GuidePedia


IQ yang dimiliki Marilyn Savant sebesar 228, lebih tinggi 8 poin dari Leonardo da Vinci. 

Kalau kita mendengar kata ‘orang dengan IQ tertinggi‘ yang akan terbayang dalam pikiran kita mungkin nama-nama ilmuwan seperti Thomas Alva Edison, Einstein, atau seorang pelukis sekaligus peneliti, Leonardo da Vinci, yang memang memiliki IQ sebesar 220. Tapi tahukan kamu, bahwa rekor manusia dengan IQ tertinggi, dipegang oleh seorang wanita Amerika berprofesi sebagai kolumnis, penulis buku, pengajar, dan penulis skrip drama bernama Marilyn vos Savant. Marilyn vos Savant tercatat dalam Guiness Book of World Records sebagai orang dengan IQ tertinggi, dengan IQ sebesar 228, lebih tinggi 8 poin dari Leonardo da Vinci.

Marilyn yang berdarah German-Italy ini ternyata sudah diketahui memiliki IQ yang tinggi sejak ia berusia 10 tahun. Namun orang tuanya sengaja tidak mempublikasikannya untuk menghindari eksploitasi publikasi yang berlebihan. Semasa remaja vos Savant menghabiskan waktunya membantu menjaga toko sang Ayah sambil terus menikmati hobinya menulis dan membaca. Kadang dia akan menulis artikel dan mengirimkannya ke koran lokal dengan nama samaran, dengan alasan dia tidak ingin namanya diasosiasikan dengan pekerjaannya yang ia anggap belum sempurna.

Vos Savant mempelajari filosofi di Washington University in St. Louis, menentang keinginan orang tuanya untuk mengambil jurusan pelajaran yang lebih bermanfaat. Setelah dua tahun, dia drop out dari kuliah untuk membantu bisnis kedua orangtuanya dan mengejar karirnya di bidang menulis. Kemudian ia pindah ke kota New York dan menulis kolom Kontes Omni IQ Quiz untuk Majalah Omni yang berisi kuis-kuis IQ dan test-test intelegensi. Sebelum akhirnya ia memiliki kolum mingguan di Majalah Parade. Ia juga mulai menulis novel, cerpen, satire politik, semuanya dengan nama samaran.

Nama Vos Savant kemudian mulai dikenal setelah Guiness Book of World Record mendapatkan hasil skor IQ-nya dari Mega Society –Komunitas Mega. Komunitas ini beranggotakan khusus orang-orang dengan IQ tertinggi (Anggota Mega Society harus memiliki IQ lebih tinggi daripada 99,999% populasi umum, jumlah anggota juga dibatasi hanya 30 orang). Orang normal umumnya memiliki skor IQ sebesar 100, ini berarti Vos Savant memiliki IQ dua kalinya orang normal.

Sejak itulah Marilyn Vos Savant mulai terkenal bak selebriti. Apalagi dengan pembawaannya yang outgoing, menyenangkan, dan smart membuatnya jadi sering diundang ke berbagai talk show.

Vos Savant juga dikenal luas karena kolum mingguannya di Majalah Parade, berjudul ‘Ask Marilyn‘. Tadinya Majalah Parade hanya menampilkan profil dari Vos Savant dengan beberapa pertanyaan pilihan dari beberapa pembaca. Namun Majalah Parade terus mendapat pertanyaan dari pembaca. Sehingga kolum Ask Marilyn menjadi kolum tetap mingguan di majalah tersebut. Di kolum ini, vos savant menerima berbagai pertanyaan dari pembaca, mulai dari mata pelajaran sekolah, menyelesaikan soal matematika, logika dan teka-teki. Sesekali Vos Savant juga menjawab permintaan saran dari pembaca dengan menggunakan logika termasuk kuis dan puzzles yang dibuat oleh vos Savant.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top