GuidePedia

0


Microsoft Excel dan program2 yg lain di Microsoft Office menyediakan sebuah fiture gampang yg bernama “Quick Styles” buat nolongin aboi membuat sebuah range terpilih secara cepat berbentuk tabel bergaris-garis selang-seling. Tabel ini bisa mempunyai garis zebra yg berarti baris alternatifnya difornat dengan menggunakan warna yg berlainan (contoh).

Google Sheets tidak mendukung garis zebra (belum) tapi aboi bisa menggunakan conditional formatting secara bersama dengan sebuah formula Google sederhana dengan cara membikin sebuah tabel berformat. Aboi bisa menerapkan warna alternatif ini baik untuk baris maupun kolom di Google Sheets dg mudah.

Ini caranya.

Bukalah sebuah Google Sheet dan pilihlah form Conditional formatting dari Format menu. Pilih Custom Formula dari dropdown dan taruh formula ini di bagian input box.=ISEVEN(ROW())

Pilihlah sebuah warna Background untuk garis dan bikin range di notasi A1 . sebagai contoh, jika aboi mau menerapkan warna alternatif ke baris 1 ke 100 untuk kolom A ke Z, bikinlah range sebanyak A1:Z100.

Klik “Add another rule” link dan ulangi langkah-langkah tsb taoi but bikinlah =ISODD(ROW()) sebagai custom formula dan pilih sebuah warna background yg berbeda. Simpan rules ini  dan garis zebra akan secara otomatis diterapkan di sel-sel yg range-nya sudah di atur tadi.


Tip: Jika aboi mau memperluas teknik ini menjadi format columns dg warna-warni yg berbeda, gunakan formula =ISEVEN(COLUMN()) . Gampang !


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top