GuidePedia



Tiru Nabi Nuh, Kiai di Madura Bikin Perahu

Tiru Nabi Nuh, Kiai di Madura Bikin Perahu

Sumenep - KH Abdurrahman membuat heboh warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sudah lebih dari dua bulan, namanya diperbincangkan warga karena ulah anehnya yang meniru Nabi Nuh. Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Al-Bajigur di Desa Tenonan, Kecamatan Manding ini membuat perahu di atas Bukit Lanjuk.

Menurut kiai yang akrab disapa Kiai Bajigur ini, ide membuat perahu muncul saat dirinya berangkat umroh pada 2013. Saat melakukan ibadah thawaf, Kiai Bajigur merasa lautan begitu dekat. Dia kemudian terbayang punya perahu, lengkap dengan alat tangkap ikan dan boks untuk menyimpan ikan. "Saya wujudkan angan itu sepulang umroh," katanya, Sabtu, 22 Maret 2014.

Perahu Nuh ala Kiai Bajigur itu dibuat sejak Bulan Muharram atau November 2013. Karena tak punya lahan, Kiai Bajigur memutuskan membuat perahunya diatas bukit Lanjuk, tak jauh dari pesantrennya. Perahu itu dikerjakan oleh tujuh orang ahli pembuat perahu. "Lima bulan perahu selesai, anggarannya sekitar Rp 400 juta," ujarnya.

Karena ide pembuatan perahu spontan, Kiai Bajigur mengaku tidak tahu perahu itu akan dipakai untuk apa. Yang penting, kata dia, lewat perahunya itu bisa membuat orang mengingat lagi tentang kisah Nabi Nuh. "Yang penting diturunkan dulu dari bukit dan nyemplung laut," ujarnya sambil tertawa.

Perahu Kiai Bajigur itu telah dibawa kelaut pantai Slopeng pada Jumat, 21 Maret 2014. Ratusan orang terutama warga Desa Tenonan bergotong royong memindahkan perahu tersebut dengan cara tradisional yaitu perahu digerakkan memakai alas kayu gelondongan.

Selain karena perahunya, Kiai Bajigur juga dikenal warga karena mayoritas santri di Pesantrennya adalah orang gangguan jiwa.

Jadi teringat Film... Evan Almighty ...

Cuma Sayang... Perahu Pak Kiai Kecil...


Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae


Beli yuk ?

 
Top