GuidePedia

0

Tak semua kalangan artis hidup dengan bergelimang harta. Ada beberapa di antara mereka yang kini hidup dengan kesulitan perekonomian . Salah satunya adalah Bambang Triyono pemeran si Kentung Tuyul dan Mbak Yul yang belakangan diketahui hidup dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

Selain si Kentung Tuyul dan Mbak Yul, masih ada lagi beberapa artis Indonesia yang juga jatuh miskin di masa tua mereka. Di antaranya:

1. Si Kentung Tuyul dan Mbak Yul

Bagi Anda yang dulunya suka nonton serial Tuyul dan Mbak Yul, pasti masih ingat dengan sosok jin dengan tubuh gendut. Yup, dia adalah si Kentung yang diperankan oleh Bambang Triyono. Lama tak muncul di layar kaca, kondisi si Kentung saat ini sangat miris dan memprihatinkan. Si Kentung hidup sendirian di sebuah kost sempit daerah Sleman, Yogyakarta yang dibiayai oleh relawan.



Si Kentung Tuyul dan Mbak Yul [image source]

Selain wajahnya sudah tidak dikenali lagi, kondisi kesehatan si Kentung juga memprihatikan. Aktor asal Yogyakarta ini tidak sanggup berdiri lantaran penyakit store yang dideritanya. Dan untuk berpindah, si Kentung harus bersusah payah menggelundungkan badannya. Bahkan, si Kentung juga sempat mengalami kelumpuhan pada tahun 2010 yang lalu.

2. Laila Sari

Kondisi serupa juga dialami oleh artis tiga zaman, Laila Sari. Di usianya yang sudah tidak lagi muda, aktris senior kelahiran 4 November 1935 terus bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Berbeda dengan artis senior lainnya yang tinggal di rumah mewah, Laila Sari tinggal di sebuah rumah kecil di Tangkiwood, Jakarta Barat bersama anak, cucu, serta buyutnya.


Laila Sari [image source]

Kondisi memprihatinkan ini bermula ketika pemeran Peristiwa 10 November tersebut kehilangan sosok yang sangat dicintainya, suami serta sang ibunda. Sang ibunda meninggal pada tahun 2000 dan tujuh hari kemudian, suaminya menyusul. Uang dan tabungan sudah terkuras habis, namun Laila harus menghidupkan anak-anak yatim yang tinggal bersamanya. Dan di usianya yang hampir memasuki kepala 8, Laila Sari masih giat bekerja.

3. Eddy Gombloh

Nama Eddy Gombloh dikenal ketika dia menjadi pemeran utama dalam film “Tiga Janggo” bersama Benyamin S dan A.Hamid Arief pada tahun 1976 silam. Sukses memainkan film yang disutradarai oleh Nawi Ismail tersebut, pemilik nama asli Supardi ini lantas banjir tawaran syuting film dengan memerankan karakter orang yang lugu yang semakin melambungkan namanya.


Eddy Gombloh [image source]

Namun, nasib baik tak selamanya datang pada Eddy Gombloh. Siapa sangka, aktor yang sudah membintangi 30 film ini masuk ke dalam daftar artis termiskin. Di usia tuanya, Eddy Gombloh dihadapkan pada kesulitan ekonomi.

4. Yati Surachman

Di dunia perfilm-an Indonesia, nama Yati Surachman memang sudah tidak asing lagi. Aktris senior kelahiran Jakarta 8 Agustus 1957 ini sudah membintangi sebanyak 40 judul fim dan sekitar 21 sinetron. Nama Yati Surachman semakin terkenal kala dirinya memerankan “Perawan Desa” dan menyabet penghargaan The Best Actress dalam Festival Film Asia Pasifik (FFAP) tahun 1980 silam.


Yati Surachman [image source]

Membintangi 40 film tak membuat hidup Yati Surachman berlebihan. Peran sebagai tokoh yang tertindas dalam beberapa judul sinetron juga dialami dalam kehidupan nyata Yati Surachman. Pada tahun 2006 silam, tempat tinggalnya di rusun Pulo Mas, Timur bagian Jakarta terancam digusur oleh sang pemilik. Yati pun sempat kebingungan mencari tempat tinggal.

5. Aminah Cendrakasih

Demikian juga dengan aktris senior Aminah Cendrakasih yang sudah menorehkan prestasi di dunia hiburan tanah air. Pemilik nama lengkap Siti Aminah Cendrakasih ini dikenal sebagai pemeran Emak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dan sinetron Rumah Masa Depan. Dan di usianya yang sudah tua, Aminah bahkan menerima penghargaan Lifetime Achievement dari Indonesia Movie Awards 2013.



Aminah Cendrakasih [image source]

Namun sayangnya, wanita asal Magelang tersebut tidak dapat menerima penghargaan tersebut secara langsung karena kondisi kebutaan yang dialaminya. Glukoma dan katarak menyebabkan matanya tidak dapat melihat lagi sehingga Aminah pun tidak dapat bangun dari tempat tidur. Tak hanya kebutaan, Aminah juga mengalami kemiskinan di usianya yang sudah kepala tujuh.

Memang, beberapa artis ada yang bernasib mujur, beberapa pula ada yang mengalami kesulitan ekonomi di usia mereka yang sudah tidak lagi muda. Karenanya, kita harus lebih cermat mengola keuangan demi kehidupan di masa mendatang.


Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top