GuidePedia

0
beberapa artefak tak ternilai dunia hilang selama perang, terkubur dan kemudian terlupakan, atau terselip tanpa keterangan. Banyak yg sudah hilang sehingga berubah menjadi legenda atau kabar burung. Beberapa bahkan sudah sampai di pasar gelap. Beberapa sudah disimpan untuk koleksi pribadi. Beberapa bahkan dipercaya sudah dimusnahkan semua. 

10. Paten Wright bersaudara 


Arsip Nasional USA menyimpan beberapa dokumen2 langka dan sangat penting dalam sejarah. Keamanan sangat ketat di tempat penyimpanan barang2 antrhopologi paling penting di dunia ini, meskipun begitu tetep aja pernah kemalingan beberapa barang tak ternilainya. 

Kertas patent yg menggambarkan detail konsep sebuah mesin terbang oleh detail Wilbur dan Orville Wright bersaudara dicolong oleh seorang pencoleng tanpa ada yang tahu. Sampai dengan tahun tahun 2003 baru orang2 sadar kalau kertas itu sudah raib, dan semenjak itu, tidak ada orang yg tahu di mana itu barang berada. 

Pencurian di Gedung Arsip Nasional itu begitu banyaknya sampai-sampai sebuah satuan bersenjata ditugaskan untuk melacak barang-barang koleksi yg raib. Foto astronot sedang mendarat di bulan sudah diketemukan, juga rekaman suara dari tabrakan Hindenburg. Tapi sampai seseorang mencoba untuk melelang gambar tangan pesawat dari awal tahun 1900-an, kita mungkin gak akan pernah tahu kemana itu paten pergi. 

9.Tanto Mei-Kunimitsu 


Photo credit: Sano Art Properties

Pencurian harta karun nasional bukan hanya masalah AS saja. Menurut the Agency for Cultural Affairs di Jepang, 109 barang yg ditandai sebagai artefak penting milik nasional juga raib. Barang2 itu banyak yang disimpan sebagai koleksi pribadi sehingga hampir tidak mungkin buat agensi itu untuk melacaknya. 

Dari daftar itu ada 52 pedang, 17 pahatan, dan 10 lukisan tidak ketahuan rimbanya. Laporan itu menyatakan bahwa kalau tidak dicuri maka pemiliknya sudah memindahkan barang2 tersebut atau tidak ada orang yg melacak barang-barang itu sesudah sang empunya meninggal. 

Salah satu koleksi yg hilang adalah pedang tanto abad ke-13 bertanda “Kunimitsu.” Sang empunya meninggal, dan  agency waktu itu tidak tahu sampai suatu masa barang itu jadi warisan yg berharga sangat mahal. Karena saking banyaknya jumlah dan jenisnya, agency yakin kalau sang empunya sekarang ini tidak sadar dengan aturan tentang penyimpanan barang berharga nasional. Mereka berencana untuk emngunjungi pemilik yg masih hidup secara teratur untuk mencoba mencari tahu kira-kira di mana barang-barang itu berada. 

8.City Of Paititi 


Banyak legenda yg menyelimuti kota hilang Paititi. Diceritakan bahwa tempat itu adalah dimana bangsa Inca kuno putus asa untuk menyembunyikan harta karun mereka dari para penjarah Eropa,dan mereka menyimpan semua cadangan emas mereka di suatu tempat. Karena lokasi dan kesamaan rahasia, kota ini secara perlahan berubah menjadi tak bernama dan tercampur dengan legenda El Dorado. Dua tempat itu akhirnya menjadi satu lokasi mistis di mana satu pengelana yg beruntung bisa menemukan kekayaan tak terbatas. 

Para penjelajah ini telah mencari di hutan lebat Peru, terdorong oleh potensi harta karun ini. Ada beberapa hunian manusia di sekitar daerah terpencil itu dimana para penjelajah menemukan pertanda dan mereka percaya ini akan menuntunnya menuju hadiah terbesar itu ! 

Apakah Paititi adalah versi lain dari El Dorado atau kota yg bener-bener berbeda—atau keduanya malah bener-bener ada—masih harus kita lihat lagi. 

7. Kalung Patiala 


Kalung Patiala dulunya termasuk perhiasan untuk kecantikan yg langka, dirancang oleh the house of Cartier pada tahun 1928. Hadiah untuk Maharaja Sir Bhupinder Singh mempunya lima deret rantai platinum dihiasi dengan 2.930 berlian. Dibikin dengan batu ruby Birma yg terhebat di antara batu berharga yg lain. Dan pusatnya adalah berlian ke-7 terbesar di dunia, berlian DeBeers yg terkenal, sebuah berlian kunign sebesara 234,6-karat, sebesar bola golf. Kalung hadiah ini hilang pada tahun 1948. Orang terakhir yg memakai kalung ini adalah sang Pangeran Maharaja Yadavindra Singh. 

Kalung itu sendiri akhirnya diketemukan kembali oleh perwakilan Cartier di London 50 tahun kemudian, tapi telah kehilangan batu berharganya yg paling berharga. Diantaranya adalah batu ruby birma dan berlian DeBeers tadi. Cartier mencoba memperbaiki kembali sebisa mereka, menggunakan cubic zirconium dan batu berharga lain yg lebih murah. Aslinya dipercaya sudah dilucuti dan dijual oleh anggota keluarga sang Maharaja, yg berharga 242 - 363 Milyar rupiah sekarang. 

6. Bahtera Mahogany  


Photo credit: Crikey3454/Wikimedia

Ketika sebuah kapal tenggelam jauh di lepas pantai dengan ketidakmungkinan para pencari untuk mencapai dasar samudera maka butuh puluhan bahkan mungkin berabad untuk menemukan reruntuhan tersebut,itu pun kalo masih utuh. Bahtera Mahogany ini merupakan cerita yg sama sekali berbeda. Ini enggak begitu jauh di laut dan juga enggak di dasar laut, dan ini bukan berada di koordinat yg tidak diketahui yg butuh pengukuran detail buat ngitung. lha wong ini ada di pelabuhan loh, di bawah gundukan pasir di barat daya Victoria, Australia. 

Kapal legendaris tersebutt terbuat dari kayu hitam, diperkirakan sebagai kayu mahogany (tapi mungkin beberapa bahan digabung). Diceritakan tenggelam sebagai bagian dari sebuah misi rahasia Portugis untuk mengeksplorasi Australia di tahun 1522. Reruntuhan ini baru diketemukan 350 tahun kemudian, pada tahun 1847, sebelum akhirnya hilang lagi. 

Semua detail berdasar cerita dari para pemburu paus dan penduduk lokal saja dan itu pun sudah 150 tahun yg lalu. Walaupun tidak ada seorangpun yg berhasil membuktikan keberadaannya, tapi juga tidak ada yg tidak setuju, jadi misteri ini masih bertahan sampai sekarang. Kaum yg percaya bilang bahwa kapal Kapten James Cook HMS Endeavour, yg selama ini dikira sebagai kapal Eropa pertama yg mencapai Australia, sebenernya bukanlah kapal pertama sejenis yg berhasil mendarat di negara pulau terpencil tersebut. 

5. Tongkat Parlemen Victoria 


Photo credit: ABC

Tongkat parlementer adalah lambang dari kantor hak bicara dan hak konstitusional rakyat negara bagian Victoria. Di tanggal 9 Oktober 1891, tongkat itu hilang. 

Teknisi Parlemen Thomas Jeffrey terlihat berlari menjauh dari gedung parlemen sore itu sambil membawa sebuah paket yg cocok dengan gambaran artefak itu. Polisi juga menemukan peralatan di rumahnya yg cocok dengan tanda-tanda di bungkus pameran yg dibuka paksa selama perampokan. Meskipun begitu Thomas terhindar dari penjara karena kurangnya bukti.

Beberapa orang mengaku bahwa tongkat itu diambil oleh salah satu anggota parlemen di rumah pelacuran sebagai bahan becandaan. Komite yg dibentuk untuk mengusut kasut itu tidak menemukan bukti kuat tapi menyatakan tanpa ragu bahwa tonglat itu tidak pernah berada di rumah pelacuran itu . 

Walaupun tongkat itu tidak bernilai secara barang, imbalan penemuannya sendiri bernilai 605 juta rupiah, Jadi para pemburu harta karun yg mau membuat parlemen gembira sekaligus dapet duit gampang mungkin mulai berburu di sekitar sungai Maribyrnong di pedesaan Melbourne. 

4. Mahkota permata Raja John 


Mahkota permata dari Inggris dianggep sebagian orang sebagai permata bernilai tinggi yg paling asli dan mengesankan yg pernah ada. Digunakan pada waktu upacara pentasbihan, permata ini dijaga dengan keamanan ketat oleh pasukan yg dilatih khusus yg dikenal sebagai Yeoman of the Guard di Tower of London. Pasukan ini merupakan atraksi yg paling populer untuk pelancong di Tower of London di sebelah luar ruangan dimana permata itu sendiri di simpan. Seperangkat perhiasan itu terdiri dari sebuah mahkota, logo kekuasaan, dan beberapa ornamen lain senjata kerajaan. 

Permata mahkota ini sudah pernah dipindahkan, dicuri, dan dihancurkan dalam beberap aperistiwa. Satu kesialan pernah melibatkan Raja John, yg pada tahun 1216 mencoba menyeberangi Wash, sebuah teluk di Lincolnshire. Dia salah perhitungan soal datangnya pasang dan kehilangan barng-barang bawaannya, yg tersapu semua ke lautan. Semua barang bawaannya ? Termasuk permata mahkota. Dia mengalami mencret dan mati beberapa hari lagi. 

Daerah ini memang benar-benar berbahaya karena arus pasang yg datang dengan cepat dan perairan berlumpur pula, tetapi para pemburu harta karun masih memburu daerah Wash tiap tahun, berharap menemukan harta karun sekali dalam hidupnya. 

3. Tempat persembunyian Dutch Schultz’s 


Mafia New York Arthur “Dutch” Flegenheimer mencuri nama julukannya, bersamaan dengan hampir semua hal lain yg belum diembatnya, dan membangun kekaisaran bernilai 242 milyar rupiah setahun. Dikejar terus menerus oleh agen pajak, Dutch melakukan apa yg tak pernah terpikirkan oleh Capone. Dia emmbungkus hartanya ke dalam sebuah peti logam dan menguburnya di daerah Catskills. 

Dia bermaksud untuk menggali hartanya lagi ketika semuanya sudah reda, dan dia paham bahwa mafia yg dipenjara cenderung kehilangan kekaisaran mereka pas mereka di penjara, Dutch sangat merahasiakan lokasi penyimpanan harta karunnya tersebut. Akhirnya dia dinyatakan tidak bersalah dan segera ingin merubah citranya. Cuma dia diberondong segera setelah mengadakan sebuah pertemuan di warung lokal. 

Karena kurangnya barang bukti dan dana buat melacak letak harta karun itu di alam liar yg ganas, maka tidak banyak orang yg menaruh perhatian untuk harta terpendam legendaris ini selama beberapa tahun. Trilyunan harta haram masih menunggu diketemukan di daerah negara bagian New York atas. 

2. The Lost Dutchman 


Photo credit: Chris C. Jones

Cerita tentang the Lost Dutchman dan tambangnya dianggap hanya dongeng belaka tadinya, namun ada juga yg mempercayai berita itu sehingga rela beresiko kehilangan harta dan nyawanya dalam rangka mencari harta karun tak terkenal ini. 

Tambang emas yg banyak diperbincangkan ini diketemukan pada tahun 1840 -an di pegunungan bernama tidak sopan, gunung takhayul Arizona tengah. Sebuah keluarga dulunya bekerja di pertambangan itu dan mengirimkan batu hitam ke Mexico sampai beberapa kelompok suku Apache membantai mereka. 

Hanya satu atau dua yg selamat, dan mereka berhasil melarikan diri ke Mexico. Daerah dimana terjadinya pembantaian itu sampai sekarang dikenal sebagai lapangan pembantaian. Legenda itu terus tumbuh, dan banyak orang mengaku-aku mempunyai peta atau tahu di mana letak lokasi pertambangan itu, tapi tragedi menimpa mereka-mereka semua sebelum menemukan emasnya. 

pada tahun 1870-an, seorang imigran German bernama Jacob “The Dutchman” Waltz diceritakan telah menemukan tambang itu atas pertolongan seorang keturunan salah satu yg selamat. Dia juga dipercayai punya cadangan harta karun di sepanjang pegunungan takhayul tersebut. Temannya sendiri akhirnya terbunuh, apakah oleh suku Apache atau Waltz sendiri. 

Karena kesehatannya semakin menurun, the Dutchman diceritakan sempat menceritakan letak lokasi tambang itu ke Julia Thomas, seorang tetangga Phoenix yg merawatnya di tahun 1891. Dia tidak bisa mencari lokasi tambang itu dengan informasi yg sudah dikasih tadi, dan walaupun banyak orang yang ikut mencari, tak seorang pun yg bisa membenarkan keberadaan atau lokasi dari emas hilang tersebut semenjak itu. 

Kebanyakan pertambangan berada di dekat Weavers Needle, sebuah formasi besar dan terkenal di luar Phoenix. Beberapa kelompok secara teratur mengunjungi daerah itu, tapi pihak dinas taman nasional memperingatkan bahwa lerengnya sangat rapuh dan mudah longsor bagi yg belum berpengalaman. 

1. Peta bom atom 


Photo credit: National Archives

Seringkali hartakarun tak ternilai hilang hanya karena kehancuran peperangan. Mau sekarang atau nanti, barang-barang ini sendiri merupakan sebuah hasil dari pertempuran. 

Seperangkat peta yg sangat penting sekarang hilang dari lembaga arsip nasional AS. Terdiri dari dua lembar dokumen, tertanggal Juni 1945, ditulis oleh Korps Udara AD AS untuk merencanakan sebuah serangan pengeboman terkoordinasi atas Hiroshima and Nagasaki. Memperlihatkan photography udara dari wilayah dengan titik-titik penting ditebalin, artefak hilang ini adalah sebuah pengingat dari masa terkelam dalam sejarah dunia. 

Tak seorangpun tahu kapan barang2 ini hilang, dan dan gugus tugas yg ditugaskan untuk menyelidikinya belum bisa memberi jawaban. Belum diketahui bagaimana caranya pencuri itu mengambil atau membuang dokumen2 itu. Apa yg diketahui adalah rekaman suara dari arsip juga dicuri oleh seorang mantan pegawai yg punya rencana untuk menjualnya di eBay. 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?