GuidePedia

Kita tahu bahwa cahaya dapat bergerak. Tapi, kerana kecepatannya yang mencapai 299,792,458 meter per saat, melihat proses pergerakan cahaya bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain adalah sesuatu yang mustahill, kecuali, kita punya kamera yang mampu merakam gambar dalam kecepatan 1,000,000,000,000 frame per saat. Seperti apa bentuknya? Mari kita saksikan.
Dalam video diatas yang dirakam menggunakan teknik femto-photography, kita bisa melihat bagaimana sebetulnya pergerakan partikel cahaya ketika ditembakkan kedalam sebuah botol plastik berisi air. Kejadian tersebut, yang pada dunia nyata terjadi dalam rentang waktu kurang dari satu nanosecond, memperlihatkan bagaimana cahaya yang menembus botol itu pecah, dan photonnya (partikel yang membawa cahaya) bertebaran dan memantul kemana-mana sehingga menimbulkan efek kaustik. Jika kamu meneruskan video ini, kamu juga boleh melihat bagaimana pergerakan cahaya yang begitu mirip dengan pergerakan riak air.
Kamera yang dipakai untuk merakam gambar ini dirancang oleh MIT. March lalu, berdasarkan pengamatan ini, MIT telah mengembangkan sebuah kamera laser yang dapat dipakai untuk melihat objek dibalik tembok.


Beli yuk ?

 
Top