GuidePedia

0

abou udah pernah bikin survey online pake Google Forms kan ? Tapi banyak orang yang kurang yakin dengan obyektifitasnya, bagaimana kalau dobel , dan karena Google Forms tidak ngerekam I.P. address atau email dari pengirim, hampir mustahil buat aboi untuk misahin pengiriman dobel dengan masukan asli.

Lantas gimana caranya biar Google Forms bisa hanya mengijinkan satu entry tunggal dari seorang user ?

Aboi adalah seorang pengguna Google Apps, aboi selalu bisa mengatur Google Form untuk hanya menerima entry dari user yg merupakan bagian dari aboi dan spreadsheet balasannya akan merekam username dari lembar pengiriman. Namun kalo aboi punya akun Gmail / Google Account biasa, aboi musti punya pilihan lain sekarang guna mencegah pengisian dobel dari pengguna yang sama.

Pas bikin Google Form, klik Settings bar dan nyalain option yg bertanda “Allow only one response per user.” Pas pilihan unik ini sudah diaktifkan buat sebuah Google Form, respondent harus sign-in dg akun Google mereka untuk mengakses form. Alamat email mereka tidak akan direkam di lembar jawaban tapi Google Form juga tidak akan mengijinkan entry yg lain dari akun Google yg sama.

Jika seseorang mencoba untuk mengisi Google Form lagi, sebuah pesan peringatan akan dimunculkan dan bertanda “You’ve already responded. You can only fill out this form once. Try contacting the owner of the form if you think this is a mistake.”

Sejauh ini sih ini yg paling gampang buat dilakuin walopun ini berarti orang yg belum punya akun Google atau yang gak mau akun gugelnya kelihatan tidak akan mengisi form (walopun sebenernya asosiasi akun sudah disembunyikan total oleh yg bikin form).

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top