GuidePedia

Apa itu NFC dan Apa Gunanya??
Sekarang banyak device terutama smartphone terpasang fitur NFC, sebenarnya apa itu NFC? digunakan untuk apakah NFC? Teknologi NFC bisa menjadi masa depan untuk metode pembayaran, kunci keamanan dan boarding pass. NFC merupakan teknologi terbaru dari QR Code. Banyak smartphone baru memiliki kemampuan NFC, seperti Blackberry, Samsung, Nokia, dsb. Namun banyak yang tidak tahu apa kegunaan NFC dan bagaimana cara menggunakan teknologi NFC ini. Kali ini PG akan memberitahu kamu, apa itu NFC dan apa kegunaan NFC.

Apa itu NFC??

NFC (Near Field Communication) adalah perangkat standard yang memungkin smartphone dan perangkat lain bisa berkomunikasi ketika di dekatkan. NFC bekerja seperti RFID, namun NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek dari RFID. Kira-kira kemampuan NFC sekitar 4 inc.

Device yang dilengkapi dengan NFC bisa berkomunikasi dengan perangkat NFC lain yang disebut dengan NFC tags. NFC tags adalah chip tidak mempunyai listrik yang menarik listrik dari sebuah smartphone terdekat atau dari perangkat NFC lainnya. Mereka tidak perlu baterai atau sumber listrik sendiri. Jadi kesimpulannya, NFC datang untuk menggantikan QR code.

Untuk terkoneksi NFC perlu menyatukan atau menempelkan dua perangkat NFC. Misalkan saja kamu memiliki dua smartphone yang mempunyai fitur NFC, ketika kamu menempelkan mereka secara back to back. Jika kamu memiliki NFC tags cukup tempelkan belakang smartphone yang memiliki NFC untuk NFC tag.

Apa itu NFC dan Apa Gunanya??

Saat ini NFC sudah termasuk dalam banyak smartphone, di Android ada Nexus 4, Galaxy Nexus, Nexus S, Galaxy S III dan HTC One X. Di Windows Phone ada Nokia Lumia Series, HTC Windows Phone 8X dan Blackberry juga memilikinya. Namun sayangnya untuk iPhone masih belum ada.

Apa Kegunaan NFC?

Banyak kegunaan dari NFC diantaranya ada:
Pembayaran Mobile - Di Amerika, pembayaran menggunakan mobile sudah sangat populer. Jadi NFC bekerja seperti PayPass MasterCard dan MasterCard atau kartu kredit. Jadi sebuah smartphone dilengkapi dengan NFC dan didekatkan pada NFC-enabled payment terminal akan berfungsi sebagai alat pembayaran. Kamu tidak lagi memerlukan Kartu Kredit. Metode NFC seperti Google Wallet. Di San Francisco, NFC digunakan sebagai alat pembayaran parkir.

Apa itu NFC dan Apa Gunanya??

Pengiriman Data Wireless - Sebuah file dapat di kirim melalui wireless antara dua smartphone yang memiliki teknologi NFC. Seperti smartphone dilengkapi dengan Android Beam, sebuah fitur yang memungkinkan dua smartphone dengan cepat mengirimkan web page, kontak, foto, video atau informasi lainnya. Sentuhkan bagian belakang kedua smartphone dan file akan dikirimkan. Fitur ini juga dimiliki di Blackberry dan Windows Phone.

NFC Tag - Kamu dapat mengatur sebuah setting ketika NFC tag di dekatkan ke smartphone yang memiliki NFC. Contoh, misalkan saja kamu selalu mengatur smartphone dalam mode diam ketika tidur. Kamu bisa mengatur NFC tag sebagai pengaktif mode diam ketika didekatkan ke smartphone. Selain itu kamu bisa mengatur NFC tag sebagai password wireless, jadi ketika teman kamu bermain di rumah dan ingin login wifi, cukup dekatkan smartphone ke NFC tag. Masih banyak contoh lain yang sangat berguna dari NFC tag.

Apa itu NFC dan Apa Gunanya??

Mendapatkan Informasi - Banyak iklan atau produk sebuah perusahan menggunakan QR code yang berisi informasi. Sekarang teknologi tersebut telah di gantikan oleh NFC, karena pengguna smartphone harus menggunakan kamera terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi dari QR code. Ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak singkat seperti NFC.
Transit dan Boarding pass - Ketika kamu perbergian menggunakan pesawat, NFC bisa digunakan sebagai Transit dan Boarding pass di bandara. Masih banyak lagi kegunaan NFC.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu NFC dan apa kegunaan NFC? Contoh-contoh diatas adalah sebagaian kecil dari yang bisa digunakan dalam NFC. Namun kita tidak akan tahu apa yang akan datang dari masa depan.


Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
 Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top