GuidePedia

1


Wisbenbae.blogspot.com - Menghabiskan masa pensiun di luar negeri mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang menyenangkan. Terlebih lagi bagi mereka yang menyimpan mata uang dolar Amerika Serikat (USD) yang nilainya relatif lebih tinggi dibanding mata uang lainnya.

Dikutip dari money.com, GoBankingRates memberi daftar negara-negara berbiaya hidup murah dengan empat kunci keterjangkauan yakni indeks daya beli lokal, indeks harga sewa, indeks bahan makanan, dan indeks harga konsumen dibandingkan dengan biaya hidup di kota besar seperti New York.

Dari 50 negara dengan biaya hidup murah yang berhasil dihimpun GoBankingRates, inilah daftar lima negara dengan biaya hidup termurah:


1. Afrika Selatan

Daya beli lokal di Afrika Selatan 26,9 persen lebih tinggi. Harga sewa 87,5 persen lebih murah. Bahan makanan 71 persen lebih murah. Harga barang dan jasa 65,8 persen lebih murah.

Afrika Selatan merupakan negara dengan biaya hidup paling murah menurut survei GoBankingRate. Afrika Selatan juga produsen platina, emas dan krom terbesar di dunia, yang bisa memperkaya negara itu. Hal ini membuat daya beli lokal meningkat secara signifikan.

Selain daya beli lokal yang tinggi, Afrika Selatan juga menawarkan harga bahan konsumsi dan bahan makanan murah, serta harga sewa hunian yang juga murah.

Untuk tinggal di Ibukota Afrika Selatan, Cape Town, biaya yang dibutuhkan hanya sekitar USD 400, sementara rata-rata sewa apartemen satu kamar di Durban hanya USD 280 per bulan.


2. India

Daya beli lokal di India 20,9 persen lebih murah. Harga sewa 95,2 persen lebih murah. Bahan makanan 74,4 persen lebih murah. Harga barang dan jasa 74,9 persen lebih murah.

India merupakan negara dengan jumlah populasi terpadat di antara 50 negara dengan biaya hidup murah hasil survei GoBankingRate. India memiliki jumlah populasi mencapai lebih dari 1,25 miliar penduduk.

Industri utama yang berkembang di India meliputi tekstil dan industri pengolahan makanan. India juga memiliki daya beli lokal yang relatif tinggi dibanding kota-kota besar yang disurvei.

Hidup di India bisa murah, pasalnya India merupakan negara dengan indeks harga sewa termurah kedua setelah Nepal. Harga barang konsumsi dan bahan makanan di India juga sangat murah, dengan rata-rata biaya USD 285 per bulan untuk satu orang yang tinggal di Kolkata.


3. Kosovo

Daya beli lokal masyarakat Kosovo terhitung 33,8 persen lebih murah. Harga sewa 91,5 persen lebih murah. Bahan makanan 75,8 persen lebih murah. Harga barang dan jasa 72,6 persen lebih murah.

Kosovo terletak di Eropa Timur, merupakan perbatasan Serbia, Albania dan Macedonia. Total populasi Kosovo mencapai 1,9 juta jiwa. Mineral tambang dan material konstruksi menjadi industri utama di Kosovo.

Biaya paling murah di Kosovo adalah di barang konsumsi dan bahan makanan. Di Ibukota Kosovo, Pristina, biaya hidup untuk satu orang hanya USD 324 per bulan. Biaya sewa tempat tinggal juga murah, hanya USD 275 per bulan untuk apartemen satu kamar.


4. Arab Saudi

Merdeka.com - Daya beli lokal di Arab Saudi 33,6 persen lebih tinggi. Harga sewa 85,9 persen lebih murah dan bahan makanan 56,4 persen lebih murah. Harga barang dan jasa juga 49,4 persen lebih murah.

Harga bahan makanan lebih mahal di negeri gurun ini apabila dibandingkan dengan harga bahan makanan di negara-negara lainnya, begitu pula dengan barang konsumsi. Tapi, negara di Timur Tengah ini sangat kaya berkat sumber daya alamnya berupa minyak bumi dan industri minyak dan petrokimia yang sangat maju.

Ditambah lagi, Arab Saudi memiliki pendapatan per kapita mencapai USD 24,161 menurut data Bank Dunia. Hal ini mendorong daya beli masyarakat Arab Saudi, lebih tinggi dibanding New York.


5. Kazakhstan

Daya beli lokal di Kazakhstan 38,2 persen lebih rendah dan harga sewa 88,9 persen lebih murah. Bahan, makanan di sini juga 74,8 persen lebih murah, serta harga barang dan jasa 68,7 persen lebih murah.

Kazakhstan merupakan perbatasan antara Rusia dan China, dengan total populasi 18,2 juta jiwa. Perekonomian Kazakhstan sangat tergantung pada sumber daya alam seperti minyak bumi, batubara dan bijih besi.

Murahnya biaya hidup di Kazakhstan terutama dalam hal barang-barang konsumsi.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top