GuidePedia

0
Lukisan kayu kulit di Pulau Asei, Danau Sentani, Jayapura. (Ni Luh Made Pertiwi F/Kompas.com)



Di Kabupaten Jayapura, terdapat banyak objek wisata yang secara keseluruhan belum dikelola dan dikemas secara maksimal.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura Papua melalui Dinas Pariwisata mengembangkan lima obyek wisata potensial di daerah itu agar lebih banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Jayapura Chris K Tokoro di Sentani, Rabu (24/6/2015), mengatakan Kabupaten Jayapura memiliki banyak obyek wisata yang dapat terus dikembangkan.

"Obyek wisata di Kabupaten Jayapura cukup banyak, kami mengemas beberapa obyek wisata yang menjadi tempat kunjungan wisatawan seperti Tugu Jenderal Douglas Mac Artur di Ifar Gunung, situs megalitikum di Doyo, Kampung Wisata Asei Pulau, Kampung Wisata Abar dan Kampung Wisata Tablanusu," katanya.

Kampung Wisata Abar merupakan perkampungan di pinggir Danau Sentani. Di lokasi itu terdapat kandungan tanah liat sebagai bahan pembuatan gerabah oleh masyarakat setempat. Sedangkan Kampung Asei merupakan tempat produksi kerajinan khas Papua yaitu lukisan kulit kayu.

Chris mengatakan kelima obyek wisata tersebut sudah dikemas dan dikembangkan oleh pemerintah setempat sehingga siap dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua terkait pemeliharaan dan penggembangan obyek wisata di wilayah ini," katanya.

Menurut dia, obyek wisata terus dikembangkan agar dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan warga yang berdomisili di sekitar tempat wisata tersebut.

"Kampung Tablanusu sudah memiliki tempat penginapan untuk wisatawan yang hendak menikmati pantai tersebut, juga ada patung Jendral Douglas Mac Artur di Ifar Gunung, Sentani dan beberapa tempat wisata lainnya," ujarnya.

Di Kabupaten Jayapura, kata Chris, terdapat banyak objek wisata yang secara keseluruhan belum dikelolah dan dikemas secara maksimal, namun pihaknya kini tengah merancang dan mengembangkan wilayah-wilayah yang memiliki potensi objek wisata yang menarik.

"Contohnya kawasan Pegunungan Cycloop akan menjadi salah satu kawasan yang dikembangkan sebagai objek wisata," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga berupaya mengemas dan mengembangkan objek wisata di wilayah pesisir pantai Kabupaten Jayapura seperti Pantai Hamai, Pantai Harlen, Pantai Tablanusu dan beberapa pantai lainnya yang diminati wisatawan.

(Ni Luh Made Pertiwi F/Kompas.com)


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top