GuidePedia

0


Kalo aboi pernah make DOS atau Linux sebelumnya, aboi pasti sudah familier ama perintah “tree” yg menampilkan daftar semua file dan folder di direktori sekrang dalam sebuah bentuk cabang. Kebanyakan kita sih lebih suka melihat tampilan navigasi lewat Windows Explorer atau Mac Finder tapi ada satu keistimewaan dari tree command adalah aboi bisa nyimpen danngeprint struktur direktori.

Tree Command buat Google Drive aboi tuh !

Aing sudah pernah nulis mengenai sebuah Google script sederhana yg berjalan mirip “tree” tapi bertentangan ama kebijakan Google Drive. Ini akan menghasilkan sebuah diagram pohon yg bersifat hirarkis buat semua file dan folder di dalam Google Drive aboi yg bisa aboi simpen secara offline bahkan di print.

Buat memulai, klik di sini dan ijinkan script ini buat mengakses file di Google Drive aboi. Begitu proses otorisasi selesai, akan butuh sekitar semenit untuk menghasilkan semua diagam pohon Google Drive. Aboi akan dapat sebuah link untuk mengunduh sebuah file HTML yg akan memback up struktur google drive aboi. Aboi bisa kirim langsung file ini ke printer juga.

Proses di dalemnya sih, semua script melakukan apa yg disebut sebagai recursive traversal dan men-diagram pohon-kan sendiri dan ditampilkan lewat CSS sederhana. Di versi terbaru hanya ada nama folder dai diagrampohon yg terhubung dengan lokasi di Google Drive aboi lewat si script sehingga dengan gampang bisa diperpanjang untuk menghasilkan diagram pohon yg lebih kay data termasuk detail seperti file URL, ijin sharing, ukuran file, tipe file dan yg lain.

prosesnya mungkin agaklama sedikit jika aboi punya simpanan file dan folder buanyak di google drive. Selain itu setelah aboi mengijinkan script diagram pohon di Google Drive aboi akan dapat sebuah email dari Google dengan instruksi tentang bagaimana masuk kuasa akses. Aboi bisa ngerjainnya kalau diagrampohon sudah ada.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top