GuidePedia

0


Berbagi merupakan sifat yang yang harus dipelajari sejak dini. Namun, ingatlah bahwa mengajarkan anak untuk berbagi tidaklah mudah, dibutuhkan kesabaran yang tinggi saat mengajarkan mereka.

"Orang tua harus memberitahu anak mereka apa yang harus dibagi, mengapa dan bagaimana," ujar Richard Gallagher, PhD, direktur proyek khusus di Institute for Attention Deficit Hyperactivity and Behavior Disorders.

Seperti yang dikutip dari everydayhealth, biasanya balita yang berusia antara tiga sampai empat tahun sudah bisa diajarkan dan terbiasa untuk berbagi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadi contoh bagi si kecil. Diumurnya, balita terbiasa untuk meniru. Jadi jika mereka melihat orang tuanya berbagi, sifat berbagi dalam diri mereka perlahan akan timbul dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Berikut cara mengajari si kecil agar terbiasa untuk berbagi:

1. Buat segala kesempatan sebagai momen belajar anak. Mulailah dengan menawarkan apa yang Anda makan, ini merupakan tindakan berbagi. Katakan pada anak,"mama ingin berbagi apel mama dengan kamu."

2. Ketika Anda membagi sesuatu padanya, jangan lupa untuk menggunakan kata "berbagi" untuk menjelaskan serta menekankan dengan tepat apa yang Anda lakukan.

3. Ketika anak mengikuti tingkah laku berbagi Anda, berikanlah ia pujian.

4. Berikan reward atau hadiahi untuk si kecil ketika ia paham dan mau berbagi miliknya kepada orang lain. Berikan ia pelukan untuk mengekspresikan rasa bangga Anda padanya.

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top