GuidePedia

2


Banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi, atau biasa disebut start up, bermimpi usahanya dibeli oleh perusahaan raksasa sekelas Google. Harapan mereka bisa bergabung dengan perusahaan terkemuka, tentunya menjadi salah satu kebanggaan tersendiri atau juga untuk alasan lainnya. Namun ternyata tidak semua perusahaan memiliki pemikiran serupa. Paling tidak, prinsip yang dipegang oleh perusahaan Cyanogen yang membuatnya menolak tawaran akuisisi dari Google. Alasan penolakan yang dikemukakan Cyanogen cukup simpel, yakni mereka ingin tetap membantu mempertahankan Android bisa tetap ‘terbuka’.


Kabar penolakan akuisisi Google ke perusahaan yang membangun dan mendistribusikan software smartphone CyanogenMod yang berbasis Android OS ini mulai tersiar minggu ini. Dari situs The Information disebutkan bahwa CEO Cyanogen Kirt McMaster menjelaskan ke para pemegang sahamnya bahwa Cyanogen menolak tawaran SVP Google Sundar Pichai yang akan membeli perusahaan tersebut. Saat ini yang akan dilakukan Cyanogen adalah fokus pada pencarian dana sebesar $1 milyar untuk membantu finansial pada pendanaan putaran ketiganya. Para pemegang saham di Cyanogen kabarnya juga sudah diberitahu bahwa perusahaan tersebut telah melakukan perjanjian dengan Micromax untuk mengembangkan smartphone berbasis Cyanogen yang kabarnya juga akan berpartner dengan OnePlus untuk menggabungkan Android ke seri One-nya.

 

Cyanogen sendiri memiliki impian jangka panjang untuk menjadikan CyanogenMod sebagai ekosistem mobile paling populer ketiga yang ada di dunia ini. CyanogenMod merupakan sistem operasi open source untuk piranti mobile seperti smartphone dan tablet. Software ini berbasiskan pada sistem operasi milik Google, Android dan CyanogenMod dikembangkan secara gratis dan open source dengan menambahkan kode original dan pihak ketiga. Pada bulan Juni 2014 lalu, CyanogenMod mengumumkan bahwa sudah ada 12 juta penginstalan aktif di berbagai macam piranti. Mungkin fakta bahwa CyanogenMod memiliki versi Android yang lebih ‘terbuka’ inilah yang membuat Google tertarik untuk mengakuisisinya. 


Post a Comment Blogger

  1. Gak AOSP dumz namanya kalo udah diakuisisi gugel ntar gak bisa diotak atik lg osnya

    ReplyDelete

Beli yuk ?

 
Top