GuidePedia

0
[imagetag] dok. Thinkstock

Anda perempuan dan menyukai alam? Cobalah lebih mengenal alam dengan naik gunung. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika akan naik gunung. Berikut tipsnya!
Gunung memang memiliki pemandangan indah yang selalu menarik untuk dilihat. Udaranya yang bersih dan sejuk membuat siapa saja rela untuk mendaki, tak terkecuali perempuan. Agar pendakian lancar dan terasa nikmat, ikuti tips berikut yang dihimpun detikTravel, Kamis(2/2/2012):

1. Jangan pakai celana pendek

Meskipun celana pendek sedang ngetrend di kalangan masyarakat, dan terasa nyaman jika digunakan untuk bepergian, celana ini sangat tidak boleh digunakan jika Anda akan naik gunung. Celana yang pendek akan membiarkan kaki Anda terbuka dan bebas dari perlindungan. Ini bisa menyebabkan baret atau luka di sekitar kaki karena tidak adanya pelindung. Selain itu, binatang hutan bisa menempel di kaki Anda, seperti lintah dan pacet atau nyamuk hutan. Jadi, untuk menghindari itu semua, sebaiknya Anda menggunakan celana panjang.

2. Pakai Sunblock

Jika tidak ingin kulit Anda terbakar, gunakanlah sunblock sebelum pendakian. Selama mendaki, paparan cahaya matahari tidak bisa dihindari. Untuk mencegah kulit yang terbakar cahaya matahari, oleskan tubuh dengan sunblock. Sunblock yang baik untuk digunakan adalah sunblock dengan SPF tinggi, seperti 50 atau maksimal 90. Jangan gunakan yang di atas itu, karena malah bisa menyebabkan kulit kering.

3. Bawa pembalut

Perempuan selalu rutin menstruasi di setiap bulannya. Jika waktu pendakian mendekati saat menstruasi, jangan lupa untuk membawa pembalut. Ini untuk berjaga-jaga jika menstruasi datang lebih cepat. Anda tidak perlu kerepotan mencari. Ingat, jangan buang pembalut di tengah gunung. Bungkus baik-baik, simpan dalam ransel Anda dan bawa pulang.

4. Jangan pakai parfum

Nah, inilah kebiasaan perempuan yang sulit ditinggalkan. Perempuan pada umumnya selalu ingin tampil segar setiap saat, salah satu caranya adalah dengan memakai parfum. Tapi ingat, kebiasaan ini harus Anda tinggalkan sementara bila akan naik gunung. Wangi menyengat parfum yang dihasilkan bisa mengundang serangga untuk mendekati Anda. Jadi jangan dipakai dulu, ya!

5. Bawa barang seperlunya

Ingin selalu tampil cantik adalah hal yang wajar untuk perempuan. Tapi jangan sampai membawa alat make-up saat naik gunung. Ini bisa memberatkan bawaan Anda. Cukup bawa handuk kecil, bedak, dan sabun pencuci muka.

6. Pakai sepatu tertutup

Memakai sendal memang akan terasa lebih nyaman, tetapi ini tidak disarankan jika Anda akan naik gunung. Sendal tidak akan melindungi kaki Anda secara utuh. Kaki Anda bisa terkena gigitan binatang liar di hutan. Untuk mencegah itu semua, gunakanlah sepatu tertutup. Jangan gunakan sepatu dengan hak tinggi, karena akan menyusahkan pergerakan.
[imagetag]
[imagetag]

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top