GuidePedia

0



Pulau misool adalah salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat (sebelumnya Irian Jaya ), Indonesia . Luas wilayahnya 2.034 km ². Titik tertinggi adalah 535 m dan kota utama adalah Waigama dan memiliki kordinat 1 ° 53'41 "S 130 ° 5'1" E.

Pulau misool ini berbatasan langsung dengan laut seram. Daerah ini terletak di kepala burung papua barat dan dekat dengan kota sorong . Misool terbagi atas dua bagian yaitu misool timur selatan dan misool barat.Daerah ini terkenal juga dengan keanekaragaman budaya, adat, laut dan darat yang begitu terkenal di dunia.

misool termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat di dalam lautnya yaitu sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool ini. Dan daerah ini juga memiliki laut lepas yang sangat luas sekali sehingga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti ikan paus dan gurita.






















Menurut informasi dari masyarakat setempat bahwa gurita sering di temukan pada malam hari sedangkan ikan paus di temukan pada siang hari, sehingga daerah misool dikenal atau boleh dikatakan dengan daerah yang penuh misterius karena masih banyak terdapat hewan laut yang besar2 di daerah ini dan yang sudah langka di dunia.

Di pulau misool ini wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktifitas diantaranya seperti berjemur berenang diving snorkeling dan masih banyak hal yang lain yang dapat di nikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke pulau misool ini.

















Musim menyelam yang baik di pulau misool ini sebenernya hampir sepanjang tahun tetapi sekitaran bulan mei hingga september di pulau misool ini sering turun hujan yang dapat mengganggu aktifitas penyelaman walaupun tidak begitu membahayakan penyelam.

Akomodasi dan fasilitas yang dimiliki pulau ini sudah sangat lengkap penginapan dari kelas murah sampe resort pun telah ada disini tempat makan yang nyaman juga telah di miliki oleh pulau ini tapi harus diingat kata kata murah disini bagi perekonomian papua bukan perekonomian daerah wisatawan masing masing :D

Untuk mencapai pulau misool ini wisatawan dapat menempuh dengan menggunakan pesawat menuju sorong dari daerah agan masing masing, setelah itu dari sorong untuk menuju pulau misool ini ada 2 pilihan transportasi yaitu ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resor Papua Diving.
Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top