GuidePedia

aing mau share ke boi semuanya tentang negara baru merdeka yang bernama KOSOVO. Aing nemuin profil negara ini pas lagi iseng iseng buka wikipedia.

berikut profil negaranya boi :



REPUBLIK KOSOVO




Kemerdekaan dari : Serbia
- Dideklarasikan : 17 Februari 2008
Ibukota : Pristina
Bahasa resmi : Bahasa Albania, Bahasa Serbia
Kelompok etnik : 92% Albanian, 5% Serbian, 3% Lain-lain
Demonim : kosovar, kosovan
Pemerintahan : Republik
- Presiden : Fatmir Sejdiu
- Perdana Menteri : Hashim Thaçi
Luas Total : 10,908 km2 (-)
Penduduk
- Perkiraan 2007 : 2.100.000 (-)
- Sensus 1991 : 1.956.196
- Kepadatan : 220/km2 (-)
Mata uang : Euro (EUR)
Zona waktu : CET (UTC+1)
- Musim panas (DST) : CEST (UTC+2)

Domain internet : tidak ada
Kode telepon : 381

Kosovo (bahasa Albania: Kosova atau Kosovë, bahasa Serbia: Косово, alihaksara: Kosovo, bahasa Turki: Kosova) adalah sebuah negara republik yang secara de facto merdeka, terletak di sebelah tenggara Eropa. Sebelumnya, Kosovo adalah sebuah provinsi di Serbia di bawah administrasi PBB, namun pada 17 Februari 2008 Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak. Deklarasi ini ditentang oleh Serbia, namun didukung oleh negara-negara Barat. Ibukota Kosovo berada di Priština. Kemerdekaan Kosovo telah diakui secara resmi oleh berbagai negara, di antaranya Albania, Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis, dan Turki. Negara yang menolak kemerdekaan Kosovo antara lain Republik Rakyat Cina, Rusia, dan Serbia. Pemerintah Indonesia sendiri bersikap hati-hati dalam mengakui kemerdekaan Kosovo walaupun ada desakan dari beberapa kalangan agar Indonesia segera mengakui kemerdekaan Kosovo.

Kosovo menjadi tempat pertentangan wilayah yang masih berlangsung antara pemerintah Serbia dan penduduknya yang mayoritas merupakan etnis Albania. Saat berdirinya Yugoslavia, Kosovo menjadi provinsi dari Serbia dengan status Daerah Otonomi Khusus. Namun sejak Perang Kosovo telah di bawah pengawasan PBB sebagai sebuah protektorat.

Pada tanggal 17 Februari 2008 Kosovo memerdekakan diri dari Serbia. Kosovo telah menempuh jalan terjal untuk menempuh kemerdekaannya. Usaha pertama pada tahun 1990 gagal karena diserbu Serbia. Pertarungan yang tidak seimbang antara Serbia dan gerilyawan Kosovo atau KLA ini menimbulkan tragedi pembantaian dan pengungsian besar-besaran. NATO yang dipimpin oleh Amerika Serikat mengusir Serbia dengan serangan udara selama 78 hari. Kosovo kemudian berada di bawah perlindungan PBB dan NATO. Usaha kemerdekaan Kosovo kali ini mendapat dukungan hampir sepertiga negara-negara Uni Eropa dan Amerika Serikat. Sedangkan negara yang menolaknya adalah Serbia dan Rusia. Serbia sangat marah terhadap Amerika yang mengakui kemerdekaan Kosovo sampai-sampai memanggil pulang duta besarnya yang bertugas di Amerika.



ini penampakan alam negara kosovo :
pristina:

camp bondsteel:

kosovo-topper:

mitrovica:


The Haunted Charm of Ancient Artanë:

pec of patriachy:




bahkan ada sebuah kota yang menyimpan budaya dan arsitektur ISLAM yang kuat. kota itu bernama PRIZREN.

ini penampakan kotanya boi :



nah kalo ini makanan khas disono boi :



Great Burek adalah sejenis pie panggang diisi dengan keju, daging atau bayam.

Demikian informasi tentang kosovo yang bisa aing kasih. semoga bisa bermanfaat buat boi semua. kalo ada kesalahan, dimaklumi aja boi.

aing masih newbie soalnya hehehe.

Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Beli yuk ?

 
Top