GuidePedia

0

Kemarin bank mengirim surat tagihan kredit card aing sebagai file PDF yg berpassword karena berisi informasi pribadi dan rahasia. Aing arsipken lah file PDF ini ke Google Drive tetapi karena dilindungi password, textnya gak kebaca di sana. Belum lagi karena tiap dokumen berbeda password maka gak mungkin buat mengingatnya satu persatu.


Menghapus Password dari sebuah file PDF
Semenjak Google Drive dilindungi dengan sistem keamanan dua lapis – password dan 2-factor authentication – seharusnya sih OK kalau kita membuang  password protection dari file PDF sebelum kita unggah ke Drive.

Emang ada ya program software yg bisa menghilangkan password protection dari file PDF ? Yg gratisan dan bisa jalan di Mac maupun Windows? Jawabannya adalah IYA dan itu udah ada di computer aboi. Namanya Google Chrome.

Google Chrome sudah mengembangkan sebuah reader PDF built-in reader* dan sekaligus PDF writer dan kita bisa menggabungkannya sekaligus buat menghilangkan password dari file PDF apapun. Gini loh carnya :
Drag File PDF yg terpassword ke browser Google Chrome. 

Google Chrome sekarang akan menyuruhmu untuk memasukkan password file itu. Masukkan password dan tekan  Enter untuk ngebuka file. 

Sekarang pindah ke File menu di Google Chrome dan pilihlah Print (atau pencet Ctrl+P di Windows atau Cmd+P di Mac). Pilihlah printer tujuan sebagai “Save as PDF” dan klik tombol Save. 

Google Chrome sekarang akan nyimpen PDF itu ke desktop tapi tanpa password lagi. Jika aboi membuka lagi PDF ini di Chrome, gak akan lagi minta password buat ngebukanya.

Cara lain, jika kamu menggunakan Google Cloud Print, aboi bisa pilih tujuan “Save to Google Drive” di dalam print dialog dan versi the unprotected  PDF, dan itu akan terkirim langsung ke Google Drive dari Chrome.


[*] Bukalah halaman khusus chrome://plugins dan centang pilihan “Chrome PDF Viewer” biar Chrome yg nanganin semua file PDF aboi.

Menghilangkan password PDF tanpa Chrome
Jika aboi gak gunain Google Chrome, download Windows utility gratis ini yg bernama BeCyPDFMetaEdit buat ngilangin passwords file PDF .

Pertama-tama bukalah programnya dan dia akan minta lokasi file PDF aboi. Sebelum aboi pilih dan membuka file PDF, ubahlah mode ke dalam “Complete Rewrite,” kemudian di menu Security tab ubah “Security System” ke “No encryption.” Klik tombol Save dan PDF aboi gak kan butuh password lagi buat ngebuka. Gampang kan ?

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top