GuidePedia

0

Akhir minggu kemarin ada dua berita yang menuliskan tentang beberapa fasilitas baru yang ada di layanan Twitter via web. TechCrunch menuliskan bahwa Twitter sedang mempersiapkan satu tab tambahan pada New Twitter serta kini para pengguna telah bisa menikmati tampilan percakapan yang lebih lengkap.

Fasilitas tambahan pertama yaitu tab Directory. Untuk tab baru yang ada pada tampilan New Twitter sepertinya kini telah bisa dinikmati oleh publik, saya sendiri, sore kemarin mencoba membuka Twitter versi baru dan menemukan tab baru ini belum berfungsi, teks yang menampilkan pilihan ‘directory’ sudah tersedia namun belum bisa di klik, namun pada malamnya, tautan telah berfungsi dan fasilitas ini telah bisa digunakan secara penuh.

Tab Directory ini merupakan pilihan lain dari fasilitas ‘who to follow’, dengan tab baru ini, jadi sekarang setidaknya ada 3 area yang memberikan akses atas fasilitas ini, yang pertama di bagian ‘side pane’ atau panel sisi pada halaman utama Twitter versi baru, yaitu pada pilihan ‘Who to Follow’, kemudian terdapat juga pada drop down menu yang muncul ketika Anda mengklik tautan di nama akun Twitter pada bagian pojok kanan.


Tab Directory ini akan menampilkan secara lengkap dari fasilitas fitur ‘who to follow’, di mana pada panel bagian kanan, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi, termasuk tentang akun yang baru saja di follow, rekomendasi akun yang bisa di follow, akun Twitter yang baru saja dilihat, serta fasilitas untuk mengundang teman. Selain itu ada 3 tautan pilihan lain pada panel utama yaitu, View Suggestions, Browse Interest, serta Find Friends.

View Suggestions akan memberikan rekomendasi berdasarkan siapa saja akun Twitter yang Anda ikuti, Twitter akan memberikan daftar pengguna lain yang mungkin menarik untuk Anda ikuti. Anda bisa langsung mem-follow akun yang direkomendasikan Twitter, atau memasukkannya pada Twitter List yang telah Anda buat. Jika belum yakin akan akun tertentu, dengan mengklik akun yang direkomendasikan, Anda bisa melihat informasi sekilas akun tersebut lengkap dengan Tweet yang mereka lakukan, yang akan tampil pada panel sisi bagian kanan.

Browse Interest akan menampilkan berbagai topik yang mungkin akan menarik bagi Anda, berbagai topik yang diberikan Twitter mulai dari Art & Design, bukum bisnis, amal, diskon, hiburan sampai teknologi dan travel, atau bahkan topik Twitter sendiri. Dari berbagai topik ini akan menampilkan berbagai akun yang berhubungan dengan topik yang telah disusun oleh Twitter, jadi Anda bisa mengikuti akun Twitter berdasarkan topik di mana mereka beraktivitas.

Sedangkan Find Friends, merupakan fasilitas di mana Anda bisa melakukan pencarian relasi yang telah menggunakan Twitter lewat beberapa layanan seperti Yahoo!, LinkedIn, Gmail, Atau Hotmail & Messenger.


Sepintas berbagai fasilitas ini memang mirip dengan beberapa fasilitas yang berhubungan dengan pencarian akun atau daftar akun pengguna Twitter berdasarkan topik seperti Listorious, namun Twitter sendiri sepertinya tidak secara langsung berhadapan dengan beberapa layanan sejenis, setidaknya Twitter tetap mempromosikan layanan lain dengan fungsi sama pada menu Directory ini (muncul pada panel sisi bagian bawah), beberapa layanan yang dipromosikan seperti Listorious dan LinkedIn.

Satu lagi tambahan fasilitas di New Twitter yaitu tampilan percakapan secara penuh. Seperti yang dituliskan TechCrunch, kini Twitter menampilkan thread percakapan secara penuh. Jadi ketika Anda mengklik percakapan Twitter, yang ditandai dengan ikon balon percakapan pada ujung bagian kanan kolom Tweet, maka Anda akan menemukan secara detail informasi dari percakapan ini. Seperti informasi ‘in reply to’ yang menandakan Tweet yang sedang Anda lihat merupakan balasan atas Tweet sebelumnya serta tampilan percakapan secara penuh.

Percakapan pada Twitter akan terjadi ketika pengguna menggunakan fasilitas reply pada Tweet, fasilitas percakapan penuh yang akan muncul pada panel sisi kanan ini akan menampilkan semua percakapan tersebut, tetapi tidak percakapan yang terjadi dengan cara RT.

Dua fasilitas ini menambah lengkap fitur yang ada di Twitter versi web, saya mencoba tab baru atau fitur Directory, fasilitas yang ada di dalamnya serta fitur percakapan secara penuh, dan sampai sejauh ini, semua fasilitas ini menambah mudah dan memberikan pengalaman berlebih atas layanan Twitter, terutama untuk fitur Directory di mana kini, saya lebih mudah menemukan akun yang bisa saya ikuti dengan detail informasi yang lebih lengkap, seperti topik, ketertarikan atau berdasarkan akun yang sebelumnya saya ikuti. Dan meski Twitter tetap mempromosikan layanan Listorious, tetapi sepertinya dengan penambahan fasilitas ini saya akan semakin jarang menggunakan Listorious.

Apakah ada Anda juda sudah mencoba tab baru dari Twitter ini, bagaimana pendapat Anda tentang dua fitur baru yang ada di New Twitter?

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top