GuidePedia

0

Selamat pagi teman-teman gimana hari minggunya? Masih dalam keadaan sehat bukan? Semoga saja kalian sehat-sehat selalu. Kali ini saya akan memberikan tips cara hidup sehat dimulai dari bangun tidur. Agar masyarakat Indonesia sehat selalu.

Di zaman yang modern dan serba instant ini sudah banyak orang yang mulai hidup tidak sehat, tidak bisa lagi membedakan mana gaya hidup sehat dan mana gaya hidup tidak sehat, berikut ini Cara hidup sehat mulai bangun tidur ala biologi news:

Cara hidup sehat dimulai dari bangun tidur

1. Bangun sebelum ayam berkokok
Untuk mendapatkan kesehatan jiwa dan raga adalah dengan berusaha untuk bangun tidur pagi-pagi sekali, bangun sebelum ayam jantan berkokok dan melaksanakan beberapa aktivitas kecil tetapi bermanfaat. Anda dapat beribadah atau sekedar bersih-bersih rumah.

2. Olah raga pagi
Waktu pagi adalah waktu yang terbaik untuk berolahraga, bukan siang hari, seperti kebanyakan yang dilakukan masyarakat sekarang. Jogging/jalan pagi sangat baik buat kesehatan, karena menurut penelitian diwaktu subuh sangat banyak zat-zat berguna di udara yang dibutuhkan oleh tubuh kita, selain itu udara juga masih segar dan belum terkontaminasi.

3. Makan banyak diwaktu pagi
Inilah yang sering diabaikan oleh masyarakat. Mereka justru menganjurkan untuk makan sedikit dipagi hari, padahal mereka akan melakukan aktivitas banyak disiang hari. Jadi, kita butuh banyak energi di pagi hari.

4. Sedikit berjemur
Berjemur sejenak di pagi hari mulai dilupakan masyarakat. Sebaiknya sempatkan diri anda untuk terkena sinar matahari pagi minimal 15 menit. Matahari pagi berfungsi untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D di tubuh kita. Anda tidak mesti berjemur sebelum kesekolah atau kekantor, tetapi usahakan didalam perjalanan anda dapat terkena cahaya matahari.

5. Tidur siang setengah jam saja
Di jepang budaya tidur siang sudah rutin dilakukan mulai dari anak sekolah. Di indonesia juga dilakukan oleh sebagian masyarakat, tetapi kapankah dan berapa lamakah tidur siang yang efektif?. Menurut beberapa penelitian, tidur siang yang efektif hanyalah 30 menit antara jam 11 sampai jam 1 siang, terlalu lama tidur siang juga berdampak buruk bagi kesehatan. Saya telah membuktikan tidur siang yang berlebihan dapat membuat kepala kita menjadi terasa berat dan terasa sakit.

6. Kurangi makan malam
Makan malam penting bagi kita, tetapi jangan berlebihan. Makan yang terlalu banyak saat malam dapat memperburuk kesehatan. Lambung kita bekerja keras saat kita tidur, sehingga saat bangun pagi tubuh akan terasa seperti kecapaian dan pegal-pegal.

Itulah 6 tips sehat sederhana ala biologi news, semoga dapat membantu membuat kita semua menjadi lebih sehat.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top