan lantai berputar dan dipuncaki lagi oleh enam lantai tetap (tidak berputar). 

Struktur ini rencananya memiliki lima restoran berputar dan 3.000 sampai 7.665 kamar hotel.Menurut Khaled Bichara dari Orascom, Ryugyong kelak tidak hanya dioperasikan sebagai hotel, tetapi juga pengembangan campuran yang mencakup "restoran berputar" dan "gabungan akomodasi hotel, apartemen, dan bisnis".

3.Firaham/Hwiparam
Hwiparam adalah mobil buatan korea utara yang merupakan hasil joint venture dengan pyonghwa motor.mobil ini mengambil lisensi fiat siena....meskipun bentuknya ketinggalan jaman tapi mobil bertenaga 80 hp ini sudah dilengkapi dengan teknologi efi.

4.Red Star OS
Red star os merupakan sistem operasi buatan korea utara yang berbasis linux.dikembangkan pada tahun 2002 dan juga dilengkapi browser firefox yang telah dimodifikasi dengan nama naenara.spesifikasi os ini juga berspesifikasi rendah,yang dibutuhkan hanya komputer pentium 3 dengan ram 256 mb serta 3 gb hard disk space.

5.Game Pyongyang Racer
Game pyongyang racer merupakan game pertama buatan korut.Game Pyongyang Racer dibuat oleh perusahaan pengembang peranti lunak, Nosotek, sebagai alat promosi agensi perjalanan Koryo Tours yang biasa memandu wisatawan asing ke Korea Utara.

Cara memainkan game ini sangat mudah. Sambil menelusuri jalan raya kota Pyongyang, pemain diharuskan mengumpulkan bahan bakar agar mobil tetap berjalan. Anda dilarang melanggar peraturan lalu lintas dan tidak menabrak kendaraan lain.

Anda seperti diajak bernostalgia memainkan konsol game 32-bit, macam Sega Saturn dan Sony PlayStation generasi pertama. Pyongyang Racer bisa dimainkan gratis dari peranti lunak peramban (browser).

tapi agan akan kesulitan mengunjungi situs web Koryo Tours yang menyediakan game tersebut karena Pemerintah Korea Utara menutup akses internet ke luar negeri.

6.Tim Sepakbola Korea Utara
Tim nasional sepak bola Korea Utara merupakan sebuah tim nasional sepak bola yang mewakili Korea Utara dan dikontrol oleh Asosiasi Sepak Bola Korea Utara. Tim ini pernah tampil di Piala Dunia FIFA 1966. Namun hanya sampai di babak perempat final.kemenangan terbesar mereka adalah saat melawan guam dengan skor 21-0.

7.Koneksi 3G

Belakangan ini korut berbaik hati memberikan akses 3g bagi turis yang berada di negeri tersebut,tapi Belum sampai satu bulan dipasang, Korea Utara telah menghentikan koneksi internet 3G yang hanya berlaku bagi pengunjung asing yang datang ke Negara tersebut. Meskipun masih bisa melakukan panggilan internasional dengan smartphone mereka, pengunjung kini tidak dapat lagi mengakses serta berbagi konten dengan internet melalui koneksi data mobile.

Pencabutan koneksi ini kemungkinan disebabkan karena jumlah konten yang di-publish oleh para pengunjung membuat Negara tersebut ketakutan. Namun belum ada pernyataan resmi yang mengatakan tentang perubahan ini dan kemungkinan perubahan ini hanya bersifat sementara.

Sebelumnya, pengunjung yang datang ke Korea Utara dapat membeli kartu SIM dari Koryolink di Bandara atau toko ritel Koryolink dengan tarif data yang sangat tinggi mencapai menjadi 150 Euro per 2 GB.

Dengan koneksi ini, gambar suasana Korea Utara sempat menyebar di Instagram dan jejaring sosial lainnya dalam beberapa hari itu. Seperti yang diperkirakan, video serta gambar yang beredar tersebut menarik perhatian internasional.

Menurut rumor yang beredar, pengunjung yang tinggal dalam waktu yang lama masih dapat mengakses jaringan seluler mereka, jika hal ini benar, tampaknya pengunjung jangka pendek kurang beruntung tidak mendapat akses internet. Kartu SIM ini masih bisa dibeli di Bandara dan toko ritel sekitar $70 USD dan pengunjung akan dikenakan biaya sekitar 5 Euro per menit untuk panggilan telepon internasional.
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top