GuidePedia

0

Secara umum kita tahu bahwa trik dan tips dalam hidup sehari2 selalu ngetrend dan bikin hidup lebih mudah, dan rokok adalah salah satu yg bikin hidup jadi buruk. (Sorry, buat perokok.)

Akan tetapi di tahun 1900-1910, dua ide yg bertabrakan ini dikombinasikan guna mendapatkan kartu tips ini dengan pembelian rokok merk Gallaher. Tidak seperti rokok yg berbhaya bagi kehidupan, tips2 jadul ini masih berfungsi sampai sekarang. Ingat lagi jiwa pramuka dalam diri aboi dan coba lagi yuk!

1.) Bagaimana mengambil sebuah tlisipan

"Isi penuh sebuah botol bermulut lebar dengna air panas sampai hampir penuh, dan sentuhkan bagian tangan yg ketlisipan rapat2 ke mulut botol. Daya sedotan botol akan menarik daging ke bawah, dan uapnya akan menarik keluar tlisip yg bikin ngilu itu."

2.) Cara menebang pohon

"Sudah memutuskan bagian mana dari pohon yg mau aboi tebang ? potong ke arah bawah atau dalam seperti dalam gambar. Ketika sudah mencapai setengah, lanjutkan dengan memotong sisi lain sedikit ke atas, dan akhirnya tinggal narik pohon ke bawah dengan tali."

3.) Menyirami tanaman pas bepergian

"Isi sebuah ember besar dengan air, dan taruh sedikit di atas tanaman yg mau disiram dan kelompokkan tanaman saling berdekatan dan berbentuk lingkaran sedekat mungkin. Kemudian taruh dua atau tiga sumbu dari kapas atau wool bersama, tenggelemin secara seksama di air dan taruh ujungnya di dasar ember. Sisakan ujung lainnya di tanah tanaman: masing2 taneman perlu satu sumbu."

4.) Menyalakan korek api di tengah angin

"Gampang saja, bikin kayu di deket ujung korek seperti dalam gampang, api akan lebih kuat dan gak mudah mati."

5.) Bikin kursi seperti flying fox

"Ikat kuat2 sebuah tali kuat ke sebuah pohon dan biarkan seorang anak bergantungan sepanjang tali, dan ikat kuat2 tali di pohon yang lain. Bikinlah kursi, ikat kuat2 ke roda berjalan, ikat sebuah tali yang lain di tengah kursi sambil di pegang anak-anak yang lain di kedua sisi, sehingga kursi bisa meluncur dengan aman ."

6.) Bikin pemadam api

"Larutkan setengah kg garam dan 3/4 kg sal-ammoniac ke dalam dua liter air dan masukkan cairan ini kedalam botol gelas tipis masing2 seberat seliter. Jika ada kebakaran, lemparkan satu atau dua botol ke dalam api, dan kebakaran hebatpun akan segera padam."

7.) bikin penyaring air bersih

"Sebuah filter buatan tangan dan efektif bisa dibuat hanya dengan menggunakan ember kaleng alumunium biasa, lewat bagian bawah yg dilubangin dan dipasang sebuah pipa kecil. Air akan tersaring melalui lapisan2 pasir kwarsa, batu2 dan kerikil bersih, dan tinggalah kita memanen air bersih."

8.) Mengawetkan telur

"Telur yg akan diawetkan haruslah yang masih baru, letakkan telur2 itu ke dalam sekotak kaleng yg berisi garam -- kubur telur2 itu di tengah garam dan taruh di tempat yang sejuk dan kering — ini akan mengawetkan telur dalam jangka waktu yg sangat lama. Udara tidak akan bisa menembus ke dalam cangkang telur soalnya."

9.) Menghentikan anjing galak

"Sebuah topi dan tongkat pramuka, atau mungkin malah sebuah sapu tangan diperlukan seperti tampak di gambar di atas. Anjing galak ini akan terpecah perhatiannya dengan barang2 aboi itu sehingga ada kesempatan buat nendang anjing galak itu duluan sebelum dia bisa menggigit kita."

Semoga sih gak pernah di tengah posisi itu, tapi namanya jaga2 ya perlu kan ?

Bagikan tips abadi ini dengan teman2 aboi dengan tombol share to di bawah ini! 

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top