Waktu libur panjang bulan kemaren, 29 Maret - 31 Maret 2014 kita sepakat mau keliling pantai selatan. Dimulai dari Bandung - Pangalengan - Cisewu - Rancabuaya - Santolo - Pamayang - Citumang - Batukaras.

Setelah selama ini, aing baru sempet ngeshare ceritanya sekarang.

Monggo disimak.
Hari 1, Jumat 28 Maret 2014
Kita start beda-beda, yang dari Jakarta kumpul dikosan aing dulu buat naek travel ke Bandung, soalnya nanti dari Bandung naek mobil temen kita keliling pantainya.

Sisanya ada yang naek pesawat dari Surabaya ke Bandung, dan ada yang emang orang Bandung.
Ane dkk (bertiga) Jumat malem abis kerja langsung ke Bandung. Karena longwiken, jalan tol macet banget, dan nyampe rumah temen aing di daerah Rancaekek sekitar jam 3 pagi, dan travelnya pun ngaret lama, harusnya berangkat jam 8 malem malah jadi berangkat jam 9.30. Haduh haduh..

Hari 2, Sabtu 29 Maret 2014
Kira-kira jam 10 pagi temen aing udah ada yang dateng dari Bandung, akhirnya kita berlima tinggal nunggu yang empunya mobil nyamperin di Jatinangor, sekalian poto di rektorat (norak, saking kangen berat sama kampus.. Ayo aboi2 ada yang tau, kampus apakah yang sial jadi tempat kita kuliah.. Heheh)..

Akhirnya kita berenam sepakat jalan ke Pangalengan jam 11 siang. Karena ada rencana mampir ketempat temen yang mau nikah. Karena doi temen deket banget, akhirnya kita maksain buat mampir meskipun buta jalan dimanakah gerangan rumahnya berada.

Kita sih seneng banget dimobil becanda2 ketawa2. Tanpa tau tempat kayak apa yang bakal kita kunjungi ternyata ngabisin waktu banget dijalan. Desanya jauh banget gaaan pelosok. Udah gitu jalannya jelek mampus. Temen aing yang nyetir ples yang punya mobil ampun2an jejeritan kalo bodinya kejeduk2 batu segede2 bajaj.. (mobil temen aing livina) Pokonya yang mobilnya sedan2 ato yang ceper2 gausah jejagoan lewatin jalan butut kesitu.. Soalnya keluar dari desa biadab itu hari udah malem, sekitar magrib dan kita masih muterin ulang pangalengan. Sedih boi.. Harusnya jam segitu udah nginep di Santolo.

Saran aing adalah kalo liburan dan mau mampir2 dulu, pastiin udah tau tempatnya. Biar ga buang waktu sampe seharian kayak geng aing .

Kebon teh:

Magrib kita makan malem di daerah Ciparay boi, sebelahnya RM. Rencong. Kita sengaja ga lewat jalur Nagrek - Garut - Santolo soalnya udah ketauan longwiken gitu bakalan macet banget. Makannya kita mau ke pantai lewatin jalur Bandung - Pangalengan - Cisewu - Rancabuaya - Santolo - Pamayang - Batukaras , dan pulangnya baru lewat jalan biasa, yaitu lewat Ciamis - Tasik - Nagrek - Cipularang.

Karena bekel soal keadaan jalan itu ga menentu, ada yang bilang rusak, ada yang bilang bagus, makannya malem itu kita terobos aja lewatin jalan yang meliuk-liuk di Pangalengan dan kesono terus..

Hari 3, Minggu 30 Maret 2014
Setelah lama di perjalanan malam buta yang minim lampu penerangan, jalan ternyata lumayan lancar soalnya jalanan mulus. Sekitar jam 12 malem kita nyampe Rancabuaya. Sedih banget boi rasanya Cuma bisa dengerin deburan ombak tapi gabisa nyebur. Soalnya udah malem banget dan anak-anak juga pada cape. Itu ombak pokonya ngajak ribut banget, pengen nyebur banget rasanya. Ah..
Kita ngegembel di depan mesjid, biar bisa numpang ke wc nya sekalian.
Yang cewek2 tidur dimobil, dan yang cowok2 tidur di teras mesjid. Sekitar jam 4 subuh kita mulai jalan lagi. Kali ini ke Santolo, mau liat sunrise.

Sepanjang jalan ke Santolo, kita yang namanya maki2 pemerintah kab. Garut gaaan. Bayangin aja jalannya butut banget. Udah gada lagi yang namanya aspal. Itu kayak udah kegerus, bolong sana-sini, mana bolongnya gede banget. Batu-batu dimana2, pokonya kita keki berat. Apalagi pas jalannya tanjakan yang lumayan curam. Gatau berapa kali kita turun dari mobil. Soalnya takut ga bisa naek. Udah nanjak banget, jalannya parah abis jeleknya. Jam 4 subuh, gelap2an jalan kaki nanjak jalan yang busuk banget rasanya pengen maki2 aceng pik**. *looh

Sang sopir pun mencak2 liat jalan dan kayaknya kondisi mobilnya yang kejeduk2 terus-terusan udah memprihatinkan.
Tapi pas mentari pagi udah muncul, kita langsung kegirangan, soalnya pemandangannya bagus banget. Sebelah kiri gunung dan padang ilalang ijo kekuningan, dan sebelah kanan kita lautan lepas biru. Masya Allah deh boi bagusnya ga ketulungan.

Sebelah kanan itu laut loh boi:

eaaa abis jalan pas nanjak:

Tadinya kita emang ada rencana mau nyebur dulu di santolo boi, namun kalo dipikir2 nanti kita keburu kecapekan dan sampenya bakalan kemaleman kalo pengen body rafting di Citumang. Akhirnya niat itu urung dijalankan. Kita langsung tancap gas ke Ciamis!

Cuma, kalo yang penasaran gimana pemandangan di Santolo, nanti aing apdet deh potonya. Ane pernah kesana juga sama geng ini, di taun 2009 sama 2011. Ajip deh pantainya. Masi sepi

Selama perjalanan ke Ciamis, kita H2C takut-takut kalo jalanannya makin busuk. Tapi ternyata jalannya ga sebusuk di Garut. Udah lumayan. Kalopun jelek, ga merata di sepanjang jalan.

Sekitar jam 9 kita mampir makan buat bersih-bersih di pom bensin deket Pamayang, daerah Tasik kayaknya sih boi. Sambil makan gorengan buat ganjel perut. Abis bersih-bersih, kita lanjut jalan buat makan siang di Pantai Pamayang, katanya sih udah masuk Ciamis.

Pamayang:

Ini deh poto Narsis di Pantai Pamayang. eheheh. Kita ga nyebur, soalnya save energy buat body rafting. Heheh. Lagian ombaknya gede banget keliatannya. Dan emang jarang ada yang maen aer disitu.

Perjalanan melelahkan namun seru ini kita lanjutin lagi. Ane dkk udah ngomel2 gajelas menyesali kenapa hari pertama maksain ketempat temen yang ternyata di ndeso nan jauh dimato. Udah 2 hari tapi belum juga jebar jebur di pantai. Ah..

Akhirnya setelah beberapa abad kemudian, kita sampe di Citumang boi. Destinasi pertama jebar jebur maen air.
Buat jalan kesana kalo dari arah Santolo itu setelah Green Canyon dan sebelum Pangandaran. Karena musim libur, mendadak macet orang-orang yang pengen main ke Green Canyon. Gile. Untung aing dkk ke Citumang.

Sekitar jam 1 siang kita sampe sana. Jalanan lumayan jelek pas abis lewatin Green Canyon. Keadaan disana juga rame, Cuma ga separah di Green Canyon. Mungkin karena belum banyak yang tau soal Citumang.

Setelah briefing dan ganti baju, akhirnya kita nyebur boi!

Buat mulai body rafting ini kita kudu jalan sekitar seperapat jam buat naek ke hulu sungainya.
Pas sampe, kita seneng banget, soalnya airnya ijo ijo lumut bening gitu boi. Kita girang dan langsung maen air kek bocah yang udah seabad ga liat air.

Adem
Ga jauh abis kita susur sungai, kita diajakin liat stalaktit di dalem goa yang ga terlalu dalam, dan ada yang namanya air awet muda. Ahaha, mitos. Tapi kita seru-seruan aja ikutan cuci muka dari air yang netes disitu.

Abis itu kita ditawarin terjun dari tebing gitu boi. Seru deh. Naeknya aja manjatin akar-akar pohon yang menjalar di dinding tebing. 7 Meter tingginya. Jantung aing berasa mau copot pas terjun. Tapi pengalaman seru gitu ga bakal bisa aing lupain. Lebih deg-degan daripada naek halilintar. Heheh..

siap mau loncat:

loncaaat:

ngambang:

mau udahan:

Cape body rafting, kita makan sore disitu. Indomi telor pake cabe ples teh panas. Beuh. Nikmatnyaa .. Apalagi sama geng tercinta. *lebay* Udah gitu gratis, soalnya temen aing di tour and travel udah sering kasih jatah sama guide nya. Ehehehe..

Sore sekitar jam 5 kita cabut dari situ ke hotel di Batukaras.
Nyampe hotel sekitar magrib. Setelah mandi dan bersih-bersih, kita cabut makan malem deket pantai. Ane lupa nama rumah makannya apaan boi. Lumayan enaklah.. Tapi ga seenak seafood A** di Jakarta. *laaaahhh

Abis makan, kita balik hotel. Dan kita yang kecapean ga nemu kasur 2 hari langsung tidur sampe ileran..

Hari 4, Senin, 31 Maret 2014

Pagi-pagi banget kita udah bangun. Niatnya mau liat sunrise di balik bukit di Batukaras. Ane lupa namanya bukit apa, ntar aing tanya temen dulu deh, sekalian diapdet nanti
Dasarnya pada kebo, jam 6 baru pada cabut dari hotel.

Abis ngiterin bukit, ternyata lautnya mirip2 Sempu boi! Cuma ini pasirnya item. Kalo di Batukaras emang bukan pasir putih. Soalnya katanya disana gada kerang2 gitu. Padahal tetangganya di Santolo pasirnya putih cemerlang..

Sunrise disitu bagus banget boi. Ga nyesel deh abis muterin bukit sekitar seperapat jam. Disana soalnya kayak bener2 private beach. Noone else but us. Dan yaa.. Segelintir orang lah. Heheh.

narsesss:

asek:

Puas poto2, kita lanjutin naik bukit yang satunya lagi. Entah apa namanya. Pokonya kalo poto dari sini, rasanya kayak di Uluwatu Bali! Soalnya kita diatas karang, dan dibawah sana laut lepas. Endesssss..

Abis bernarsis ria, kita langsung ke Pantai Batukarasnya beneran. Niatnya mau watersport. Disana juga karena pake jasa kenalan, kita dikasih murah banget deh. Eeheheh.
Watersport disini kita maen Aquaglide, Banana Boat, sama Gladiator.

Sayangnya, ombak disini lagi kalem banget. Katanya emang kalo pagi-pagi ombak Batukaras ga berasa. Beneran. Soalnya aing ama anak-anak malah ngambang-ngambang ga jelas berenang gitu saking ga ada ombaknya. Ajaibnya lagi, air di pantai sini bening bangeeeetttt.. Kaki aing dan temen-temen jelas keliatan pas berenang pake pelampung. Meskipun pasirnya item, tapi airnya bening. Kita seneng banget.

gladiator:

aquaglide:

banana boat:

kita semua:

Abis seru-seruan dibanting ditengah laut, akhirnya aing dkk balik ke hotel, sekalian checkout.

Jam 9 an kita sampe hotel. Ga langsung mandi. Kita malah nongkrong2 minum kelapa muda yang langsung dipetik di pohonnya Gan! Ples dikasi sari manis bunga kelapa. Beuh, seger.. Mana sambil liat pantai, sepi, angin sepoi-sepoi.. MasyaAllah kuasa Tuhan. Kita merem melek dibuai angin pantai. Alhamdulillah.

Diwarung situ juga sekalian kita isi tenaga. Makan soto.
Puas makan, minum kelapa, puasin poto, dan segerin mata, kita balik ke hotel yang Cuma nyebrang warung doang. Langsung bersih-bersih, repack, dan akhirnya siap balik. Checkout hotel jam 11 kurang, dan meluncurlah pulang.
seger bener:

batukaras:

Siangnya, sekitar jam makan siang, atau lebih, kita mampir makan di Warung Jeruk di daerah Banjar. Gilee, ni warung biarpun kecil, tapi naujubile rame banget. Ampe ga kebagian pepes dan es the! Ckck..

Perjalanan pun dilanjutkan boi. Niatnya kita mau diturunin di term. Leuwipanjang Bandung, dan naek bus ke Jakarta. Cuma kan bus ke Jakarta setau kita Cuma ampe magrib. Akhirnya kita sepakat kalo yang pulang ke Jakarta diturunin di terminal Tasik aja. (aing lupa namanya, pokonya terminalnya gede, dan sepi)..

Babay babay deh kita sama anak geng kita di terminal. Dan kita pun naik bus Primajasa jurusan Tasik - Lebak Bulus. Dan naas. Ternyata macetnya luar biasa aboi2 yang baik budi. Pokonya naik Bus jam 4 sore, nyampe tol Bekasi Barat jam 3 pagi! Luar biasaaa.. Ane jadi nginep dirumah temen aing di Bekasi, dan siangnya kudu masuk kantor. Itu juga setengah hari.
Tapi kebayar banget capeknya liburan dengan pengalaman kita.

So aboi-aboi, demikian catper, cerita, dan curhatan aing dkk. Maap kalo kebanyakan poto narsisnya. Jangan eneg jangan mual. Ehehe. Mohon maap kalo misalkan salah format dan banyak ga nyambungnya. Namanya juga usaha

Kalo ada yang mau maki2 ato muji2 boleh, yang ngasih ijo2 juga boleh banget

Salam damai boi, sampe ketemu di curhatan aing selanjutnya .

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !Lihat yg lebih 'seru' di sini !