GuidePedia


Tak hanya China yang memiliki tembok besar bersejarah. Pelbagai negara sejagat juga memilikinya, tentu dengan nilai masa lalu yang tinggi serta menjadi bagian perkembangan politik suatu negara.

Tembok-tembok itu menjadi simbol dari suatu negara dan menjadi bagian sangat penting di antara warga dunia. Tembok apa saja? Berikut:5 Tembok Bersejarah di Dunia  seperti dilansir oleh:Wisbenbae

1. Tembok Berlin 

Tembok ini berdiri kokoh di kota Berlin selama 28 tahun, sebagai pengingat akan kejadian mengerikan selama Perang Dingin.

Tembok ini seakan adalah bentuk nyata dari â€Å“Tirai Besi†Republik Demokratik Jerman berhaluan komunis sebelah Timur yang memisahkan diri dengan Jerman Barat .

Tembok ini berdiri mulai tahun 1921 sampai dengan 1989 yang berakhir dengan dihancurkannya tembok ini sebagai tindakan nyata dari berakhirnya Perang Dingin.
Kini usia tembok itu sejak diruntuhkan sudah 23 tahun.

2. Tembok Kremlin

Tembok Kremlin di Rusia terbuat dari bata merah yang satu ini malah sudah berdiri selama 700 tahun.

Panjang tembok ini mencapai 1,4 mil dan mengelilingi Lapangan Merah di Ibu Kota Moskow. Ada empat gerbang dari zaman abad pertengahan yang masih berdiri kokoh dengan 20 menara di sepanjang tembok ini.

Di dalam tembok ini terdapat mausoleum tempat bersemayam jenazah para pemimpin tertinggi Rusia seperti Joseph Stalin dan Vladimir Lenin.

3. Tembok Ratapan

Tembok di Yerusalem yang dikenal juga dengan nama Tembok Ratapan ini, memiliki berbagai sejarah unik. Tembok dikenal dengan nama lain al-Buraq ini aslinya mempunyai sekitar 485 meter, dan sekarang sisanya hanyalah 60 meter.

Tembok ini sisa dinding Bait Suci di Yerusalem dipercaya dibangun oleh Raja Salomo (Sulaiman), putra Daud. Bait Suci itu hancur ketika Israel diserbu tentara Romawi pada tahun 70 Masehi. Banyak orang Yahudi berdoa dan meratapi dosa-dosa mereka dengan penuh penyesalan. Selain mengucapkan doa-doa mereka, orang Yahudi juga meletakkan doa mereka yang ditulis pada sepotong kertas yang disisipkan pada celah-celah dinding itu.

Dinding ini dibagi dua dengan sebuah pagar pemisah (mechitza) untuk memisahkan laki-laki dan perempuan. Orang Yahudi Ortodoks percaya bahwa mereka tidak boleh berdoa bersama-sama dengan kaum perempuan.

4. Tembok Hadrian
 Tembok ini dibangun di abad ke dua oleh kaisar Romawi saat itu, Kaisar Hadrian. 
Dia menyatakan bosan berperang dan membangun tembok untuk membatasi wilayah kekuasaannya.

Tembok ini membentang dari Laut Utara sampai ke Laut Irlandia dan menjadi tempat wisata paling menarik untuk dikunjungi di Britania.

5. Tembok Tzompantli Meksiko 
 Di reruntuhan Chichen Itza milik suku maya berada di Semenanjung Yukatan, 
Meksiko ada tembok dikenal Tembok Tzompantli, atau Tembok Tengkorak.

Sejarah tembok ini memang menyeramkan, di zaman suku Maya berkuasa, tengkorak korban ritual diletakkan di dalam tembok ini. Tembok ini sendiri dihiasi dengan relief-relief tengkorak dan juga berbagai gambar mengenai ritual yang ada pada masa tersebut.

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI ! 
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top