GuidePedia

Iseng-iseng searching di mbah Gogel buat nyari bahan buat posting travel tiba-tiba aing nemui tulisan pada sebuah web yang menarik banget untuk dibaca. Judul trit pada situs tersebut adalah Koleksi Makanan Indonesia di Aruba (Karibia) dari situs duaransel.com. Gak nyangka makanan khas Indonesia nyampe ke negara kecil di laut Karibia yang berjarak ribuan mil dari Indonesia. Bahkan orang Indonesia pun lebih banyak yang gak pernah dengar sebuah negara kecil yang bernama Aruba. Tapi rasanya aneh kok bisa makanan bercita rasa Indonesia dijual di sana, pasti ada sebab musababnya.

Ternyata Aruba adalah salah satu negara konstituen dari Kerajaan Belanda. Menurut cerita yang buat tulisan tersebut, dia takjub ketika browsing di supermarket setempat, ternyata koleksi bahan makanan Indonesianya lumayan! Lebih aneh lagi nama bahan makanan ini ditulis dengan ejaan lama. Bukan artinya ini produk lama yang kini bisa-bisa telah kadaluwarsa, namun emang wong Londo masih menggunakan ejaan Indonesia yang kuno untuk menuliskan kata-kata Indonesia. Pantasan waktu pertama kali Belanda datang ke Indonesia ngebet banget nguasain rempah-rempah Indonesia buat dibawa ke negerinya.

Merk bahan makanan yang dia lihat di Supermarket Aruba kebetulan semuanya Conimex. Jangan-jangan mereka jajah Indonesia ampe 3,5 abad betahnya karena masakan Indonesia lezat. Nama-nama makanan Indonesia yang dijual seperti "Ajam Kerrie Madras, alias ayam pedas ala Indo dengan saus kare, Serve Ajam Kerrie Madras with fried white rice, kroepoek, salad and atjar tjampoer, sambal and ketjap.”

Awalnya aing pikir perusahaan Conimex ada di Indonesia (maklum ingat perusahaan Konimex yang ngeluarin produk obat puyeng merk Paramex). Tapi pas liat gambarnya di situs tersebut rasa-rasanya aing gak pernah liat dijual di Indonesia bahkan di Supermarket sekalipun. Trus coba minta bantuan om Wikipedia buat nyari jawaban tentang misteri perusahaan Conimex. Klik ... klik akhirnya nemu juga.





screenshot dari Wikipedia.org


Gedung pink di Oranjestad, ibukota Aruba

So, ada makanan Indonesia apa saja di Aruba? Cek foto-foto berikut:


Serehpoeder, Ve-Tsin, Ketoembar, Djahe, Djintan, Koenjit

Bumbu dasar:
Serehpoeder
Ve-Tsin
Ketoembar
Djahe
Djintan
Koenjit




Atjar Tauge

Acar:
Atjar Tauge
Atjar Tjampoer



Sambal Oelek

Sambal:
Sambal Oelek


Ketjap Manis and Ketjap Marinade. Mana ketjap asinnya? Cari di lorong bahan makanan biasa saja, soy souce

Kecap:
Ketjap Manis
Ketjap Marinade


Ajam Kerrie Madras, Foo Yong Hai, Pinda Satesaus
Bumbu instan:
Pinda Satesaus
Kerrie Saus
Bahmi Speciaal
Foo Yong Hai
Ajam Kerrie Madras (ayan pedas saus kare)
Mihoen Speciaal
Babi Panggang
Babi Ketjap



Mihoen Speciaal, Bahmi Speciaal, Babi Pangang, Babi Ketjap

So, apakah kalian tahu makanan Aruba itu seperti apa? Yang di Aruba tahu lho, makanan ala Indonesia, hehehe

sumber

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !
Follow @wisbenbae

Beli yuk ?

 
Top