Ass.Wr.Wb

Merbabu menjadi destinasi perjalanan kali ini. Rencana ini sudah dipikirkan dari 1 bulan sebelum keberangkatan. Dari awal kita sudah sering joggin keliling kampus bareng, karena mayoritas dari tim kita ada orang yang belum pernah naik gunung, hanya 4 (TS, kukuh, tio dan ammar) orang yang pernah naik gunung dan 7 orang lainnya akan melakukan pendakian perdana. Awalnya tim kami berjumlah 13 orang, tapi karena icha berhalangan hadir karena sidang seminarnya yang diundur, dan adam yang tidak bisa ikut karena sakit. Awalnya rencana ke merbabu ini hampir digantikan menjadi ke gede pangrango, dikarenakan banyak yang sidang seminarnya gak bisa di percepat, adanya UTS Korosi temperature tinggi yang diundur, dan lain sebagainya, tapi karena emang udah jalannya kita ke merbabu semua berjalan lancar, dan pendakian ke merbabu pun bisa dilaksanakan.

H-1 (29 Oktober 2014)

Sore nya karena TS belom ijin orang tua, akhirnya TS nge bbm bokap dulu, bilang mau naek gunung besok, tapi cuman di read doang, gak dibales, haha. Di Malam sebelum keberangkatan, TS dan ammar melakukan pengecekan tenda terlebih dahulu, dikarenakan tenda yang mau dipakek ini baru aja selese dibenerin, jadi kita harus nyoba ngediriinnya, supaya gak ada apa2 saat dipakek disana. Malemnya kita belanja logistik dan perlengkapan kelompok. Disini juga TS beli perlengkapan pribadi, karena biasanya TS pakek perlengkapan abang TS, tapi karena abang nya TS mau nanjak juga jadi TS harus beli SB, matras, dll nya. Malemnya percakapan di grup line pun sangat ramai karena pada excited semua, kita janjian kumpul di kampus jam 9 pagi

DAY 1 (30 Oktober 2014)

Hari yang ditunggu pun tiba, pagi2 ibu TS bilang hati2 jangan dipaksa kalo cuaca gak bagus, dan TS pun minta doa supaya perjalanan lancar. Kejadian kayak bulan agustus pas mau ke kerinci kemaren pun terjadi lagi, ayah TS bete karena baru ijinnya H-1 sebelum keberangkatan, dan bilang “gak ada kerjaan laen apa ya, naek gunung terus”, dan TS pun cuman bisa nyegir2 aja sambil ngasih konci mobil dan stnk TS ke bokap supaya gak kebawa ke gunung nanti. Akhir nya jam 10 pagi kita kumpul di lab cor, kita packing dulu semuanya, tapi kita panik karena hudan dan tio belum juga datang, akhirnya semua barang kelompok yang belom masuk kita taro di tas hudan semua, dan kita bakal packing ulang sesampainya kita di basecamp

Perjalanan pun mulai, setelah ijin dan ditanyain sama dosen2 sembari minta doa sama dosen, kita juga berpamitan sama temen2 di kampus, dan tak lupa sesi foto2 dulu sebentar. Pertama2 kita naek bikun dari Halte FE ke stasiun UI, dari stasiun UI kita naek com.line ke cikini dan disambung naek kopaja ke stasiun pasar senen. Akhirnya kita sampai di stasiun ps.senen jam set.3 siang, dan langsung cek in karena sebentar lagi berangkat. Tim kita dibagi menjadi 2 kloter keberangkatan, yang pertama jam 3 sore lalu yang kedua jam 4 sore.

rombongan pendaki lain:

Di kereta kita cuman ngobrol2, foto2, dan tidur, kereta penuh dan bagasi kita diambil penumpang lain, ya kita cuman bisa sabar, jadinya keril kita taro dibawah bangku, perjalanan memakan waktu 9 jam, dan akhirnya jam 12 malam kita sampai di st. Solo jebres. Kita istirahat dan ke kamar mandi sembari nungguin 3 temen kita yang berangkat jam 4 dari st.senen. Pas udah sampe gw langsung hubungin pak bari, dan pak bari ternyata udah sampe juga di solojebres. Jadi setelah kita lengkap langsung meluncur ke basecamp, tapi sebelumnya kita ke apotek dan ke atm dulu

Sampe di Basecamp sekitar jam 4 pagi, langsung subuhan dulu sebentar, ada yang beres, dan kalo gw langsung tidur, basecamp serasa rumah sendiri karena cuman ada rombongan kita doang saat itu, hehe

DAY 2 (31 Oktober 2014)

Bangun jam set.7 pagi, langsung lanjut sarapan karena kita udah pesen sama kang bari nya sarapan sama bungkus makanan buat makan siang di jalan nanti. Selesai makan kita packing ulang, nitip barang2 yang gak perlu dibawa dan langsung lanjut sesi foto sebelom berangkat.

Jam 9 kita udah mulai jalan, lebih cepet 1 jam dari ittin yg gw bikin.

sarapan:

doa dulu:

depan basecamp:

- Basecamp – Pos 1: Perjalanan dari basecamp ke pos 1 medan masih jalanan pasir, dan dihajar sama tanjakan terus, disini masih tersenyum muka2 excited dari temen2 semuanya. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit.

merapi:

baru jalan:

pos 1:

- Pos 1 – Pos 2: Jalanan masih mirip kayak BC-pos 1. Masih ditemani jalan berdebu dan pohon dikanan kiri jalan, nemu tiang dikirain itu udah pos 2, tapi ternyata itu baru sampe di tinkungan macan doang, istirahat sebentar sambil foto2, lanjut lagi. Setelah tikungan macan, medan semakin nanjak dan akhirnya kita sampai di pos 2 setelah 1.5 jam kita jalan.

tikungan macan:

dikit lagi pos 2:

pos 2:

- Pos2 – Pos 3: Disini kondisi badan semakin menurun, panas juga semakin terik, membuat langkah kaki kita semakin lambat. Debu semakin kenceng, untung semua anggota tim pakek masker semua, akhirnya setelah nanjak terus kita nemuin tanah lapang yg artinya itu udah di pos 3. Disitu kita istirahat lumayan lama, kita makan siang, sholat dzuhur dan naek ke bukit sebentar buat foto2 dengan latar belakangan gunung merapi. Pas kita istirahat semua langsung jiper ngeliaat jalur yang kita akan laluin buat ke sabana 1. Ngobrol2 sama pendaki yang laen baru turun, kita disaranin melipir ke kiri terus, karena disana jalanan masih lebih bagus dan banyak akar2 untuk pijakan dan pegangan.

- Pos 3 – Sabana 1: Setelah 1 jam kita istirahat kita lanjutin lagi perjalanan, disini kita terbagi menjadi 2 rombongan, kukuh, sri, tina dan niken melaju lebih dulu, dan sisanya tertinggal cukup jauh. Disini gw sendiri ngerasa jalur ini berat juga, dan ngerasa takut karena ngebawa 7 orang yang baru pertama kali naek gunung. Jalur ini tim kita julukin jalur 850 karena emang curam, disini hampir ada anggota tim kita yang kepleset ke bawah, alhamdulillah tapi gak kejadian karena masih bisa nyeimbangin badan.

Disini juga ada salah satu temen kita masrudin yang mengalami kejadian lucu, pas dia lagi merangkak2 naek sampe frustasi, dia lihat pendaki laennya yang berasal dari padang yang saat gw kenalan namannya deden kalo gaksalah, nanya ke masrudin “lagi ngapain mas? Darimana?” sambil terus melaju pesat meninggalkan rombongan kami. Dan disaat itu masrudin bingung sambil kesel dan takjub juga, disaat dingerangkak takut jatoh, ada orang laen yang santai kayak gitu, haha. Tim kita pun ngakak pas diceritain itu sama masrudin.setelah hampir 1.5jam kita ngedaki jalur “850” itu kita sampai di tanah lapang, dan mata langsung dimanjain sama sabana dan bunga edelweiss, dan kita disini istirahat dan foto2, haha.

Abis itu lanjut lagi nanjak bukit lagi, dan disini tim kita pun menyatakan bahwa gunung merbabu ini adalah gunung dengan bukit2nya yang memberikan harapan palsu. Akhirnya kita sampe di sabana 1 jam 4 sore.

- Sabana 1 (tempat nge camp): Setelah perjalanan yg cukup panjang akhirnya keril pun lepas juga dari punggung. Tapi disini TS sebagai ketua rombongan bingung, mau lanjut camp di sabana 2 atau sabana 1, tapi disaaranin sama pendaki lain camp di sabana 1 aja, tapi karena gw baca2 sabana 2 banyak pohon tinggi ada rencana mau advance dulu kesana, tapi baru mau naek ke bukit sabana 2, angin kenceng banget, dan gak jadilah kita advance dan akhirnya ngediiriin tenda di sabana 1.

- Aktivitas malam di Camp: Setelah kita dapet tempat yg mantap, dikelilingin oleh pohon2 kita diriin 2 tenda kita, 1 tenda lafuma summertime, 1 lagi tenda raksasa punya ammar yg di tendanya itu ada 3 kamar, dan di tengahnya ada tempat masak, jadi kita kalo masak gak perlu diluar kedinginan, hehe. Setelah tenda berdiri kokoh, kita foto2 lagi di sunset, subhanallah emang pemandangan merbabu ini. Kita masak2 sayur sop, spagheti, mie instan, dan nasi.

Malemnya ammar, masrudin, hudan dan tio badannya mulai gak enak, jadi mereka langsung istirahat. Setelah semua kenyang, kembali ke kamar dan tenda masing2. Pas di Tenda TS, ammar dan kukuh di tenda lafuma itu, sempet ngedenger suara jeritan dan suara maen gamelan dan dangdutan. Pada jiper semua, tapi malah lanjut cerita2 mistis, haha. Akhirnya lampu ditenda gak dimatiin, dengan pertimbangan milih banyangan kita dilihat dari luar, atau kita ngeliat bayangan yg aneh2 yg ada diluar tenda, haha. Akhirnya jam 9 an kita semua terlelap

DAY 3 ( 1 Nov 2014)

Jam 3 pagi gw bangun, dan ngebangunin ammar, kukuh dan khalid supaya ke tenda sebelah buat nyiapin ngisi perut untuk summit. Disini gw kaget tiba2 rame banget sabana 1 ini, awalnya di sabana 1 itu cuman ada 2 tenda kita doang, pas bangun udah ada belasan tenda aja, haha. Setelah nanya2 ternyata ada anak2 sma yg jumlahnya sekitar 60 orangan yg ngelakuin pendakian.

Masak mie instan, nyeduh yg anget2 bangunin tenda sebelah akhirnya semua persiapan selesai, dan jam set.4 pagi kita berkumpul dan berdoa dulu sebelum mulai pendakian

SUMMIT ATTACK:
 jam set.4 kita jalan, dan disini kita mulai takjub dan bersyukur sama Allah kalo masih bisa ngelihat bintang2 dan pemandagan kota yang indah dari atas gunung, pemandangan begini gak bisa kita dapetin pas kita di jakarta. Perjalanan dari sabana 1 – Sabana 2 cukup singkat cuman 40 menitan disini, medan juga lumayan lah buat pendaki2 nubi kayak kita. Di sabana 2 kita istirahat cukup lama, dan disini gw lumayan dapet foto bintang yg bagus walau tanpa pakai tripod, hehe. Disini gw masih bimbang karena cuman kelompok kita aja yg summit, sempet terfikir mau nunggu kelompok yg laen, tapi akhirnya kita milih untuk lanjutin jalan aja. Ditengah perjalanan kita ketemu sama rombongan trail gunung dari jogja, yg naek dari bawah jam 3 pagi, dan ngebalap kita, haha. Bener2 strong lah mereka itu. Ditengah perjalanan kita bisa ngelihat semeru, merapi, gunung dobel S dari kejauhan, dan kita dapet lihat sunrise. Setelah perjalanan yg cukup lama akhirnya kita sampe di puncak sekitar jam 6 pagi. Semuanya langsung sumringah, takjub sama pemandangannya.

Pas kita sampe puncak ternyata ada 2 orang bule yg nge camp di puncak, 1 dari belanda 1 dari peranci. Bener2 hebat ngecamp dipuncak, pasti dinggin banget gara2 anginnya emang kenceng banget. Setelah 1 jam lebih kita dipuncak akhirnya kita turun. Di perjalanan turun ke camp kita banyak berhenti buat foto2, karena emang pemandangan sepanjang jalur selo ini bener2 indah. Akhirnya kita sampe di camp sekitar jam 8an.

Kita langsung beres2 tenda, masak2 buat turun, dan semuanya beres jam 10an

PERJALANAN TURUN: Perjalanan turun ini kita mulai jam 10.20. Disini kita dibagi menjadi 2 kelompok, kukuh, ammar, sri, tina dan niken duluan, dan sisanya gw yg mimpin dibelakang, kita terpisah sebelom jalur “850” itu, kukuh dan rombongan ngambil jalan kiri, dan rombongan gw ngambil jalur kanan, disini kita mengira kalo rombongan depan udah jauh ninggalin kita, makanya kita jalan santai aja, perjalanan turun ke pos 3 memakan waktu sekitar 45 menit, dan kita istirahat dulu sebentar karena kecapekan merosot terus, haha.

Abis istirahat kita lanjut ke pos 2, nah setelah kita lewat pos 2 tiba2 dari belakang khalid bilang, stop dulu karena tiba2 rombongan kukuh dibelakang kita, ternyata mereka salah ambil jalur, jalur yg mereka laluin bener2 curam, bahkan yg cewek2 itu pun katanya sempet frustasi gak bisa naek atao gak bisa turun. Tapi alhamdulillah gak ada yg kenapa, bahkan disitu ammar nemuin batu nisan, dan semakin bikin merinding mereka untuk ngelwatin jalur mereka.

Lanjut lagi, kita pas2an sama banyak rombongan yg baru naek. Kata kang bari, hari itu bisa lebih dari 500 orang yg naek. Pas turun sampe basecamp kita kepisah jadi 4 kloter, yg pertama si kukuh lari bawa trashbag 2 biji, karena kalo jalannya lambat berat bawaannya jadi dia lari, kloter ke 2 itu gw, sri, tina, niken yg sampe jam set.2 siang di basecamp, kloter 3 itu hudan, khalid dan tio, ternyata tasnya tio basah karena susunya itu pecah di dalam kerilnya, dan diapun bingung bajunya basah semua. Lalu kloter terakhir jam set.3an baru sampe ada lulu, ammar dan masrudin. Alhamdulillah semuanya turun dan sampai di basecamp dengan selamat tanpa kurang apapun.

ANGGOTA TIM:

saya ucapkan terimakasih kepada:

- Allah SWT

- Keluarga

- Lulu, Ammar, hudan, sri, kukuh, niken, tio, khalid, tina, masru yang menjadi teman dari perjalanan kali ini

- Teman-teman Metalurgi ui 2011

Carter Mobil Basecamp – Jogja: 400rb

Tiket Bus Jogjakarta – Jakarta : 110rb

Kata Penutup:

Terimakasih atas semua komponen yang sudah mendukung kelancaran pendakian ini, dari bantuan materi, moril dan doanya. Terimakasih buat rekan2 penanjakan, semoga kita semakin sering nge trip bareng sebelum kita semua wisuda, semoga seminar, skripsi dan kegiatan akademis kita lancar semua (amin). Gw secara pribadi seneng banget bisa ngeliat wajah temen2 yg seneng selama pendakian kali ini, gak ada yg bisa ngegantiin momen2 bareng2 temen2 di masa kuliah begini, hehe

Terimakasih juga untuk kaskuser yg udah nyempetin baca catper ane kali ini, hehe