GuidePedia

Banyak mobil yang menderita pasca terendam banjir di Jakarta. Dan yang paling parah adalah mobil-mobil yang dievakuasi dari basement Plaza UOB. Banyak mobil mewah yang harus berkubang dalam lumpur selama beberapa hari.

Bagi yang memiliki asuransi All Risk plus paket perlindungan dari bencana alam tentu tidak perlu repot berpikir. Tapi bagi yang tidak tentu harus mengetahui bengkel yang tepat dan sanggup menangani kerusakan yang disebabkan banjir.

Pengetahuan proses dan tahap perbaikan pada mobil pasca banjir ini juga sangat penting bagi orang yang hendak membeli mobil. Sebab siapa tahu mobil bekas yang hendak Anda beli merupakan bekas banjir di Jakarta ini.

Ada beberapa tahap dan bagian penting dalam memperbaiki dan membersihkan mobil pasca banjir hingga terendam lumpur. Berikut 15 bagian mobil yang perlu diperhatikan saat dan usai perbaikan serta pembersihan pasca banjir

EKSTERIOR ATAU BODY:

Pertama adalah bagian eksterior atau body. Jika hanya terendam banjir maupun lumpur bagian ini akan mudah untuk dibersihkan. Tapi apabila mobil sudah terendam banjir dan terbawa arus tentu akan ada beberapa kerusakan.

Body penyok, kaca jendela pecah bahkan hingga sistem kaki-kaki mobil rusak. Jika hal ini terjadi perbaikan akan memerlukan waktu sekitar 1 minggu atau lebih, tergantung dari kerusakan.

LAMPU:

Selanjutnya yang harus dicek dan dibersihkan adalah lampu-lampu utama mobil. Setelah terendam banjir biasanya headlamp, lampu rem akan ikut terisi air bahkan lumpur. Setelah itu juga periksa sistem kelistrikan lampu.

SISTEM REM:

Sistem rem juga harus dicek, apalagi pada mobil yang masih menggunakan sistem rem tromol. Karena dapat dipastikan endapan lumpur dan kotoran akan semakin banyak.

SUSPENSI:

Suspensi mobil biasa sudah memiliki karet penutup atau pelindung debu. Tapi saat terendam banjir apalagi berlumpur tentu bagian ini akan menjadi kotor dan akan membuat kinerja suspensi tidak maksimal.

RUANG MESIN / KAP:

Bagian yang sedikit agak susah untuk melakukan proses pembersihan pasca banjir adalah ruang mesin. Ada banyak celah di antara ruang mesin ini, dan tidak semuanya yang bisa dengan mudah disemprot dengan air. Bahkan di bengkel akan melakukan beberapa pembongkaran.

FILTER:

Pasca terendam banjir bahkan lumpur filter udara harus diganti baru jangan hanya sekedar dibersihkan saja. Mungkin ada beberapa bengkel atau pemilik mobil ingin cara murah, filter udara hanya sekedar dibersihkan dan dikeringkan saja.

FILTER INTAKE:

Jika filter udara basah tentu yang selanjutnya harus dibongkar adalah intake (saluran masuk). Cukup bongkar, cuci dan keringkan saja. Tapi termasuk port mengarah ke ruang bakar serta klepnya.

EXHAUST:

Saluran pembuangan atau sistem knalpot juga harus dibongkar total. Proses pembersihan juga terbilang agak sulit apalagi lumpur masuk ke dalam katalisator knalpot. Proses kerja hingga pengeringan bisa memakan paling tidak 1 harian

RADIATOR:

Proses pembersihan selanjutnya adalah pada radiator beserta kipas pendingin. Untuk kipas pendingin sebaiknya dilepas dan dibersihkan terpisah. Sedang untuk radiatornya bisa disemprot dengan air hingga bersih.

SEKRING DAN ECU:

Bagian penting yang harus segera dibersihkan dan di cek adalah kotak sikring serta ECU mobil. Rata-rata kotak ini juga berada di ruang mesin tapi ada beberapa mobil yang menempatkan di dalam dashboard.

Jika masih bisa dibersihkan dan dipergunakan tentu Anda beruntung. Jika ECU rusak makan biaya ECU baru bisa mencapai puluhan juta tergantung tipe dan jenis mobilnya.

DINAMO:

Bagian yang juga harus segera mendapat perhatian penting adalah altenator serta dinamo mobil. Proses pembersihan bagian ini juga cukup sulit dan tak jarang bengkel akan menyarankan untuk mengganti jika dirasa terlalu parah dan sulit untuk dibersihkan.

INTERIOR:

Jika bagian jantung pacu sudah aman dan bersih, selanjutnya bagian paling sulit untuk dibersihkan. Interior mobil yang terendam banjir bahkan lumpur akan memerlukan waktu lama untuk membersihkan dan memperbaikinya.

Yang pertama dibersihkan dan dibongkar adalah panel-panel pada pintu serta membersihkan karet-karet pelindung. Amankan panel dan komponen listrik seperti motor power window dan bersihkan tersendiri, mengingat bagian ini memang bermusuhan dengan air.

INTERIOR:

Kemudian bagasi dan setiap laci penyimpanan dalam mobil juga harus dibongkar dan dibersihkan. Bagian ini yang salah satu paling mudah untuk membersihkan. Tapi harus diperhatikan surat-surat penting kendaraan yang biasa orang simpan dalam laci mobil.

JOK:

 
Baik jog dari bahan kulit maupun kain harus tetap dibongkar total. Sebab spon pada jog tentu akan menyerap air dan bisa menimbulkan jamur dan bau jika dibiarkan. Sebelum membongkar juga perhatikan sistem kelistrikan jok dengan sistem elektrik.

Proses paling susah pada interior adalah pembersihan komponen dan panel yang berada di dashboard. Bengkel harus secara keseluruhan membongkar bagian ini. Audio dan sistem saluran AC juga harus dibersihkan. Mobil yang terendam banjir plus lumpur bisa jadi audio susah untuk dibersihkan.

Sistem AC harus dibersihkan jika perlu filter AC diganti. Proses tersulit dan perlu hati-hati adalah saat membongkar bagian yang memiliki sistem airbag. Proses ini sebaiknya diserahkan pada teknisi khusus agar sistem keselamatan mobil bisa kembali normal.

Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae



Beli yuk ?

 
Top