GuidePedia

0

Perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2015 memang telah berlalu, namun ada banyak perangkat yang meninggalkan kesan menarik, salah satu perangkat itu adalah Runcible Firefox OS pocket smartphone. 

Runcible adalah sebuah smartphone yang memiliki desain yang tidak umum alias unik. Sekilas perangkat smartphone tersebut lebih mirip sebuah Yoyo, mainan bundar bertali yang terbuat dari kayu dan bisa berputar.

Namun Runcible sejatinya adalah sebuah perangkat pintar yang berjalan dengan sistem operasi Firefox OS, dengan bentuk body/casing bundar terbuat dari kayu. Smartphonebesutan perusahaan Monohm yang berbasis di Berkeley, California itu telah mencuri perhatian di ajang MWC 2015 kemarin.

Pihak Monohm sebagai produsen dari perangkat dengan kemampuan layaknyasmartphone tersebut memang ingin memberikan pengalaman yang berbeda saat penggunanya menggunakan Runcible. Perangkat yang memiliki bentuk unik ini tidak memiliki fitur getar ataupun nada dering saat menerima pesan masuk. Alih-alih notifikasi berupa nada dering, perangkat ini harus diperiksa secara intens oleh penggunanya sama seperti ketika orang-orang menggunakan jam saku.


Runcible sendiri memiliki bentuk bundar dengan bahan kayu yang menutup bagian belakangnya, karena ia merupakan sebuah smartphone, perangkat ini memiliki kemampuan yang sama seperti smartphone pada umumnya, ia dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, mengakses internet bahkan mengambil foto melalui kamera yang disematkan pada bagian belakang body-nya.

Perangkat ini juga memiliki koneksi LTE, Bluetooth, mengakses jaringan WiFi bahkan NFC (near field communication), untuk mengisi ulang baterainya terdapat port USB yang berada pada bagian sisi perangkat tersebut.

Sementara pada bagian depannya terdapat layar sentuh berbentuk bundar yang dapat menampilkan semua informasi, namun karena ia juga dibuat dengan pendekatan yang mirip dengan jam saku, maka ia memiliki beragam watchface (tampilan antar muka jam) yang bisa ditampilkan pada layarnya. Hal menarik lainnya adalah bahwa perangkat ini juga dapat difungsikan sebagai kompas digital dan memiliki beberapa buah game yang dapat dimainkan untuk menghibur penggunanya.

Kendati telah nongol di ajang MWC 2015 kemarin, perangkat Runcible masih hadir dalam bentuk purwarupa, jadi perangkat ini masih dikembangkan, namun rencananya versi komersial dari perangkat dengan bentuk unik ini akan segera dihadirkan dan dijual oleh operator KDDI di Jepang pada tahun ini.




Sumber: Liliputing dan Engadget | Gambar Header: Mono.hm.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?