GuidePedia

Selain kostum tim dan perlengkapan, beberapa bintang sepak bola mengenakan aksesoris atau atribut tertentu saat berlaga di lapangan. Alasannya pun beragam. Mulai dari yang sekadar mencari perhatian penonton hingga ingin lebih dikenal. Tapi ada pula yang didasari kebutuhan. Sedikitnya ada lima jenis aksesoris yang kerap digunakan para pemain. Aksesoris-aksesoris itu adalah sebagai berikut:


Kacamata

Pernah menyaksikan Edgar Davids bermain bola? Mantan gelandang kiri Juventus itu sangat identik dengan aksesoris kebesarannya, yakni memakai kacamata. Tapi, bukan kacamata seperti umumnya, kacamata yang dipakai Davids lebih mirip untuk para perenang. Tak heran, rekan Davids di Tim Oranye Belanda, Jaap Stam pernah berkelakar , “Davids, kita bukan mau berenang, kita justru akan bermain bola,” kata Stam. Aksesoris yang dipakai Edgar Davidsi tu bukannya tanpa alasan. Ia menggunakannya karena memang matanya bermasalah. Sehingga, mau tidak mau dia harus menggunakan kacamata itu agar bisa beraktifitas di lapangan hijau.


Pelindung wajah

Berbeda dengan Edgar Davids, penjaga gawang Chelsea, Petr Cech, justru menggunakan pelindung wajah. Lebih tepatnya disebut dengan masker. Tapi bukan sembarang masker, pelindung wajah sekaligus kepala itu digunakannya karena dirinya pernah ditabrak oleh pemain lawan sehingga mengalami benturan. Serupa dengan Petr Cech, Ivica Olic, penyerang Bayern Munich, justru memakai pelindung wajah. Karena keseringan memakai pelindung wajah itu, Olic pun kerap dijuluki Terminator-Lic. Pemakai pelindung wajah lainnya adalah Sinisa Mihajlovic, pemain Lazio era 2000-can. Sedikitnya, ada 10 pemain bola yang pernah menggunakan topeng di wajahnya. Selain Petr Cech, Olic, dan Mihajlovic, lainnya adalah Puyol, John Terry, Paul ‘Gazza’ Gascoigne, Cristian Chivu, Paolo Maldini , Fernando Torres , Giampaollo Pazzini, dan Giorgio Chiellini.


Syal/Neck Warmer

Pengguna syal / Neck Warmer saat di lapangan hijau yang paling menyolok adalah Carlos Tevez. Pemain Argentina ini kerap menggunakannya saat pertandingan. Hal itu dilakukannya terutama untuk mengurangi rasa dingin. Beberapa pemain lain juga kerap menggunakan syal di lehernya. Namun, tak hanya pemain, pelatih pun kerap memakai syal di lehernya. Namun pada 2011 Organisasi Sepak Bola Inggris (IFAB), melalui sebuah undangan, telah melarang pemain bola untuk memakai syal penghangat leher selama pertandingan.Alasannya adalah banyak pemain yang memakai syal padahal cuaca tidak terlalu dingin.


Ikat Kepala

Pemain yang menggunakan ikat kepala ini umumnya hanya mereka yang berambut panjang. terkadang, bukan ikat kepala pada umumnya, melainkan karet saja. Di antara pemain bola yang kerap menggunakan ikat kepala karena rambutnya yang panjang adalah Gabriel Batistuta , Ariel Ortega, Dieogo Forlan, Sergio Ramos, Zlatan Ibrahimovic dan lainnya.


Kaos Tangan

 
 
Di bandingkan dengan aksesoris lainnya, kaos tangan justru paling banyak dipakai para pemain bola saat bertanding. Kaos tangan ini umumnya dipakai karena cuaca yang sangat dingin. Hampir semua pemain bola sering menggunakan kaos tangan. Di antaranya ada Lionel Messi, Samir Nasri, dan lainnya. Kaos tangan yang dipakai pemain ini berbeda dengan yang digunakan kipper, yakni sarung tangan. 
 

Beli yuk ?