GuidePedia

0

Jaman sekarang ini siapa sih Yang belum make Telepon genggam? Anak kecil ingusan aja udah tau cara make telepon genggam mulai dari yang sederhana sampe yang pake layar sentuh. Tapi berapa banyak kah yang tau mengenai sejarah perjalanan panjang dari telepon genggam hinggabisa menjadi secanggih sekarang ini? Yuk kita simak aja artikel berikut ini.

SCR-194 (1938)


DynaTAC (1983)


Telepon genggam yang dinobatkan sebagai cikal bakal ataupun nenek moyang dari semua telepon genggam adalah SCR-194. Tau kah? Pernah dengar? Pernah lihat? Hehehe... kalo kamu hoby nonton pelem tentang Perang dunia ke-II kamu pasti tau deh. SCR-194 walau pada kenyataan nya bukan di genggam ataupun di kantongi, tapi di gendong seperti tas gendong karena ukurannya yang besar. Pertama kali dibuat dan digunakan oleh Para tentara angkatan darat Amerika serikat yaitu U.S. Army Signal Corps Engineering Laboratories at Fort Monmouth, New Jersey. Radio ini menggunakan Sinyal AM sebagai perantara komunikasi nya. Serupa dengan cara kerja Walkie-talkie, namun bedanya SCR-194 ini memiliki bobot sekitar 11 kg dan jarak jangkauan sinyal sejauh 8KM.

SCR-300 (1940)


SCR-300

Gambar diatas adalah pengganti untuk SCR-195. Dikembangkan oleh Motorola, SCR-300 adalah radio FM portabel yang digunakan oleh Sekutu selama Perang Dunia II. Beratnya antara 14-17 kg, denganjangkauan radius 4,8 km.

SCR-536 (1942)


SCR-536

Motorola memproduksi 'walkie talkie' ke AS, sebagai pengganti dan pengembangan dari dua alatkomunikasi sebelumnya. Dengan menggunakan teknologi radio AM, keunggulan utama dari SCR-536 ini adalah berat nya yang jauh lebih ringan, yaitu hanya 2,27 kg dengan kisaran jangkauan sinyal sejauh1,6 km.

MTA (1956)


MTA (1956)

Handphone Sistem A (MTA) adalah perangkat komunikasi yang dibuat oleh Ericsson dan digunakan oleh Swedia. Beratnya 40 kg atau setara dengan berat 300 unit iPhone.

DynaTAC (1973)


DynaTAC (1973)

Motorola membuat prototipe telepon genggam yang juga sering disebut dengan Coverage AreaDinamis Adaptive Total (DynaTAC) dan ini merupakan Telepon genggam yang pertama sebagai ponselpribadi yang Praktis.

DynaTAC (1983)


DynaTAC (1983)

Sepuluh tahun setelah penampilan DynaTAC, Motorola mulai memasarkan ponsel ini ke publik. Denganbobot seberat 0,9 kg, DynaTAC bekerja di jaringan AMPS teknologi, generasi pertama dari layananselular analog di Amerika Utara.

MicroTAC (1989)

MicroTAC

Pada tahun 1989 Motorola memperkenalkan MicroTAC, yang merupakan telepon genggam dengan Mode lipat yang Pertama didunia. Desain ini mengurangi ukuran ponsel saat tidak digunakan. Denganukurannya yang kecil. MicroTAC juga ponsel pertama di dunia.


StarTAC (1996)

StarTAC

Melanjutkan lini TAC, Motorola meluncurkan ponsel clamshell yang merupakan mobile pertama yang disebut sebagai StarTAC, yang dapat dilipat seperti cangkang kerang. Menurut Motorola, ponsel ini terinspirasi oleh sebuah perangkat komunikasi yang muncul dalam film seri Star Trek.

Communicator (1997)

communicator

Nokia Communicator 9000 adalah ponsel pertama yang membawa pengguna ponsel memasuki erasmartphone. Dengan desain clamshell, ponsel ini adalah generasi yang pertama dengan memberikan Fitur layar LCD dan keyboard QWERTY yang lengkap.

Benefon (1999)

Benefon

Geosentric adalah vendor handset pertama untuk membuat ponsel yang terintegrasi dengan perangkat GPS. Tidak hanya itu, ponsel bernama Benefon tahan banting, menggunakan Body keras dengan warna abu-abu, dan menyediakan peta untuk melacak posisi dan pergerakan dari pengguna.

VP-201 (1999)

VP-201

Di Jepang, Kyocera meluncurkan ponsel VP-201 mobile yang merupakan ponsel pertama dengan kamera terintegrasi.


BlackBerry 5810 (2002)

BlackBerry 5810

RIM meluncurkan perangkat BlackBerry pertama yang terintegrasi dengan telepon. Hal ini menargetkanpengguna profesional mobile yang membutuhkan layanan email instan dan penyesuaian jadwal.Kerugiannya adalah bahwa perangkat ini tidak memiliki speaker dan mikrofon.

iPhone (2007)

iPhone

Steve Jobs sang pendiri Apple memperkenalkan iPhone pada tahun 2007, ponsel pintar revolusioner yang menggunakan layar sentuh sekaligus mengadopsi teknologi 3G.

Nokia 808 Pureview (2012)

Nokia 808



Nokia 808 PureView memiliki layar 4-inci AMOLED dengan resolusi lebih rendah dari 360 x 640 piksel.Secara spiritual berhasil Nokia N8, itu berjalan Nokia Belle (sebelumnya dikenal sebagai Symbian) dan itu berpusat di sekitar prosesor 1,3 GHz.

Yang orang-orang tidak pernah perkirakan selama ini adalah Fitur kameranya yang mengejutkan dengan 41MP multi-aspect camera sensor.

Melihat sejarah dan perkembangan dari telepon genggam diatas kita pasti sudah dapat mengira bukan? Bahwa tehnologi dan kecanggihan mesin telah berkembang begitu pesat dan seakan-akan mengalahkan perjalanan waktu dan jaman.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top