GuidePedia

Sumber : Berita Properti Rumah.com

Pertumbuhan harga hunian mewah di Jakarta dan Bali tercatat paling tinggi di dunia selama 2012 lalu. Demikian hasil survei Knight Frank yang dirangkum dalam Prime International Residential Index (PIRI).

Laporan tersebut menempatkan Jakarta di urutan pertama kenaikan harga rumah tertinggi dengan 38%. Sementara itu, Bali menduduki posisi kedua bersama Dubai, Uni Emirat Arab, dengan kenaikan masing-masing 20%.

Jakarta diuntungkan dari pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang terus menguat, yang berada di atas 6% selama lima tahun terakhir. Selain itu, penyebab lain adalah pertumbuhan kelas menengah yang sangat pesat. Knight Frank menyebutkan, tren kenaikan harga ini bisa berlanjut jika rumah mewah Jakarta banyak dibeli investor.

Masih di kawasan Asia Tenggara, Bangkok dan Phuket, Thailand, menunjukkan pertumbuhan masing-masing 9,4% dan 4,7%. Faktor utama pertumbuhan di kedua lokasi ini adalah pasokan yang rendah sementara minat investasi meningkat.

Di sisi lain, pasar-pasar utama di Eropa masih menghadapi masalah yang cukup besar, terutama pasar rumah second. Padahal, harga di pasar sekunder Eropa lebih rendah yang dimaksudkan untuk menarik investasi baru.

Survei kawasan hunian yang dilakukan Knight Frank ini mencakup 80 lokasi hunian utama di dunia. Pada 2012 lalu, hasilnya cukup beragam: sepertiga lokasi di dalam indeks tersebut memperlihatkan pertumbuhan positif, tetapi setengahnya justru dilaporkan negatif.



duarr....

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top