GuidePedia




Koin dinar dari Dinasti Umayyah. Dailymail.co.uk
Sebuah koin dinar dari Dinasti Umayyah, kerajaan Arab pertama, akan dilelang di London, pada Mei 2013. Uang logam yang dibuat tahun 690 ini dicetak di Damaskus, Suriah. Terbuat dari emas, koin ini memiliki berat empat gram.  

"Koin ini diharapkan dapat dilepas dengan harga 500 ribu poundsterling," tulis Mail Online, Senin, 15 April 2013. Angka 500 ribu pondsterling setara dengan Rp 7,4 miliar. 

Logam mulia itu memiliki ukiran dalam huruf arab gundul. Yakni dua kalimat syahadat pada bagian tengah koin. "Tidak ada tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah."

Kata Andre Di Clement, kepala koin Islam di Pusat Lelang Baldwin, London, koin ini begitu penting dalam sejarah penyebaran Islam dari India ke Spanyol. Sebab dalam penyebarannya, Umayyah memusnahkan seluruh koin. Kemudian menggantikannya dengan koin buatan khusus Umayyah.

"Koin ini digunakan dalam pembiayaan pembangunan Kerajaan Umayyah," kata Clement. "Dan tiap tahun, mereka membuat koin baru."

Logam emas bersejarah ini milik seorang kolektor Eropa. Di usia ke-80 tahun, ia telah mengumpulkan koin serupa selama 35 tahun. Dan selama itu, sang kolektor kerap mendatangi lelang di Swiss, Prancis, serta Amerika Serikat, guna melengkapi koleksinya.

"Si kolektor memiliki anak dan cucu yang tak tertarik dengan koin bersejarah," ujar Celemnt. "Tidak ingin koin berharga itu menjadi sia-sia, dia pun melelangnya." 
 
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

Beli yuk ?

 
Top