GuidePedia

0


LONDON, Gumpalan gula itu sudah berubah menjadi coklat. Ada celah besar di sampingnya. Tapi, itulah kue pernikahan berlubang besar yang sungguh indah. Hal ini mengingat kue pernikahan tersebut dibuat pada 113 tahun silam.

Dibuat pada 1898, itulah kue pernikahan tertua dunia. Kehadirannya pun luar biasa karena kue itu selamat dari kehancuran akibat ledakan bom Perang Dunia Kedua. Memakai konsep kebun anggur, kue pernikahan yang penuh dengan ornamen buah-buahan itu masih terlihat basah seperti kue baru.

Awalnya, kue pengantin tertua dunia itu dipajang di jendela toko roti keluarga di Basingstoke, Hants. Ketika toko ditutup pada 1964, kue itu disimpan di loteng keluarga selama hampir satu abad sejak dibuat pada 1889. Kue tersebut akhirnya disumbangkan ke Museum Willis.

'Putri tukang roti, yang tidak menikah, menyumbangkan kue menjelang akhir hidupnya. Karena, dia khawatir orang lain menemukan kue tersebut di atas loteng tokonya dan berpikir dia telah putus cinta,’’ kata kurator Sue Tapliss.

Tapliss mengatakan kue pernikah tersebut disimpan dalam tempat yang tidak bagus. Sehingga, kue tersebut berubah warna menjadi lebih gelap. Ada sebuah celah besar bekas terkena getaran bom Peran Dunia Kedua. ‘’ Tapi, kue ditemukan dalam kondisi sangat lembab,’’ katanya.

Potongan kue pernikahan Ratu Victoria ikut dilelang. Tapi, kue pernikahan berlubang besar ini merupakan salah satu kue pengantin tertua dunia. 'Kami berharap kue pengantin ini dapat dinikmati selama 113 tahun lagi,' kata Tapliss.

Pada 1974, ilmuwan menyimpulkan bahwa makanan kaleng yang ditemukan di sebuah kapal api itu makanan kaleng yang tenggelam pada 1865 dan masih bisa dimakan. Pada 1938, makanan kaleng daging sapi berusia 100 tahun diberikan untuk makanan kucing tanpa ada efek samping.

Republika.co.id | Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?