GuidePedia


Toilet Jadi

Bill Gates kini punya "mainan" baru, toilet. Dia disebut-sebut menggelontorkan ribuan dolar uangnya melalui organisasi amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation, untuk mencari toilet masa depan yang dapat meningkatkan sanitasi di seluruh dunia.

Demi proyek ini, serangkaian kegiatan digelar, antara lain ajang pameran The Reinvent the Toilet Fair, di sebuah perguruan tinggi di Seattle minggu ini. Di antara hasil penelitian terbaru yang didanainya adalah kakus menggunakan energi gelombang mikro yang digunakan untuk mengubah kotoran menjadi listrik.

Toilet lain mampu mengubah seketika kotoran menjadi arang, sementara sepertiga urin digunakan untuk pembilasan. Total ada 28 desain yang dipertontonkan pada pameran tersebut dan pemenangnya adalah tim dari Institut Teknologi California.

Dipimpin oleh Prof Michael Hoffman, toilet mereka dirancang bertenaga surya dan hidrogen yang dihasilkan diubah menjadi gas dan listrik. Mereka memenangkan hadiah US$ 100.000.

"Kami tidak bisa lebih bahagia dengan respon yang kami dapatkan," kata Bill Gates pada acara tersebut.

Proyek ini menantang penemu untuk datang dengan sebuah toilet yang dioperasikan tanpa air, listrik, atau sistem septik. Toilet gaya baru ini 'wajib' beroperasi dengan biaya tidak lebih dari lima sen sehari dan idealnya akan menghasilkan energi atau sumber daya lainnya.

Walter Gibson,  ilmuwan di London School of Hygiene dan Tropical Medicine, memamerkan toilet yang menggunakan sejumlah larva lalat hitam untuk mengolah sampah dan membuat kotoran menjadi ramah lingkungan dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Toilet itu kini sedang diuji di lapangan di Afrika Selatan.

Toilet tradisional dianggap sebuah pemborosan. Alih-alih hemat enegri, berton-ton air digelontorkan dan sering tidak praktis di banyak daerah di negara berkembang.

PBB memperkirakan bahwa penyakit yang disebabkan oleh sanitasi yang tidak aman bertanggung jawab atas setengah dari rawat inap di negara berkembang. Sekitar 1,5 juta anak meninggal setiap tahun akibat penyakit diare.

Gates Foundation telah berkomitmen menggelontorkan dana US$ 370 miliar untuk inisiatif toilet
masa depan dan berharap untuk menguji lapangan prototipe toilet terbaik dalam waktu tiga tahun.



Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
 Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top