GuidePedia

0

Kalangan muslim Jawa cukup akrab dengan legenda Wali Songo. Mereka merupakan sembilan orang ulama Nusantara yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa.

Sementara di Bali, umat Islam di sana sangat akrab dengan legenda Wali Pitu. Terdapat tujuh ulama yang menyebarkan Islam di Pulau Dewata tersebut, Salah satunya Syech Abdul Qadir Muhammad.

Sebagai seorang muslim berdarah Tiongkok, Syech Abdul Qadir Muhammad memiliki nama Tiongkok, The Kwan Lie

"Beliau merupakan orang Tiongkok. Memang datang ke pesisir Bali untuk syiar agama Islam mulai dari Karangasem, Buleleng, hingga Jembrana," ujar juru kunci makam Syech Abdul Qadir Muhammad, Samsul Hadi.

Sayangnya, tidak ada informasi yang jelas kapan Syech Abdul Qadir Muhammad memulai dakwahnya di Bali. Samsul sendiri menerangkan terdapat banyak versi terkait hal itu.

"Saya sendiri tidak diceritakan. Memang ada bukunya keluaran Rajawali yang diterbitkan ulang oleh Menara Madinah. Tapi memang versinya ada banyak. Ada versi orang sini, ada juga versi menurut ulama dari Sidoarjo," ucap dia.

Menurut Samsul, Syech Abdul Qadir Muhammad merupakan pengawal Sunan Gunung Jati.

"Beliau pernah datang ke Palembang, sebelum akhirnya bertolak ke Cirebon menemui Sunan Gunung Jati untuk memperdalam ilmu agama Islam," ujar Samsul.

Makam Syech Abdul Qadir Muhammad terletak di Desa Temukus (di samping Pura Agung Labuan Aji), Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Makam Syech Abdul Qadir Muhammad diberi nama makam Keramat Karang Rupit.

Makam tersebut ramai dikunjungi oleh peziarah dalam dan luar Bali. Syech Abdul Qadir Muhammad merupakan generasi keenam dari Wali Pitu. Di samping kiri makam Syech Abdul Qadir Muhammad terdapat beberapa makam.

Menurut cerita turun temurun, makam tersebut disebut-sebut sebagai murid dari Syech Abdul Qadir Muhammad

Berikut Wali Pitu yang berada di Bali:

1. Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkuningrat
2. Habib Umar Maulana Yusuf
3. Habib Ali bin Abu Bakar bin Umar bin Abu Bakar Al Khamid
4. Habib Ali bin Zaenal Abidin Al Idrus
5. Syech Maulana Yusuf Al Magribi
6. Syech Abdul Qadir Muhammad
7. Habib Ali bin Umar Bafaqih


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top