GuidePedia

Pernah terbayang ketika pergi ke alam bebas dimana ternyata pisau yang kita bawa justru tidak tajam atau karena sebab tertentu, padahal kodisi di alam bebas tidak terdapat peralatan dan perlengkapan untuk menajamkan pisau. Disamping itu pisau merupakan peralatan yang sangat penting dalam kondisi survival, lalu apa yang bisa kita lakukan?

Ada kalanya memang pisau survival di gunakan di keadaan dimana tidak biasa, dan kadang ia menjadi tumpul dan sulit untuk memotong sesuatu. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menajamkan pisau di dalam survival.

www.belantaraindonesia.org

1. Buat Asahan Sendiri
Mengasah pisau adalah suatu keharusan, gunakan serpihan batu ( koral ) yang di lapisi pada sebuah kayu untuk dijadikan asahan. Lalu Anda mulai mengasah pisau pada kayu tersebut.

2. Menggunakan Batu
Pada dasarnya semua batu bisa untuk digunakan sebagai asahan, namun batu yang halus hasil dari aliran adalah yang terbaik untuk digunakan. Lihatlah bebatuan di sekitar sungai atau kolam yang mengalir. Seiring waktu, batu - batu tersebut akan terkikis oleh air. Batuan sedimen akan sangat baik untuk mengasah karena permukaannya yang teratur dan berbutir kasar.

www.belantaraindonesia.org

Setelah anda menemukan batu yang rata, ambil pisau dan asahlah dengan lembut sebagaimana biasa Anda mengasah pada batu asahan. Pastikan Anda melakukan hal yang sama pada kedua sisi pisau tersebut.

3. Asah Pisau di Sabuk
Jika Anda tidak memiliki akses terhadap batu atau asahan, Anda bisa mengunakan sabuk atau asahan yang berbentuk sabuk. Memang seolah tidak logis dan tidak ada material yang terkikis, namun dengan menggunakan sabuk tersebut bisa untuk memperbaiki permukaan dari pisau. Untuk penjelasan lengkapnya, bisa lihat di video di bawah ini. 

Beli yuk ?

 
Top