GuidePedia

0


Apa yang kamu lakukan jika memiliki triliunan uang di rekening Bankmu? pasti sudah terpikir membeli rumah mewah dengan kolam renang pribadi di dalamnya, atau mobil Lambrghini terbaru agar kamu yang jones bisa langsung seketika bisa ngajak cewe jalan kemana-mana, atau membeli sebuah pesawat jet pribadi agar yang LDR gak usah cape-cape menempuh jarak? hm…punya banyak uang memang seringnya berarti peningkatan konsumsi manusia.

Industri IT saat ini menjadi sebuah Industri besar dimana orang-orang yang menjadi pemainnya mendapatkan pundi-pundi uang yang sangat banyak. Bahkan orang terkaya di dunia sering dipegang oleh Bos Industri IT. Tetapi tahukah kamu Gan, walaupun kekayaan mereka bisa membeli Negara Indonesia, ternyata ada 7 Miliarder yang gaya hidupnya tetap sederhana dan mesti kamu tiru agar ketika kamu punya sebanyak mereka tidak royal membelanjakan apa saja. Cekijrot :




Cheriton adalah seorang profesor di Standford dan salah satu pendiri Arista Network. Ia adalah salah satu penyandang dana pertama untuk Google.

Ketika itu, Larry Page dan Sergey Brin mendemokan proyek Google-nya di rumah Cheriton. Ia pun memberikan sebuah cek senilai USD 100.000 untuk proyek tersebut.

Investasinya itu tentu terbayar lunas, saat ini Cheriton mempunyai kekayaan sebesar USD 3 miliar. Namun ia tidak suka menjadi seorang miliuner.

“Aku sebenarnya agak tersinggung mengenai hal itu. Orang-orang ini membangun rumah yang mempunyai 13 kamar mandi dan lain-lain, pasti ada yang salah dengan mereka,” ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Edmonton Journal.

Saat ini Cheriton menggunakan Volkswagen Vanagon keluaran tahun 1986 untuk kendaraan sehari-harinya. Ia pun masih tinggal di rumah yang sama sejak 30 tahun lalu di Palo Alto. Selain itu ia lebih suka memotong rambutnya sendiri ketimbang ke salon.




Pria blasteran Perancis, Iran, dan Amerika ini menjadi miliuner ketika eBay go public di tahun 1998. Namun berfoya-foya menggunakan kekayaannya itu tidak memberikan Omidyar kepuasan.

“Kami seperti melewati tahap ‘agak kaya’ dan langsung menjadi ‘sangat kaya’. Dengan kekayaan ini, kami bisa aja membeli semua mobil mewah. Namun itulah penyebab mengapa hal itu menjadi tak menarik lagi,” ujar pria dengan kekayaan sebesar USD 8,1 miliar ini ke Forbes.





Tumblr adalah sebuah platform blog yang Karp temukan saat ia masih remaja. Mungkin harga layanan itu mencapai USD 1,1 miliar, dan mempunyai kekayaan pribadi setidaknya sebanyak USD 200 juta. Namun Karp memilih untuk tetap hidup sederhana.

Salah satu kekayaannya adalah apartemen seluas 1.700 sqf di Williamsburg, Brooklyn. Meski apartemen itu bernilai sekitar USD 1,6 juta, namun baru setengahnya yang terisi.

“Aku tak mempunyai buku, bajuku pun tak banyak. Aku selalu bingung pada orang-orang yang bisa memenuhi rumahnya dengan berbagai barang,” ujarnya ke Forbes



Pria yang baru berusia 30 tahun ini mempunyai kekayaan bersih sekitar USD 31,5 miliar. Namun Zuckerberg seperti tak pernah memamerkan kekayaannya itu.

Untuk kesehariannya, Zuckerberg hanya mengendari mobil Volkswagen seharga USD 30 ribu. Sebelumnya ia mengendarai Honda Acura TSX.

Di tahun 2011, ia memang membeli rumah di Palo Alto seharga USD 7 juta. Namun jumlah itu tentu tak ada apa-apanya jika dibanding kekayaan bersihnya.

Dalam profil Facebook-nya, Zuckerberg menuliskan ‘minimalism’ dan ‘eliminating desire’ dalam minatnya. Dalam berpakaian pun, ia sangat jarang terlihat menggunakan pakaian mewah. Zuckerberg lebih sering terlihat menggunakan kaus, ataupun hoodie.




Koum saat ini memang sudah menjadi miliuner –kekayaannya sekitar USD 6,8 miliar– sekarang, namun ia datang dari keluarga sederhana. Ia lahir di Kiev, Ukraina, dan bersama keluarganya pindah ke Amerika Serikat saat ia berusia 16 tahun.

Semasa di Amerika, Koum dan keluarganya mengandalkan kupon yang bisa ditukarkan dengan makanan untuk bisa tetap hidup.

Gaya hidup sederhana itupun tetap dilanjutkannya sampai ia dewasa. Saat WhatsApp akan dibeli oleh Facebook senilai USD 19 miliar, Koum memburu-buru Facebook untuk menyelesaikan pembeliannya, karena ia hampir tertinggal penerbangan ke Barcelona. Tiket penerbangan itu dibeli menggunakan poin frequent flier yang sudah ia kumpulkan.

tim cook



Tim Cook adalah salah satu orang dengan bayaran tertinggi dalam sejarah Silicon Valley. Namun hal itu tidak akan terlihat dari gaya hidupnya.

Ia tinggal di sebuah kondominium seharga USD 1,9 juta, itu adalah harga yang murah jika dibandingkan rumah lain yang terletak di lingkungannya. Padahal rumornya, ia mempunyai kekayaan bersih setidaknya USD 400 juta.

“Aku melakukannya agar selalu teringat darimana asalku. Uang bukanlah sebuah motivasi untukku,” ujarnya Cook.




Memang agak sulit menyebut bahwa seseorang hidup sederhana ketika dia mempunyai sejumlah pesawat jet pribadi. Namun Brin mengaku ia bukanlah orang yang suka berfoya-foya.

“Aku belajar hidup sederhana dari orang tuaku, dan hidup bahagia meski tak mempunyai banyak hal,” ujarnya dalam sebuah wawancara di tahun 2007.

Ia adalah salah satu pelanggan Costco, sebuah toko grosir di Amerika Serikat. Meski hidup sederhana, Brin adalah orang yang sangat dermawan. Di tahun 2013 ia dan mantan istrinya tercatat mendonasikan uang sebanyak USD 219 juta untuk bermacam hal.

***
Mereka memberikan contoh bahwa punya banyak uang bukan berarti harus hidup mewah dan foya-foya lho Gan. Btw, itu kan yang dari luar negeri, ini ada dari dalam negeri yang udah jadi walikota ngemilnya tetep Indomie lho..heuheu..

Kang Emil makannya Indomie telor:





Sumber

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top