GuidePedia

0

JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto, mengungkapkan Indonesia bebas dari korupsi bukan hanya sekadar impian. Hal itu akan menjadi kenyataan sekiranya KPK bersinergi dengan lembaga lain.

"KPK yang cuma punya 700-an orang tidak akan mungkin menaklukkan korupsi kalau dia tidak melakukan sinergitas dengan lembaga-lembaga lain," kata Bambang di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (26/02/2012).

Menurut Bambang, salah satu lembaga yang punya peran strategis dalam pemberantasan korupsi adalah Badan Pengawas Keuangan dan Pemerintah (BPKP). Hal ini sedang digandeng oleh KPK, namun sinergitas itu nantinya juga akan dikembangkan dengan penegak hukum lainnya, seperti kepolisian dan kejaksaan.

"Kalau saja soft-soft ini dilakukan dengan baik dan benar, dikonsolidasikan dengan sistematis, maka Insya Allah Indonesia yang bersih dari korupsi bukan hanya impian tapi itu kenyataan yang bisa kita raih dalam 5-10 tahun ke depan," ungkap Bambang.

Selain itu, peran masyarakat dalam memberantas korupsi juga tidak kalah penting. Dituturkan Bambang, selama ini masyarakat diletakkan hanya sebagai bagian dari objek pembangunan. Padahal, keberadaan masyarakat sendiri bisa menjadi bagian dari suatu kekuatan besar.

"Kalau kita bisa mendorong gerakan sosial antikorupsi, di mana dalam seluruh struktur yang akan dibangun itu, masyarakat sebagai victim dari sistem yang korup bisa dilibatkan menjadi bagian penting yang ikut serta mengontrol proses potensi korupsi itu," imbuh Bambang.

Lebih lanjut dijelaskan Bambang, korupsi tidak hanya soal kerugian uang negara. Bila ditelisik lebih jauh, korupsi sebenarnya tentang persoalan kekuatan.

"'How to control power', kalau pakai bahasa yang religius, bagaimana supaya power itu amanah," jelas Bambang.

Namun, antara kekuatan dan uang memiliki keterkaitan yang erat. Ketika kekuatan bisa dikontrol, strategi menghamba pada uang pun bisa ditinggalkan. Akibatnya, potensi-potensi kejahatan turut pula dapat dikontrol.

"Salah satu hal yang musti didorong nanti, bagaimana melibatkan publik menjadi bagian penting dari pemberantasan korupsi sehingga bisa dilaksanakannya pencegahan korupsi yang lebih efektif," tandas Bambang.

apakah 5 - 10 tahun lagi Indonesia bakal bersih dari Korupsi?
saya rasa, biar manusia-manusia dibawah ini yang menjawab...


SUMBER
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top