GuidePedia

0


Mengutip data dari situs yang khusus menyoroti keamanan maskapai penerbangan di seluruh dunia airlineratings.com, Lindsay MacNevin, penulis situs escapehere.com merilis daftar maskapai penerbangan yang dianggap paling tidak aman untuk diterbangi di seluruh dunia. Ada 13 maskapai penerbangan yang masuk kategori tersebut dan 4 di antaranya adalah maskapai penerbangan asal Indonesia.


Lion Air ada di urutan ke-4 maskapai yang dianggap paling tidak aman. Alasannya: 8 insiden serius, termasuk jatuhnya salah satu pesawat di ujung landasan pacu di Bandara Ngurah Rai Bali.

“Tidak mengherankan jika Lion Air hanya mendapat satu bintang dalam soal keamanan penerbangan dari airlineratings.com dan sepertinya akan bertahan lama dengan satu bintang tersebut kecuali perubahan drastis dilakukan,” demikian ditulis escapehere.com.

Yang juga masuk dalam daftar itu adalah Merpati. Meski telah berhenti beroperasi, Merpati tercatat pernah mengalami lebih dari 6 insiden serius, dengan lebih dari 50 korban jiwa, selama satu dekade terakhir.

Susi Air juga masuk dalam daftar maskapai penerbangan yang dianggap paling tidak aman untuk diterbangi. Maskapai penerbangan milik Menteri Kelautan dan Perikanan ini dilarang untuk terbang ke Uni Eropa. Selain itu, personel Kedutaan Amerika Serikat juga dilarang untuk melakukan penerbangan dengan Susi Air.

Maskapai lain dari Indonesia yang juga masuk ke dalam daftar tersebut adalah Sriwijaya Air. Maskapai milik Chandra Lie ini mendapatkan status bintang dua dari airlineratings.com akibat beberapa insiden yang terjadi. Walaupun memiliki armada besar, rata-rata umur pesawat di maskapai ini 24 tahun.

Ini daftar 13 maskapai penerbangan yang dianggap paling tidak aman untuk diterbangi.

Kam Air asal Afghanistan

SCAT Airlines asal Kazakhstan

Nepal Airlines asal Nepal

Lion Air asal Indonesia

Tara Air asal Nepal

Bluewing Airlines asal Suriname

Ariana Afghan Airlines asal Afghanistan

Daallo Airlines asal Somalia

Merpati Airlines asal Indonesia

Susi Air asal Indonesia

Air Bagan asal Myanmar

Sriwijaya Air asal Indonesia

Yeti Airlines asal Nepal 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?