GuidePedia

1

Pertanyaan:
Salam kenal dokter….
Saya mau tanya kalau air kencing ada cacingnya itu apakah wajar ya? tapi tidak ada keluhan perut sakit atau keluhan lainnya. bahaya apa tidak ya? mohon di jelaskan ya dok.
Terima kasih dokter

Jawaban:

Kasus cacing keluar di air kencing memang kasus yang sangat jarang. Karena memang tidak ada cacing yang khusus menyerang saluran kencing atau tinggal di saluran kencing, sehingga cacing bisa terdeteksi di air kencing.

Ada cacing jenis tertentu misalnya Schisthosoma hematobium yang dominan tinggal di darah, akan tetapi bisa juga berada di urin dalam jumlah yang banyak. Cacing ini akan menyebabkan peradangan pada saluran kencing bagian bawah.Cacing jenis ini masuk ke tubuh melalui makanan, misalnya makanan yang kurang bersih atau tidak di masak matang berupa kerang-keranan dan siput.

Anda juga perlu melihat benar-benar apakah yang keluar cacing atau zat yang lain. Jika memang ada gejala ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Jika benar penyebabnya cacing, dokter bisa meresepkan obat anticacing misalnya Praziquantel dan lain-lainnya.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?