GuidePedia

0

Sebagai salah satu negara dengan populasi terbanyak di dunia, agak aneh rasanya kalau Indonesia gak bisa ngumpulin 11 orang yang jago main bola dan menjadi salah satu tim nasional yang disegani di kancah sepak bola dunia.


Bayangin, ada lebih dari dua ratus juta orang di negara kita tercinta ini, dan gak ada sebelas orang yang jago main bola (jago di level dunia maksudnya ya). Aneh gak sih? Tapi Wisbenbae punya beberapa alasan kenapa timnas sepak bola Indonesia gak jago.

1. Liga-nya Cupu

Liga sepak bola domestik itu krusial bagi proses pembentukan atlit-atlit domestik. Semakin tinggi level persaingan antar klub di liga domestik, maka kemungkinan munculnya atlit-atlit domestik yang berbakat akan makin besar pula.

Sayangnya liga domestik kita kebanyakan dipolitisir, persaingannya juga jadi gak sehat karena adanya kepentingan-kepetingan terselubung ini.



Ini dia nih biang keladinya
sumber foto: aris85.wordpress.com

2. Jaminan Atlit Cupu

Gak sedikit bibit-bibit pesepakbola unggulan Indonesia yang gak mau melanjutkan karir sepakbolanya karena merasa masa depannya gak terjamin kalau dia beneran jadi pesepakbola profesional. Ada yang males jadi pemain bola profesional gara-gara gajinya kecil, ada juga yang males gara-gara bukan cuma gajinya kecil, tapi sekali kakinya doi patah, hancur sudah masa depan doi. Tunjangan-tunjangan atlit kalau doi cedera kecil banget di Indonesia (atau bahkan gak ada).

Mungkin inilah kenapa banyak atlit sepak bola Indonesia yang merangkap jadi wiraswasta. Punya bisnis apa gitu kek. Nah ini kan ngebagi konsentrasi mereka, yang seharusnya cuma mikirin sepak bola doang, jadi musti mikirin warung baso mereka.



Yang dari Rusia aja sampe jualan jus pas main di Liga Indonesia
sumber foto: tempo.co

3. Infrastruktur Cupu

Rada manja sih alasan yang ini, tapi kalau kamu mau jago dalam suatu hal, maka sarana dan prasarana yang kamu miliki juga harus menunjang. Lah kalau lapangan aja jarang, gimana mungkin bibit-bibit pesepakbola unggul bakal bermunculan. Yang ada orang kita bakal jadi penikmat sepakbola layar kaca doang.

Iya, emang bener main bola bisa dilakuin di mana aja, tapi gimana kita mau bersaing di kelas dunia kalau anak-anak bangsa bahkan gak punya tanah lapang untuk mereka berlarian mengejar bola. Tsah.


Itu lapangan bola apa tempat kebo mandi?
sumber foto: bola.net

4. Scouting Cupu
Ini spekulasi Wisbenbae sih. Kembali ke pernyataan pertama Wisbenbae, masa iya dari lebih dari dua ratus juta jiwa gak ada sebelas orang yang jago main bola. Nyarinya yang gak bener kali.

5. Kebanyakan Makan Sauzis
Enak sih Sauzis, tapi kalo atlit kita dikasih makan Sauzis mulu ya gimana mau jago main bola.


Apa hubungannya sosis sama sepak bola? Coba Oom Deddy tolong jelasin
sumber foto: 12paz.blogspot.com

Kalau menurut aboi apa yang nyebapin timnas Indonesia gak jago? Share dong 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top