GuidePedia



Aboi /Amboi Pendaki Gunung? Atau Suka Naik gunung?? Atau Pengen dan Akan melakukan Pendakian gunung?

Pernah Dong mendengar 3 prinsip ini??

1. Dont take anything but PICTURE (Jangan Ambil Apapun Kecuali Gambar)
2. Dont kill anything but TIME (Jangan Membunuh Apapun kecuali WAKTU)
3. Dont leave anything but footprint (Jangan tinggalkan apapun kecuali JEJAK KAKI)

Kalo yang belum pernah tau, sekarang jadi tau dong pastinya, dan kalo bisa dihapal boi, biar ga gampang lupa , haha

Nah, Sekarang udah tau kan ada prinsip itu, Nah ane mau ngebahas nih beberapa perilaku negatif selama pendakian yang akhir2 lagi ngetrend. Efek samping dari Felm 5 Cm kali ya. Jadi sekarang buanyak banget nih yang mulai seneng naik gunung.

Ini nih beberapa kesalahan yang biasanya terjadi sewaktu pendakian. Dan bebrapa kali ane menyaksikan kesalahan ini secara langsung dan menurut ane kesalahan ini benar2 parah deh.


1. Sampah

Pernah denger ini gak boi?? Buanglah Sampah pada tempatnya
Nah hal ini nih kesalahan yang paling sering dilakukan saat pendakian gunung, sampah ditinggalkan begitu saja dan tanpa tindak lanjut. Baik sampah plastik, kaleng gas, dll

Tau juga kan kalo sampah itu ga semuanya bisa diurai ama alam?? Tau dong pastinya, terutama sampah plastik.

Nah, Alangkah baiknya sampah yang aboi hasilkan selama pendakian ataupun sewaktu nge-camp dibawa kembali kebawah dengan menggunakan trashbag atau apalah dan nantinya dibuang ke tempah semestinya di desa atau kota terdekat.

Nah, kalo ketemu sampah diatas gunungnya gmana boi?? Masa ane ambil? Kan bukan sampah ane?

Nah, kalau aboi peduli, diambil boi, dibungkus dan dibuang sekalian ama sampah2 pribadi atau kelompok aboi . Jangan pernah kita bersifat pasif dan menganggap sampah2 tersebut adalah urusan pengelola taman nasional ataupun LSM lingkungan hidup.
Kalo aboi beranggapan seperti itu, aboi BODOH boi.

Oke, Mari mulai sekarang kita tanamkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.







2. Vandalisme
Vandalisme yang biasa kita sebut dengan corat-coret ga jelas ini banyak terjadi juga saat pendakian dan dilakukan oleh tangan-tangan jahil gak kreatif. Buat apa coba nyorat-nyoret baru di gunung?? Bukannya menambah keindahan, malah merusak keindahan dari alam tersebut.

Pernah TS beberapa kali menemukan hal seperti ini di beberapa gunung yang berbeda. Sampe ada yang nulis2 cinta2an gitu,








3. Memetik bunga eidellweis

Dont take anything but picture, Ingat kalimat tersebut. Jangan pernah mengambil hal2 yang kalian pikir unik yang ada diatas gunung. Hal ini sangat tidak recommended, selain bisa merusak, hal ini juga bisa menjadi suatu kebiasaan yang sangat buruk.

Misal : Ente naik gunung pertama kali, kemudian ente metik tuh eidelweis. Kemudian ada orang yang liat sewaktu ente metik, otomatis jika oran itu tidak mengerti juga maka dia akan ikut memetik. Sehingga lama kelamaan semakin banyak yang ikutan metik dan bunga eidelweis di gunung itu pun habis. Jelek kan efeknya??

Jadi jangan pernah mengambil apapun di gunung selain gambar





4. Buang Air Besar dengan cara yang salah

Cara buang air besar yang ane maksud disini bukan pengertian dari buang air besar secara umum.

Maksud ane caranya adalah, cara yang baik sehingga buang air aboi dan hasil buang air aboi tidak mengganggu pendaki lain.
Kealahan yang biasa terjadi :

- Buang air besar dekat sumber air
Ini ane pernah ngalamin kejadian ini sewaktu di alun alun suryakencana gede pangrango, ada yang buang air dekat dengan sumber air. Bayangin gan kalo kotoran aboi masuk ke sumber air dan airnya terkontaminasi dengan bakteri e-coli yang ada di kotoran aboi . Siapa yang Rugi??

- Buang air besar tanpa dikubur
Hal ini juga sering terjadi, banyak pendaki yang membuang air sembarangan dan tidak mengubur kotorannya. Nah, kalo ada yang nginjek gmana?? Trus baunya kan mengganggu tuh. Haha
Jadi buat agan2 yang sebelumnya buang air besar dan tidak menggali lobang, mulai besok gali lobang dulu dan kotorannya dibuang ke lubang tersebut boi. Kalo udah kelar jangan lupa dikubur. Nah begitu tuh caara yang tepat kalo aboi mau BAB di alam. Tidak mengganggu siapapun kan??




Dapatkan Wisbenbae versi Android,GRATIS di SINI !
Lihat yg lebih 'seru' di sini !
Follow @wisbenbae

Beli yuk ?

 
Top