GuidePedia

0


Foto: Jalan Bayburt D915 di Turki (Capitan inzell/Youtube)

Bayburt - Sejumlah jalan di dunia memang terkenal ekstrem dan berbahaya. Di Turki misalnya, ada jalan yang disebut sebagai tol ke neraka saking ngerinya!

Jalan merupakan salah satu akses terpenting bagi traveler yang ingin melakukan roadtrip via darat. Walau begitu, nyatanya masih banyak jalan di dunia yang dianggap kurang layak hingga berbahaya. Dikumpulkan Wisbenbae dari berbagai sumber, Jumat (22/1/2015) salah satu contohnya adalah Jalan Bayburt D915 di Turki.

Terletak di kaki Gunung Soganli di Turki, Jalan Bayburt D915 yang menghubungkan provinsi Trabzon dengan Kota Bayburt dijamin membuat traveler berpikir dua kali untuk melewatinya. Alasannya, jalan tersebut sangat berkelok dan tidak dilengkapi dengan pembatas jalan. Ekstrem!

Bayangkan saja rasanya menuruni jalan di gunung yang belum diaspal dengan view jurang dan berkelok. Lengah atau terpelet sedikit saja bisa berakibat fatal. Yang pasti, Jalan Bayburt D915 tidak diperuntukkan bagi traveler yang punya penyakit vertigo atau penakut.




Jurang di sisi jalan (Dangerous Roads/Facebook)

Sejarahnya, jalan ekstrim tersebut dibangun oleh tentara Rusia pada tahun 1916. Kondisi jalanan pun semakin parah saat hujan atau musim dingin. Belum lagi ancaman longsor hingga kabut yang bisa terjadi kapan pun, lengkap bahayanya.

Saking ngerinya, situs pencari jalan berbahaya Dangerous Road sampai mengukuhkan Jalan Bayburt D915 di Turki sebagai yang paling berbahaya. Mengalahkan Jalan Kematian di Bolivia yang juga terkenal mengerikan.

"Kata-kata dan gambar tidak cukup menggambarkan betapa berbahayanya jalan ini," seperti dikutip dari situs dangerousroads.org.

Herannya, masyarakat setempat masih menggunakan jalan itu untuk kegiatan sehari-hari dengan menggunakan lori hingga sepeda motor. Kalau bawa kendaraan roda empat mungkin jalannya hanya muat untuk satu mobil saja. Istilahnya, traveler seakan dibawa ke neraka melalui jalan tersebut. Terlalu..



Jalannya sempit dan berkabut (Ankyra Mk/Youtube) (rdy/shf)




Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top