GuidePedia

0


PEKALONGAN - Limbah kulit durian yang biasanya tidak terpakai, di tangan terampil siswa-siwsi SMAN 1 Bojong, Kabupaten Pekalongan, ternyata dapat diolah menjadi manisan yang lezat.

Nairul Rizqi (18), siswi Kelas XII IPA 2, mengaku awal mula ide tersebut muncul ketika melihat banyak limbah durian yang tidak digunakan di daerahnya.

Diketahui, Kabupaten Pekalongan merupakan satu dari beberapa daerah di Indonesia penghasil buah durian.

Dirinya dibantu enam rekannya kemudian memutar otak untuk mengolah limbah tersebut menjadi barang yang bermanfaat. Hingga akhirnya muncullah ide manisan yang mereka gunakan.

Cara pembuatan Manisan Kulit Durian pun cukup mudah. Siswi warga Desa Duwet, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, tersebut menjelaskan awal mulanya siapkan limbah durian dan didihan air.

Ambil bagian kulit ari paling luar buah durian yang berwarna putih kemudian cuci menggunakan air bersih untuk selanjutnya direndam menggunakan air kapur.

Perendaman menggunakan air kapur yang memakan waktu sekitar 10-20 menit itu dimaksutkan agar lendir yang melekat pada bagian kulit ari tersebut hilang.

Sambil menunggu lendirnya hilang. Tugas selanjutnya adalah membuat karamel. Proses pembuatan karamel berasal dari gula pasir dicampur sedikit air mendidih, kemudian diaduk terus hingga karamel tersebut mengental.

Jika kedua bahan itu sudah siap, masukan kulit durian yang sudah tidak ada lendirnya itu ke dalam karamel yang telah siap. Aduk terus sampai kering hingga akhirnya manisan kulit durian lezat itu pun siap disajikan.

"Membuat karamel mudah paling 30 menit jadi, yang sulit ngupas kulit arinya karena kita harus ngambil sisi terluar yang hanya 0,5 centimeter, proses pencucian juga perlu berulang-ulang agar lendirnya hilang," tambahnya.

Rencananya buah karya tersebut akan diusulkan kepada Dinas Perundiustrian setempat agar bisa dijadikan makanan khas Kabupaten Pekalongan dan juga dapat sebagai oleh-oleh asli daerah.
 
Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !

Post a Comment Blogger

Beli yuk ?

 
Top